Subscribe:

Ads 468x60px

Kamis, 17 April 2014

Artikel Olahraga Tinju

Artikel Olahraga Tinju
A. SEJARAH TINJU
Pada tahun ±1619 SM dipulau Kreta yaitu suatu pulau yang terletak dilaut tengah rakyatnya telah melakukan olahraga tinju, dan pada tahun ± 1600 di Tiongkok juga ada tinju. Pertandingan tinju yang pertama tercatat dalam sejarah adalah antara lain melawan Abel. Kitab mahabrata juga mencatat pertandingan-pertandingan tinju, hal mana mendahului pencatatan cerita-cerita perkelahian di antara bangsa Yunani, Romawi, dan Mesir.  Meskipun boxing terkenal berabad-abad lamanya sebagai suatu bentuk hiburan, namun kita baru mengenal tinju pada abad ke 18 di Inggris, dikembangkan oleh seorang Inggris bernama Jamea Free, dan pada tahun 1730 ia menjadi juara pertama di negeri Inggris.
Kemudian muncul lagi seorang bangsa Inggris bernama Branchton sebagai petinju yang mempergunakan sarung tangan. Dan pada tahun 1743 ia membuat peraturan tentang bertinju. Sedangkan petinju yang pertama terkenal adalah seseorang berkembangsaan Yunani bernama Theagenes dari Thaos yang menjadi juara pada Olympic Games tahun 450.Ia melakukan pertandingan sebanyak 1406 kali dengan menggunakan cestus yaitu sarung tinju yang terbuat dari besi. Sebagian besar penantang yang bertinju dengan Theagenes mengalami nasib malang tewas di ujung kepalan Theagenes.
Pertandingan tinju Yunani Kuno adalah sejenis olah raga kuno dari setidaknya abad ke-8 SM (berdasarkan puisi Iliad karya Homer) yang dilaksanakan dalam berbagai konteks sosial di Yunani. Sebagian besar bahan sumber mengenai tinju Yunani Kuno yang diketahui ada berada dalam kondisi tidak lengkap atau sekadar legenda sehingga sulit untuk mengetahui peraturan pertandingan, adat dan sejarah olah raga ini dengan rinci. Meskipun begitu, jelas bahwa pertarungan tinju menggunakan sarung tangan tinju merupakan bagian penting dari kebudayaan atletik Yunani Kuno sepanjang zaman klasik awal. Hingga sekitar 500 SM himantes digunakan sebagai pelindung buku jari dan tangan. Himantes merupakan tali kulit yang terbuat dari kulit lembu dengan panjang sekitar 3 hingga 3,7 meter yang membungkus mengelilingi tangan dan buku jari beberapa kali.
Di Indonesia tinju masuk dan dipopulerkan oleh Negara Hindia Belanda atau KNIL (Koninklijk Nederlands Inside Large). Ring tinju yang pertama didirikan di Indonesia pada jaman kolonial itu masih ada hingga kini, yaitu ring tinju di Jasdam V Java serta Jasam VII Diponegoro (Semarang).

B.     TEKNIK DASAR
a.      DASAR
Dasar-dasar kerja atau proyek harus tangkas dan kokoh. Yang sama berlaku dengan tinju untuk pemula. Latihan beban biasa, dips, push up, pull up, jongkok, betis kebutuhan mutlak sebagai nada otot-otot Anda adalah aspek penting dari semua olahraga. Pada saat yang sama Anda juga harus memiliki stamina luar biasa sebagai menerima pukulan lawan, secara drastis mengurangi tagihan energi Anda. Oleh karena itu, mental mempersiapkan diri untuk beberapa latihan yang brutal. Saya akan menyarankan bahwa Anda membagikan setidaknya satu jam dari hari Anda untuk latihan fisik ini. Anda dapat mengambil berenang, berjalan dan bersepeda dalam urutan berturut-turut periode waktu tertentu untuk sejumlah dipilih hari. Kebugaran fisik dapat dilakukan di gimnasium, tapi aku akan benar-benar merekomendasikan program kebugaran terbuka, sebagai udara segar, memberi Anda tubuh cukup oksigen dan meningkatkan respirasi Anda. Anda dapat mundur ke gym untuk latihan beban lebih lanjut.Tips dasar tinju, harus juga disertai dengan diet khusus dan terkendali, yang memiliki menghitung kalori tertentu dan seimbang dan penyediaan semua nutrisi yang mungkin olahraga.Anda juga harus tahu bagaimana mengontrol Anda marah, dan oleh karena itu, dianjurkan untuk mengambil Yoga dan meditasi.
b.      MENINJU
Menahan diri dari melangkah ke dalam ring pertempuran untuk sementara waktu dan sebaliknya, praktek di karung tinju. Menganalisis pukulan Anda dan membuat diri Anda nyaman dengan gerakan meninju. Anda juga akan melihat bahwa pukulan Anda memperbaiki mereka sendiri, sebagai waktu berlalu. Bahkan setelah Anda melangkah ke dalam ring, ini harus Anda latihan setiap hari selama setidaknya 15 menit.Berikut serangkaian tinju dasar teknik ini adalah untuk membuat pukulan brutal, sehingga satu pukulan menyebabkan rasa sakit.Untuk mulai ini waktu Anda pukulan dengan urutan pernapasan seperti memberikan 3 atau 4 pukulan dalam rentang waktu bernapas tunggal. Dengan cara ini Anda akan juga mengembangkan beberapa irama punching yang baik pada Anda sendiri seperti pada 1,1 – 2 di mana 1 dan 1 menunjukkan membuka pukulan oleh tangan kiri dan yang ketiga adalah pukulan finishing yang mungkin benar-benar menyakiti knock out lawan. Anda mungkin juga berlatih beberapa tangan atas dan bawah tangan teknik yang akan membuat Anda membuat benar-benar tepat dengan meninju gerakan. Pada akhirnya, jika Anda melihat gambaran keseluruhan ini adalah semua tentang latihan dan kesabaran sebagai pukulan Anda akan meningkatkan dengan waktu dan Anda akan mulai menggunakan energi dengan energi maksimum.
c.       KERJA KERAS
Dasar-dasar tinju tidak hanya tentang pukulan, juga penting untuk bekerja pada Anda gerak kaki yang menentukan sikap dan keseimbangan selama meninju.Sikap yang terbaik adalah bahwa sampai sikap yang tepat sebagai sikap ofensif, semi crouch dan crouch lebih defensif di alam. Sementara Anda berlatih dasar-dasar tinju, sangat penting bagi Anda untuk acclimatize diri dengan masing-masing gaya sikap dan cara memukul di setiap sikap. Anda harus dapat memberikan pukulan yang baik dalam setiap sikap yang mungkin.Stances ini adalah beberapa dasar tinju bergerak.
d.      PUKULAN
a)      strike : pukulan yang tajam
b)      jab : pukulan pengumpan tapi biasa jug jadi andalan bagi petinju kidal
c)      alperkad: pukulan yang mengarah ke perut yang tujuanya untuk melemahkan pertahanan lawan
d)     hook : pukulan yang mengarah ke kepala tujuannya untuk menghilangkan konsenterasi lawan

e.       MENGHINDAR
a)      Saisteb
b)      Baisteb
c)      Wiping
d)     Dsb.

         ( Sahrullah.blogspot.com/ 21-09-2013 )

C.    PERATURAN PERMAINAN
Peraturan tinju Yunani Kuno yang diterima sejarawan saat ini diketahui berdasarkan referensi dan gambar-gambar bersejarah.Sedikitnya sumber dan bahan referensi yang tersisa mengakibatkan peraturan-peraturan tersebut hanya bisa diduga.
a)   Tidak boleh merangkul atau bergulat
b) Pukulan apapun menggunakan tangan diizinkan namun tidak boleh mencungkil menggunakan jari
c)    Ring tinju tidak digunakan
d)   Tidak ada ronde atau batasan waktu
e) Kemenangan diputuskan ketika salah seorang petinju menyerah atau tak mampu melanjutkan pertandingan
f)    Tidak ada klasifikasi berat lawan dipilih secara acak
g)  Para petinju boleh memilih untuk saling memukul tanpa boleh bertahan jika pertandingan berjalan terlalu lama
Adapun aturan-aturan tinju secara garis besarnya adalah:
a)  Tidak boleh memukul kepala bagian belakang
b)  Tidak boleh memukul alat kelamin lawan tidak boleh mencaci maki / mengolok-olok lawan
c)  Tidak boleh memukul lawan yang sudah tidak berdaya atau menyerah
E.     ISTILAH-ISTILAH PERMAINAN
a.      Clinch 
Clinch adalah gerakan untuk mendekati atau memeluk lawan. Gunanya adalah untuk mengurangi jarak pukul lawan, sehingga lawan tidak mempunyai ruang yang cukup untuk melontarkan pukulan.Clinch sebetulnya tidak dilarang, hanya saat terjadi clinch, kedua petinju akan dipisahkan oleh wasit. Namun jika terlalu banyak melakukan clinch, wasit senantiasa akan menegurnya, dan jika setelah beberapa kali teguran petinju tersebut masih melakukan clinch, maka petinju tersebut bisa terkena sanksi berupa pemotongan nilai sampai dengan diskualifikasi.

b.      Pukulan Cross
Pukulan cross dalam tinju bukan merupakan pukulan standar seperti jab, straight, hook atau upper cut, melainkan pukulan modifikasi yang merupakan gabungan antara pukulan straight dan upper cut, dengan target rahang atau perut lawan.Istilah ini hanya dikenal dalam tinju profesional, dan tidak dikenal dalam tinju amatir.

c.       Dokter Ring
Dokter ring adalah orang yang berprofesi dokter yang ditugaskan dalam suatu pertandingan tinju untuk membantu wasit pada saat petinju mengalami cedera atau pendarahan. Tugas dokter ring adalah :
a)      Memberi rekomendasi kepada wasit untuk menghentikan pertandingan jika suatu petinju secara medis berada dalam kondisi berbahaya. Bagaimanapun, keputusan untuk menghentikan pertandingan ada di tangan wasit, dokter ring hanya memberi rekomendasi.
b)      Memberikan pertolongan pertama di atas ring jika terjadi cedera.
c)      Memeriksa kondisi kesehatan petinju sebelum dan sesudah pertandingan.
d.      Hakim
Hakim dalam olahraga tinju berfungsi membantu wasit.Tugas hakim adalah memberikan penilaian kepada petinju yang bertanding.Dalam tinju profesional, hakim yang bertugas sebanyak 3 orang, sedangkan dalam tinju amatir hakim yang bertugas sebanyak 5 orang dalam sebuah pertandingan.

e.       Hook
Hook dalam bahasa Inggris berarti kait. Dan memang posisi seperti itu yang dilakukan oleh seorang petinju dalam melontarkan pukulan hook. Pukulan hook dapat dilontarkan kedua tangan, kanan dan kiri. Pukulan hook dikenal sangat mematikan dalam tinju.Petinju kelas berat Mike Tyson dulu sangat ditakuti karena pukulan hooknya sering memukul KO lawan, sedangkan petinju Indonesia Ellyas Pical memiliki pukulan hook kiri yang sangat keras, dan sering memukul KO lawan dengan senjata andalan hook kiri. Karena keandalan pukulan tersebut Pical dijuluki sebagai Exocet.

f.        Jab
Jab adalah pukulan pembuka dalam olahraga tinju. Pukulan jab berupa pukulan lurus ke depan, bisa mengarah ke muka atau badan lawan. Biasanya, pukulan jab dilontarkan dengan tangan kiri (jika petinju tersebut bergaya ortodoks atau dengan tangan kanan jika petinju tersebut bergaya kidal.Tapi itu bukan sesuatu yang pasti, ada kalanya petinju ortodoks melontarkan jab dengan tangan kanan, dan sebaliknya, tergantung posisi saat melontarkan pukulan.Pukulan jab, biasanya berfungsi mengganggu konsentrasi lawan atau sekedar pukulan pembuka dalam suatu serangan, namun tidak jarang pukulan jab bisa terlontar dengan keras dan memukul lawan dan membuatnya KO.

g.      Petinju Bertipe Kidal
Petinju bertipe kidal adalah petinju dengan gaya tidak konvensional, dengan posisi tangan dan kaki kanan ada di bagian depan, sedang posisi tangan dan kaki kiri ada di bagian dalam.Kekuatan pukulan utama petinju kidal ada pada tangan kiri, namun tidak menutup petinju yang secara alamiah kidal tidak bertinju dengan gaya kidal, melainkan bertipe ortodoks dengan berbagai tujuan, antara lain mengelabui lawan. Contoh orang kidal yang bertinju dengan gaya ortodoks adalah "The Golden Boy" Oscar De La Hoya dan Mike Tyson. Petinju Ellyas Pical, Chris Byrd adalah petinju bertipe kidal. Lawan kata petinju kidal adalah petinju bertipe ortodoks.Ada juga petinju yang sebenarnya tidak kidal tapi bertarung dengan gaya kidal, contohnya "Marvelous" Marvin Hagler, Michael Moorer, Pernell "Sweet Pea" Whitaker, Hector "Macho" Camacho &Manny Pacquiao. Istilah bahasa Inggris untuk petinju kidal adalah "southpaw boxer".
h.      Petinju Bertipe Ortodoks
Petinju bertipe Ortodoks adalah petinju dengan gaya konvensional, dengan posisi tangan dan kaki kiri ada di bagian depan, sedang posisi tangan dan kaki kanan ada di bagian dalam. Kekuatan pukulan petinju Ortodoks ada pada tangan kanan, namun tidak menutup petinju yang secara alamiah kidal bertinju dengan gaya ortodoks, dengan berbagai tujuan, antara lain mengelabui lawan. Contohnya Oscar De La Hoya Petinju Chris John adalah petinju bertipe ortodoks.

i.        Knockdown
Knockdown adalah istilah dalam olahraga tinju yang mendefinisikan seorang petinju terjatuh akibat pukulan, namun berhasil bangkit dan meneruskan pertandingan, sebelum wa-sitmenyelesaikan hitungan sampai 10.Petinju yang memukul jatuh lawannya hingga knockdown harus segera menghentikan pukulannya saat lawan terjatuh, dan wajib segera berdiri di sudut putih (sudut netral) yang ditentukan wasit.Jika kedua hal tersebut tidak dipatuhi, wasit berhak memberikan hukuman, dari berupa peringatan sampai dengan diskualifikasi.

j.        Knockout (KO)
KO adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris Knockout adalah suatu kondisi kemenangan dalam beberapa olahraga beladiri full-contact seperti tinju, kickboxing, dll. Seorang petinju dinyatakan kalah KO jika dia terjatuh akibat pukulan, dan tidak mampu bangkit atau merespon pertanyaan wasit sampai dengan hitungan ke-10, atau sampai dengan hitungan ke-20 jika petinju tersebut jatuh terlempar sampai ke luar ring.

k.       Technical Knockout (TKO)
TKO adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris technical knockout, hanya dikenal pada tinju profesional. Seorang petinju dinyatakan kalah TKO oleh wasit jika:
a)      mengalami cedera atau pendarahan akibat pukulan lawan.
b)      atas rekomendasi dokter ring yang melihat seorang petinju secara medis sudah tidak layak tanding, agar pertandingan dihentikan (keputusan terakhir ada di tangan wasit)
c)      wasit menganggap sang petinju sudah tidak mampu meneruskan pertandingan karena kekuatan sudah tidak berimbang.
d)     setalah knockdown wasit menganggap tidak perlu menghitung atau tidak menyelesaikan hitungan sampai 10 karena sang petinju dinilai sudah tidak mampu atau kondisinya kritis.
e)      pihak sang petinju (pelatih) melemparkan handuk ke dalam ring karena dianggap sudah tidak mampu meneruskan pertandingan.
f)       terkena hitungan knockdown sampai 3 kali dalam 1 ronde (tidak selalu, tergantung peraturan badan tinju yang digunakan saat pertandingan).
Dalam tinju amatir, istilah TKO digunakan istilah RSC atau RSF.

l.        Pukulan Long hook
Pukulan long hook merupakan pukulan hook yang dilontarkan dari jarak jauh.Petinju Muhammad Ali dikenal yang memopulerkan pukulan long hook ini. Di Indonesia, pukulan ini dikenal sebagai pukulan Swing.
Dalam istilah tinju internasional, istilah pukulan swing ini tidak dikenal, dan lebih dikenal sebagai long hook.

m.    Pukulan Low Blow

Pukulan low blow adalah pukulan terlarang dalam tinju, karena mengarah ke arah bawah perut atau kemaluan lawan yang bisa berakibat fatal.

Petinju yang melontarkan pukulan ini, sengaja atau tidak, akan mendapatkan sangsi dari wasit berupa peringatan sampai diskualifikasi.

n.      Rabbit Punch
Rabbit punch adalah salah satu pukulan yang sangat terlarang dan sangat berbahaya bagi lawan dalam bertinju. Rabbit punch dilancarkan dari arah atas ke arah bawah, terutama saat lawan sedang dalam posisi merunduk.
Sengaja atau tidak, pukulan ini dilarang karena mengincar ubun-ubun atau tengkuk lawan yang sangat berbahaya dan mematikan.
o.      Ring
Ring adalah arena tempat pertandingan tinju, didirikan di atas panggung (setinggi ± 1,5 m). Pada tinju era modern ini, ring berbentuk segi empat sama sisi, dan dibatasi oleh tali berjumlah empat pada setiap sisi.

p.      Ronde
Ronde adalah ukuran pembagian waktu untuk sebuah pertandingan. Istilah ini umumnya digunakan untuk olahraga tinju, muay thai, atau bela diri satu lawan satu lainnya.

q.      Saved By The Bell
Saved by the bell adalah suatu istilah dalam tinju profesional, dalam kondisi dimana salah seorang petinju mengalami jatuh atau knockdown, namun sebelum wasit menghitung atau menyelesaikan hitungannya, bel telah berbunyi sebagai tanda berakhirnya ronde saat petinju itu terjatuh, sehingga hitungan dibatalkan (meskipun sang petinju tidak mampu bangkit lagi).
Ada beberapa versi peraturan 'Saved by the Bell' ini, tergantung dari komisi tinju atau badan olahraga yang mengawasi jalannya pertandingan:
a)      Saved by the Bell in any round (Saved by the Bell berlaku di semua ronde).
b)      Saved by the Bell in the last round only (Saved by the Bell hanya berlaku di ronde terakhir). Peraturan ini yang saat ini lazim digunakan. Contoh kasus adalah pertandingan Yo-Sam Choi vs Heri Amol.
c)      Saved by the Bell is not in effect peraturan Saved by the Bell tidak diberlakukan dalam suatu pertandingan.

r.       Southpaw
Dalam istilah tinju, ada istilah dalam Bahasa Inggris, namanya southpaw. Di Indonesia, southpaw boxer dikenal sebagai petinju kidal, dengan posisi tangan dan kaki kanan di depan, sedang tangan dan kaki kiri di sebelah dalam, dengan pukulan terkeras umumnya dengan pukulan kiri (tidak selalu).Sebetulnya petinju southpaw tidaklah selalu kidal, namun ada petinju yang tidak kidal alami, dengan berbagai alasan seperti untuk mengelabui lawan, atau memang lebih nyaman dengan gaya kidal, walau tidak alamiah kidal.
Istilah southpaw aslinya berasal dari olahraga baseball.

s.       Sparring
Dalam olahraga tinju belum ada padanan resmi dalam Bahasa Indonesia, namun sering disebut sebagai latih tanding, adalah suatu bagian dalam program latihan tinju yang berupa simulasi pertandingan sesungguhnya, di mana dua petinju seakan-akan bertanding dalam jumlah ronde tertentu sesuai program latihan. Perbedaannya, jika dalam pertandingan sesungguhnya, petinju umumnya mengenakan sarung tinju 8 ons, dalam latihan dianjurkan mengenakan sarung tinju seberat 10 ons.Untuk petinju profesional, jika dalam pertandingan sesungguhnya tidak menggunakan pelindung kepala, dalam latihan sparring selalu diwajibkan mengenakan pelindung kepala.
t.        Straight
Straight adalah pukulan lurus dalam olahraga tinju.Lazimnya, pukulan straight dilontarkan setelah pukulan Jab, tapi tidak selalu begitu, karena bisa dikombinasikan dengan pukulan lain, sesuai strategi dan kondisi di ring (tinju).
u.      Uppercut
Uppercut adalah pukulan pendek dalam tinju, biasanya merupakan pukulan andalan untuk mengalahkan lawan dengan KO. Pukulan upper cut dilontarkan dari bawah, posisi tangan dan siku petinju membentuk huruf "V" dengan sasaran utama perut, ulu hati dan dagu lawan.

v.       Wasit
Wasit dalam tinju adalah petugas yang dipilih oleh badan tinju untuk mempimpin suatu pertandingan.Wasit dalam tinju profesional tidak diperkenankan memimpin pertandingan tinju amatir, demikian pula sebaliknya, kecuali wasit tersebut sudah dinyatakan tidak terikat dalam badan tinju (profesional atau amatir).Dalam tugasnya, seorang wasit dibantu oleh hakim (berjumlah 3 orang dalam tinju profesional, dan 5 orang dalam tinju amatir), serta seorang dokter ring.Dalam suatu pertandingan tinju, baik amatir maupun, profesional, seorang wasit memegang otoritas tertinggi, sejak ronde pertama sampai terakhir.

F.     RING TINJU

Ring adalah arena tempat pertandingan tinju, didirikan di atas panggung (setinggi ± 1,5 m). Pada tinju era modern ini, ring berbentuk segi empat sama sisi, dan dibatasi oleh tali berjumlah empat pada setiap sisi.
Di dalam ring ada empat sudut. Sudut berwarna merah dan biru untuk kubu para petinju, sedang sudut berwarna putih (atau sudut netral) untuk wasit ataudokter ring yang bertugas atau beristirahat pada masa jeda.
Disebut ring (dari bahasa Inggris yang artinya “cincin”) karena pada awal mula tinju, penonton berdiri melingkari arena pertandingan (membentuk lingkaran), dan saat diadakan penggerebegan (karena waktu itu tinju dianggap llegal), para atlet (petinju) akan berbaur dengan penonton yang membubarkan diri untuk melepaskan diri dari tangkapan petugas.

91 komentar:

Unknown mengatakan...

trims infonya sis...
oia btw nih apa sih hukumnya tinju dalam islam?
dan mohon infonya tentang baju senam body image terbaru trims :)

Unknown mengatakan...

informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
Jelly Gamat Gold G Obat Maag Kronis Obat Gagal Ginjal Tanpa Cuci Darah cara pemesanan jelly gamat gold g obat sakit maag yang bagus Obat Varikokel Tanpa Operasi

Unknown mengatakan...

informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih
useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
jelly gamat gold g |
obat maag kronis

Unknown mengatakan...

informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih
useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
jelly gamat gold g

Unknown mengatakan...

informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih
useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
Obat Penurun Asam Lambung

Unknown mengatakan...

informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih
useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
Obat maag kronis

Unknown mengatakan...

informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih
useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
Obat Penyakit Maag
http://obatpenyakitmaag.net/

purnama mengatakan...

terimakasih banyak gan sudah memberi pengetahuan, salam kenal ya
permainan sepak bola

Unknown mengatakan...

nice post brother

visited me
bayusugara19.blogspot.com

Neng & Teteh mengatakan...

Terima kasih artikelnya, salam kenal dari Blog Kabar Guruku berisi informasi seputar dunia pendidikan, Info Sekolah, Sertifikasi, Lowongan CPNS dan berita update lainnya. Mulai dari Dunia Selebriti, Kabar Islam, Sport News, sampai info seputar politik dan hukum. Berita tentang Syarat Guru honorer, Info tentang Jadwal Libur Nasional dan Cuti Bersama PNS, Kabar Pencairan gaji PNS, Heboh Pesona Dosen Cantik, hingga dunia Islam tentang Hal-hal Penting yang dilakukan selama bulan Ramadhan akan menghiasi laman Kabar Guruku. Ditambah informasi terbaru dunia olahraga diantaranya hasil pertandingan sepak bola dan serunya balapan MotoGP. Inilah rangkuman isi Blog Kabar Guruku spesial untuk saudara semua...

Unknown mengatakan...

Agen Bola Taruhan Online 988bet
Agen Bola Taruhan Online 988bet
Agen Bola Taruhan Online 988bet 988Bet Trade In 988Bet Produk Asia77
988Bet Produk AsiaPoker77 988Bet Produk Asia8 988Bet Produk 1sCasino 988Bet Produk 338a 988Bet Produk IBCBET
988Bet Produk SBOBET Prediksi Bola 988Bet Tebak Bola 988 Panduan Bermain 988

Zhainmz mengatakan...

Gambarnya :v

Unknown mengatakan...

pada tahun berrpa tinju masuk ke Indonesia

Unknown mengatakan...

pada tahun berrpa tinju masuk ke Indonesia

Unknown mengatakan...

Informasinya sangat bermanfaaat nih. saya tau gan tempat yang cocok untuk berlatih tinju kunjungi ini ya agar lebih jelashttp://www.maximum-mma.com/classes/boxing
coba ajah deh gan..

Unknown mengatakan...

mantap untuk refernsi. makasih untuk postingannya

Unknown mengatakan...

mantap artikelnya
sekalian nitip nih min bagi semua yang suka dengan bola ato mau baca berita tentang sepakbola terupdate dan terpercaya.
monggo di kunjungi
agen sbobet
bandar judi bola
situs taruhan bola
agen sbobet live

makasih gan

Unknown mengatakan...

website maintenance
website design service
website development service
website programming
pradesga indonesia

Unknown mengatakan...

Segera daftarkan diri anda dan bermainlah di Agen Poker, Domino, Ceme dan capsa Susun Nomor Satu di Indonesia AGENPOKER(COM)
Jadilah jutawan hanya dengan modal 10.000 rupiah sekarang juga !

Kang Aceng mengatakan...

Ekspresi mukanya itu loh hahahaha - Nitip ya Masker Wajah Spirulina

Farah June mengatakan...

Lanjutkan gan postingnya poker online

Unknown mengatakan...

Wow Artikel Olahraga

Unknown mengatakan...

Terima kasih buat artikel nya, keren bgt.. jgn lupa mampir ya ke http://elementmtb.com/naik-mobil-atau-sepeda-mana-yang-lebih-buat-bahagia/

Tas Distro Online mengatakan...

good artikel

Unknown mengatakan...

http://beritapolitikterkini1945.blogspot.com/2017/06/as-israel-korutdaftar-10-negara-yang.html
http://beritapolitikterkini1945.blogspot.com/2017/06/akan-tes-icbm-korut-as-takkan-berani.html
http://beritapolitikterkini1945.blogspot.com/2017/06/menunggu-gebrakan-polisi-ungkap.html

Unknown mengatakan...

thx infonya gan
blogwalking ya gan
RAJAPOKER88 SITUS AGEN JUDI POKER BANDAR DOMINO QQ ONLINE TERPERCAYA

VBANDAR Agen Remi9 Judi Sakong Bandar Poker Online Indonesia

Unknown mengatakan...

artikel yang menarik
judi bola
judi online

BERITA VIRAL NUSANTARA mengatakan...

permisi kakak2 numpang promo ya
yang suka main poker dan domino online, mari gabung di sini

kini hadir dengan 7 permainan yang dapat dimainkan dalam 1 website.

dapatkan jackpot hingga ratusan juta setiap harinya. gak mau kalah teruskan main poker dan domino online

REAL GAMES AND REAL MONEY !

Minimal deposit hanya Rp. 25.000,- dan minimal withdraw Rp. 25.000,-
Kami juga menghadirkan permainan dalam versi Android / Iphone / Ipad.
Promo yang kami hadirkan untuk saat ini :

- Bonus referral 20%

- Bonus Turn Over up to 0,5% ( dibagikan setiap hari SABTU pukul 12 siang )

Untuk bermain hokibandarq di mobile anda , silahkan anda download dulu aplikasi PKV Games nya ya bos .

Jika anda belum download , silahkan klik link dibawah ini.

hokibandar

reva mengatakan...

• Thank you for sharing in this article I can learn a lot and could also be a reference I hope to read the next your article update
Obat Kuat
Obat Kuat Murah

• Thank you for sharing in this article I can learn a lot and could also be a reference I hope to read the next your article update
Obat Kuat Alami
obatjamu.com

• Thank you for sharing in this article I can learn a lot and could also be a reference I hope to read the next your article update
OBAT KUAT
”obat kuat”

• Thank you for sharing in this article I can learn a lot and could also be a reference I hope to read the next your article update
obat PERANGSANG wanita
kunjungi website

ANGGAQQ mengatakan...

Selamat Malam Admin :)
Saya numpang lapak untuk promosikan website ini ya :)

SmsQQ situs ini sudah di akuin di Indonesia
CS yang bekerja sudah Berpengalaman dan Sopan .
Pelayanan (Cepat,Tepat,Akurat) yang akan di berikan kepada Anda selama 24 Jam NonStop
SmsQQ juga menawarkan sejumlah bonus yang berupa:
Bonus TO sebesar 0.3 % , yang akan di bagikan setiap harinya ya :)
Bonus Refferal sebesar 20 %, yang berlaku untuk Seumur HidupMu :)
Proses Wd & Depo Tidak ada kata lama & Tidak ada Pemotongan 0.01 % Pun.
Minimal Wd Rp.20000
Minimal Depo Rp.10000
1 ID untuk 4 Game: DominoQQ,BandarQ,Poker,Bandar Poker

Dalam Permainan Anda Tidak Ada Campur Tangan Admin & Robot
Pendaftaran Gratis dan Mudah
Segera Daftarkan ID anda Sekarang juga dan Coba Keberuntunganmu Disini !!!

Unknown mengatakan...

Hello Brother & Sister para pecinta POKER ONLINE,yuk nyari uang tambahan
sekali joinn pasti tau hasilnya kok klik aja disini http://www.OTWPOKER.com
Poker
Agen Poker
Agen Poker Online
Agen Poker Terpercaya
Poker Online
Poker Online Terpercaya
Poker Terpercaya

Unknown mengatakan...

Ayo Cobalah bermain POKER ONLINE di http://www.OTWPOKER.com
Poker Terpercaya
Poker Online Aman dan Terpercaya
Situs Poker Online Terpercaya
Situs Poker Online Yang Banyak Bonus
Daftar Poker Online Terpercaya

KUMPULAN STORY LSAYWONG mengatakan...

Halo bosku , selamat malam
jangan lupa mampir main di ACEPOKER99
jangan hanya di lihat saja bosku :)

Inti Cheft mengatakan...

Situs game online terbaik di indonesia.
Rasakan sensasi permainan 100% Player Vs Player dengan minimal Deposit / Withdraw sebesar Rp.25.000.

Bonus luar biasa yang kami hadirkan berupa :

* Bonus Referral 20%.

Ajak teman-teman anda bermain bersama anda di AcePoker99.com, potongan meja kemenangan teman
anda akan kami kali sebanyak 20% dan akan di bagikan secara otomatis tanpa di claim.

* Bonus Double Cashback

Kumpulkan Turnover mu sebanyak - banyak nya dalam 1 minggu, kami akan membagikan bonus turnover kepada
anda yang berhasil mengumpulkan minimal 1 juta Turnover, semakin banyak turnover yang kalian raih,semakin banyak juga bonus yang kalian dapatkan.

AcePoker99.com juga menyediakan 7 Games dalam 1 User ID:
- Poker Online
- Domino QQ
- Bandar Q
- Bandar Poker
- Capsa Susun
- Adu Q
- Sakong Online

Dibantu dengan 5 bank local aktif untuk mempermudah transaksi :

BCA, BNI (24JAM), BRI(24JAM),MANDIRI(24JAM), DANAMON (24JAM)

Ayo !! Buruan gabung bersama kami di Pokerace99 Agen Judi Poker Online Terpercaya di Indonesia
Dan rasakan sensasi bermain bersama kami !

Link untuk daftar >> http://www.acepoker99.net/Register.aspx?lang=id

BBM : D8986EBB
WECHAT : AcePkr
WHATSAPP : +85587698009

Inti Cheft mengatakan...

Situs game online terbaik di indonesia.
Rasakan sensasi permainan 100% Player Vs Player dengan minimal Deposit / Withdraw sebesar Rp.25.000.

Bonus luar biasa yang kami hadirkan berupa :

* Bonus Referral 20%.

Ajak teman-teman anda bermain bersama anda di AcePoker99.com, potongan meja kemenangan teman
anda akan kami kali sebanyak 20% dan akan di bagikan secara otomatis tanpa di claim.

* Bonus Double Cashback

Kumpulkan Turnover mu sebanyak - banyak nya dalam 1 minggu, kami akan membagikan bonus turnover kepada
anda yang berhasil mengumpulkan minimal 1 juta Turnover, semakin banyak turnover yang kalian raih,semakin banyak juga bonus yang kalian dapatkan.

AcePoker99.com juga menyediakan 7 Games dalam 1 User ID:
- Poker Online
- Domino QQ
- Bandar Q
- Bandar Poker
- Capsa Susun
- Adu Q
- Sakong Online

Dibantu dengan 5 bank local aktif untuk mempermudah transaksi :

BCA, BNI (24JAM), BRI(24JAM),MANDIRI(24JAM), DANAMON (24JAM)

Ayo !! Buruan gabung bersama kami di Pokerace99 Agen Judi Poker Online Terpercaya di Indonesia
Dan rasakan sensasi bermain bersama kami !

Link untuk daftar >> http://www.acepoker99.net/Register.aspx?lang=id

BBM : D8986EBB
WECHAT : AcePkr
WHATSAPP : +85587698009

Unknown mengatakan...

https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=541211399561629&id=536221276727308

Unknown mengatakan...

Selamat datang di www.QQBendera.com

Nikmati berbagai keuntungan bermain di BenderaQQ.
? Bonus Referral 20% Seumur Hidup!!!
? Menang Berapapun Pasti DIBAYAR !!!
? Minimal Deposit hanya Rp.15.000,-
? Minimal Withdraw Rp.15000,-
? Menyediakan 7 Game ( Bandar Q, Bandar Poker, Adu Q, Domino QQ, Poker, Capsa Susun, Samgong(NEW) )
? BONUS TurnOver/Cashback 0.5% Setiap Minggu dibagikan pada Hari Rabu dan Sabtu
? Support Bank Lokal Indonesia Terpercaya ( BCA, BNI, BRI, Mandiri)
? Pelayanan dari CS (Customer Service) Ramah, dan Profesional 24jam/7hari
? Deposit dan withdraw prosesnya secepat kilat.
contact us:
PIN BBM D1CD3A22
line: BenderaQQ
Whatapp :+85515590751

Unknown mengatakan...

Dina mulai meminum teh panas yang telah kucampur dengan obat perangsang wanita tadi. Sudah Habis setengah gelas ia tminum air tehnya , lalu Dina melanjutkan mencuci gelas dan piring tadi, dan beberapa saat kemudian ia meminum lagi teh itu sekaligus menghabiskannya, Dan mungkin karena gelasnya mau di cuci sekalian. Wah, HeheHe…..jebakanku berhasil

Unknown mengatakan...

Selamat datang di www.QQBendera.com

Nikmati berbagai keuntungan bermain di BenderaQQ.
? Bonus Referral 20% Seumur Hidup!!!
? Menang Berapapun Pasti DIBAYAR !!!
? Minimal Deposit hanya Rp.15.000,-
? Minimal Withdraw Rp.15000,-
? Menyediakan 7 Game ( Bandar Q, Bandar Poker, Adu Q, Domino QQ, Poker, Capsa Susun, Samgong(NEW) )
? BONUS TurnOver/Cashback 0.5% Setiap Minggu dibagikan pada Hari Rabu dan Sabtu
? Support Bank Lokal Indonesia Terpercaya ( BCA, BNI, BRI, Mandiri)
? Pelayanan dari CS (Customer Service) Ramah, dan Profesional 24jam/7hari
? Deposit dan withdraw prosesnya secepat kilat.
contact us:
PIN BBM D1CD3A22
line: BenderaQQ
Whatapp :+85515590751

winnie mengatakan...

LIVECASINO338 Situs Live Casino Terpercaya Seindonesia.. Menyediakan 5 Permainan Dalam 1 User ID
BACCARAT ☆ ROULETTE ☆ SIC BO ☆ DRAGON TIGER ☆ SLOT GAME !!!

- Minimal Deposit Rp. 25.000, Withdraw Rp. 50.000
- Dilayani CS Ramah & Sopan 24 Jam Nonstop
- Live Dealer Cantik & Seksi.

HOT PROMO TERBESAR :
- Bonus Rollingan 0,8%
- Bonus Referal 3% [SEUMUR HIDUP!!!]

SILAHKAN DAFTARKAN DIRI ANDA DI : https://goo.gl/CTZbGJ

untuk informasi lebih lengkap silahkan hubungi Customer service kami:
Phone Number : +855 965922558
PIN BBM : 2AD88032
Yahoo Mail : cs_livecasino338
Wechat : +855965922558

#livecasino #casinoonline #bettingonline #rubyqq #casinoonlineterpercaya #situsonlinecasino #deposit #cashback #medan #indonesia #gamesonline #2AD88032

Unknown mengatakan...

Livecasino338
Mengucapkan Selamat Natal dan Tahun Baru 2017-2018
Dihari Natal dan Tahun Baru kali ini
LIVECASINO338
Memberikan Bonus Special

Promo Terbesar yang disediakan :
~Bonus Deposit Sebesar 10%
~ Bonus Rollingan Casino 1% (all product)
~ Bonus Referral 3% Seumur Hidup

1 User id Untuk Semua permainan
Berikut Untuk permainannya :
Terdapat 6 Produk Casino :
~ Baccarat
~ Roulette
~ Sicbo
~ Dragon Tiger
~ Slot Game
~ Sabung Ayam

Contact US
WA : +855965922558
BBM : 2AD88032
NO HP : +855965922558
LIVECHAT : www.livechat338.com
Register : http://livecasino3381.pkr69.com

Vintaraaaa mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Black Hawk mengatakan...

dewapoker Teruslah berbagi infomasi yang bagus seperti ini

Detik Kios mengatakan...

Kontes SEO Berhadiah 30 Juta Rupiah Untuk 20 Orang Pemenang

KONTES SEO KiosCasino
Berita Sepakbola Terkini dan Prediksi Bola Terupdate
Prediksi Bola Jitu|Berita Bola|Tips dan Trik Judi Casino Online
Cerita Sex Terpanas|Video Hot|Bokep
Tips Dan Manfaat
Berita Sepakbola Terkini Dan Prediksi Bola Terupdate

vanessa huang cie mengatakan...

Agen Bola Online & Casino Online Terpercaya
1 USER ID UNTUK SEMUA PERMAINAN !!!
Casinobet77 Menyediakan Permainan Terbaru & Terbaik
Livecasino | Bolaonline | Sabungayam | PokerDomino | SpadeGaming | SlotGame | Tangkas | BatuGoncang | Jdb168 SlotGame | NumberGame Lottery
-----------------------------------------------------------------------
- Bonus Deposit MEMBER BARU Sportbook 100%
- Bonus Deposit 30% Khusus Permainan Sportbook
- Bonus Deposit 10% Setiap Hari Untuk Semua Game
- Bonus Deposit Setiap hari 5rb - 25rb
- Bonus Casino Rollingan 0.8% Setiap Hari Senin
- Bonus Rollingan Poker & domino 0,3%
- Bonus Cashback Game & Tangkas 5%
- Bonus Cashback Sportbook 5%
- Bonus Cashback Sabungayam 5%
- Bonus Referall 2% Semua Game
- Bonus Referall 1% dari member Togel
Contact Us Now :
?? Livechat Casinobet77
?? whatsapp : +85599495431
?? PIN BBM : D6235F1C
?? Wechat : casinobet77cs1
?? Line : casinobet77
?? skype : casinobet77
?? Link pendaftaran :lc.chat/now/8523001/

cecegelis mengatakan...

JAGUARQQ AGEN JUDI POKER ONLINE DAN AGEN DOMINO 99 TERPERCAYA DI INDONESIA
Segera daftar dan bermain di JaguarQQ
Hanya dengan minimal deposit dan withdraw sebesar Rp.15.000,-
Anda sudah memiliki kesempatan untuk menangkan hingga jutaan rupiah
JaguarQQ menyediakan 8 Game dalam 1 User ID diantaranya :
-Poker
-AduQ
-BandarQ
-Domino QQ
-Capsa Susun
-Bandar Poker
-Bandar Sakong
-Bandar 66 (NEW)
Segera Gabung dan Dapatkan Promo Terbesar
-Bonus Rollingan 0.5% Setiap Minggu nya (diproses setiap hari Jumat)
-Bonus Refferal 20% Terbesar Seumur Hidup Tanpa Syarat Apapun
Untuk info lebih lanjut Silahkan hubungi Cs JAGUARQQ:
LiveChat 24 Jam Online
PIN BBM : 2AE76E22
WA : 081319506846
WEBSITE :www.jaguarqq.info

Unknown mengatakan...

BANDAR JUDI BOLA, CASINO, SABUNG AYAM, BOLA TANGKAS, TEMBAK IKAN, POKER ONLINE, TOGEL ONLINE. MINIMAL DEPOSIT 50RB BONUS NEW MEMBER 10% BONUS HARIAN 5% MENANG BERAPAPUN DIBAYAR LANGSUNG TANPA DI TUNDA-TUNDA Kunjungin Segera Website kami : www(.)bo-la-vi-ta(.)pro Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di WhatsApp : 6281377055002 BBM: D8C363CA (NEW), D1A1E6DF (NEW)

AGEN JUDI ONLINE

AGEN PIALA DUNIA 2018 RUSSIA

AGEN JUDI SPORTBOOK

AGEN JUDI CASINO

AGEN TEMBAK IKAN

AGEN POKER ONLINE

syair togelpelangi mengatakan...

thanks for this article and I really like the article that you are coral and very good.
bandar togel

911 Play mengatakan...

ndomacau dan link alternatif Indomacau termasuk situs judi online yang sudah cukup lama dalam melayani member dan berjalannya waktu seharusnya permainan-permainan judi online dalam satu situs harus terus dikembangkan sehingga membuat member memiliki pilihan permainan yang lengkap dan menarik indomacau m

911 Play mengatakan...

dadu online
bisa menghilangkan rasa penat yang sedang anda alami selama beraktifitasnya orang akan merasakan penat dengan aktivitasnya sehari – hari ada banyak sekali cara yang mereka lakukan untuk menghilangkan rasa penat tersebut dan salah satu dengan bermain judi

vionaelsha mengatakan...

live casino online jika anda bermain di dalam permainan ini maka anda akan merahsakan seperti anda bermain di casino asli yah bro;D m

911 Play mengatakan...

Permainan poker online adalah permainan yang banyak sekali di gemari banyak orang di seluruh dunia , agen poker terpercaya
maka dari itu tunggu apa lagi ayo bergabung bersama kami sekarang juga dan raih bonus yang kami berikan di setiap harinya dan menangkan puluhan juta rupiah bersama kami dengan mudah , kami tunggu ya bosku :)

admin mengatakan...

https://android-interludeone.blogspot.com/2015/02/cara-root-samsung-galaxy-tab-2-70-gt.html?showComment=1534928585533#c3711639981455816487


Dompetpoker.org is a card game that shares betting rules and is usually (but not always) in hand ranking. The Poker Online game is different in terms of how cards are shared. In the most modern Poker Games, the first round of betting starts with several forms. Type of card arrangement in Online Poker.

poker online

admin mengatakan...

Liganation is one of the trusted ball agents in Indonesia. We have reliable and fast customer service in responding to problems and complaints of the members 24 hours a day every day. As a trusted footballer, we will pay in full every victory you play online.

agen bola


Unknown mengatakan...

Pusat Obat membahas Disfungsi ereksi adalah ketidakmampuan seorang pria mendapatkan ereksi yang keras dan mempertahankannya tetap keras saat berhubungan. Fungsi viagra adalah bekerja untuk menghilangkan hambatan dan ketidakmampuan tersebut.

Sebuah penelitian Efek samping menyebutkan sampai saat ini terdapat sekitar 140 juta pria yang menderita disfungsi ereksi dalam berbagai tingkatan. Manfaat dan khasiat viagra adalah bagi penderita disfungsi ereksi yang disebabkan penyakit diabetes, gangguan syaraf tulang belakang dan prostatectomy. Karena pil biru ini dapat memperpanjang durasi ereksi maka dia cocok juga digunakan oleh penderita ejakulasi dini. Saat ini teknologi medis dan farmasi kita berada dalam tahap yang sangat maju, berbagai macam hal rumit seperti implantasi protesa, dan injeksi bisa dilakukan, bahkan sampai menciptakan pil praktis untuk menyembuhkan disfungsi ereksi seperti Viagra.Viagra asli usa yang sudah terbukti kualitasnya di seluruh dunia, obat kuat viagra yang biasanya di sebut juga dengan sebutan pil biru ini sangat cocok bagi para laki-laki yang ingin lebih kuat tahan lama di ranjang.

Unknown mengatakan...

Obat kuat viagra yang sangat efektif bila di bandingkan dengan obat kuat lainya, obat kuat viagra telah melalui berbagai pengujian ketat sehingga dipastikan aman digunakan oleh laki-laki dewasa dari usia 18 – 60 tahun, pengujian ini juga membuktikan bahwa efek samping viagra dapat di minimalisir atau bahkan hampir tidak ada jika selama penggunaan sesuai dosis dan aturan.Baca juga fungsi dari Vimax asli dan Daftar Harga vimax asli

MUNGKIN MASALAH INI YANG SERING ANDA ALAMI KETIKA BERHUBUNGAN DENGAN PASANGAN ANDA

Ereksi penis kurang keras

Terlalu cepat mencapai ejakulasi dini

Tidak mampu tahan lama

Cepat merasa capek saat berhubungan intim maupun sedang beraktifitas

Penis sangat sulit untuk ber ereksi

Penis tidak mau bangun sama sekali (impoten)

Penis bangun cuma sebentar (lemah syahwat)

INILAH CARA TERBAIK UNTUK MENGATASI MASALAH YANG ANDA ALAMI

Viagra adalah pilihan pertama yang harus anda ambil untuk mengatasi masalah anda, bahkan para dokter di dunia pun untuk mengatasi berbagai gejala disfungsi ereksi juga menggunakan obat viagra, dikarenakan bahan sildenafil dalam obat viagra usa telah terbukti secara klinis, maupun di buktikan langsung oleh jutaan konsumennya untuk mengobati Disfungsi ereksi dan Cara Mengobati ejakulasi dini dan Efek samping vmenplus.

Unknown mengatakan...


“Cara kerja Viagra adalah membantu anda mendapatkan Kesehatan penis ereksi yang keras sehingga akan meningkatkan hasrat atau libido seks anda.

Menurut Klg asli Penderita disfungsi ereksi biasanya juga mengalami masalah Ejakulasi lemah syahwat atau gairah yang rendah. Selama ini, mereka menggunakan beberapa alternatif pengobatan yang tidak praktis seperti suntik, implantasi protesa, dan penggunaan obat oles. Sekarang Obat ejakulasi , mereka cukup meminum satu butir pil viagra dan masalah ereksi mereka dapat terselesaikan Makanan buat kesuburan sperma .

Cara Pakai Viagra dan Cara minum vimax .

Informasi Dosis Aturan Cara Minum dan Penggunaan Obat Viagra yang Benar.

Cara Vimax izon Penggunaan Pil Viagra Diminum 1 Atau 1/2 Tablet Dengan Air Hangat 60 Menit Sebelum Berhubung Melakukan Hubungan Intim. Untuk Mendapatkan Ereksi Yang Benar-Benar Sempurna. Kuat Kencang Dan Mampu Tegang Selama 4Jam Lebih.

Unknown mengatakan...

Hal dan Cara Penting yang perlu di perhatikan didalam penggunaan Obat Viagra Usa adalah :

Jika Anda kelebihan dosis dan mengalami ereksi berkepanjangan atau sakit selama empat jam atau lebih berikut Anda over dosis Viagra, Maka minumlah air putih, minum air kelapa muda, minum susu secukupnya untuk menetralisir reaksi dari obat viagra yang berlebihan.

Cara menyimpan viagra:

Simpan pada suhu kamar antara 15 dan 30 derajat C (59 dan 86 derajat F).

Membuang semua obat-obatan yang tidak di gunakan setelah tanggal kedaluarsa.

CATATAN :

Tidak boleh dikonsumsi oleh wanita dan anak-anak.
Tips membeli viagra

Gunakanlah sesuai dengan dosis penggunaannya.
silahkan klik untuk detai Harga viagra asli dan untuk melakukan pemesanan bisa klik Cara pesan viagra

Unknown mengatakan...

List Blog Blogan
Drop Blog
Kumpulan Blog
Kumpulan Blog Kesehatan
Kumpulan Blog Artikle
Kumpulan Blog Tegnologi
Kumpulan Blog Blokan
Kumpulan Blog Sehat
Kumpulan Blog Warung Doyong
Kumpulan Blog Warung Doyong

Unknown mengatakan...

Blog pengetahuan Obat

Rai Vinsmoke mengatakan...

ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
Promo Fans**poker saat ini :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

Nevy Andaresta mengatakan...

Thanks for sharing

Volcano Run 2019 

Volcano Run

Volcano-Run Jogja

Volcano Run Jogja

Merapi Volcano

Event Lari 2019

Ayo Lari 2019

Unknown mengatakan...

ini sesuatu sekali dan sangat berguna

POKERWAW
BANDAR POKER
CARA DAFTAR POKER ONLINE
CARA DAFTAR POKER ONLINE INDONESIA
MENERIMA DEPOSIT PULSA
BONUS MEMBER BARU 30%
WOW KEREN

Hubungi kami melalui cara di bawah ini
BBM : POKERWAW
WhatsApp : (+855)715381888
LINE : POKERWAW
LIVECHAT POKERWAW

hahaha mengatakan...

Bisa Main Dari HP !!
Support IOS & ANDROID
7 Games Dalam 1 User_ID
Menangkan Jackpot Harian S/d Puluhan Juta
Jackpot Global Ratusan Juta
Minimal Deposit Sangat Terjangkau !!
Rp 10,000
hanya di s1288poker
(WA : 08122221680)

d mengatakan...

Thanks for sharing such a good thought, paragraph is good, thats why i have read it completely

Ciri-ciri reseller terpercaya

Reseller terpercaya

Elica mengatakan...

thanks infonya kak

alfamartku karir

Unknow mengatakan...

boyapoker99.com
http://www.agensgp45.com/
pasarsgp.com
nobarsbobet.com
http://www.agenligachampion.com/

Neti Rosiana mengatakan...

mau cari berita bola yang tidak membosankan dan terbaru?? hanya disini tempatnya ===>>>>>>> BERITA BOLA TERBAIK

mediaprediksi mengatakan...

Halo guys, ayuk daftar dan mainkan di EELOTTO

Saat ini kami lagi ada menyediakan promo menarik lho, kamu bisa dapatkan bonus seperti :

SPESIAL BONUS PROMO TERBARU :
* BONUS EXTRA HARIAN Rp. 288.800
* BONUS RELOAD DEPOSIT 125%
* BONUS AGEN REFERAL 2% + 2%
* BONUS CASHBACK MENANG / KALAH UP TO 3%
* BONUS REFERAL 16 RB CLAIM DI AWAL
* SPESIAL BONUS SHARE MEDSOS 18 RB

Untuk hadiah togel disini adalah
4D dapat hadiah 9.000.000
3D dapat hadiah 900.000
2D dapat hadiah 90.000

INFO LEBIH LANJUT BISA HUB SANDRA DI WA +63 956 825 7576
https://linktr.ee/eelottojoss

clara wijaya mengatakan...

Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
Kesempatan Menang Lebih Besar,
|| WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

clara wijaya mengatakan...

Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
Kesempatan Menang Lebih Besar,
|| WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

Dark Web mengatakan...

KEDAICASH

JUDI ONLINE

LIVE CASINO

ARTIKEL JUDI BOLA

ARTIKEL POKER ONLINE

ARTIKEL SLOT GAME ONLINE

KUMPULAN PREDIKSI BOLA

Slot Vava mengatakan...

Bonus welcome 50% untuk pendaftar baru dengan 1 user ID sudah dapat memainkan berbagai jenis permainan .
ayo tunggu apalagi segera daftar dan mainkan game nya menangkan usang sebanyak-banyak nya .
https://shor.by/RlKH

ARTIKEL SLOT
ARTIKEL POKER
DAFTAR SLOT
DAFTAR POKER
DAFTAR CASINO

SLOT VAVA
AGEN PLAYTECH
AGEN SLOT GAME
AGEN JOKER123

MABAR99
AGEN POKER ONLINE
BANDAR CEME
AGEN OMAHA

Doyan Main mengatakan...

Winning303 Agen Togel Terpercaya dan Terbaik saat ini..
Dapatkan Angka TOP dari Mbah berpengalaman...

Diskon hingga 65%... Tak Perlu Bayar Mahal!!!

Dapatkan ID nya Sekarang Juga...Gratis pembuatan user ID..

Menang Berapun DIbayar...Sudah Terbukti Kualitasnya..

Customer Service 24 Jam
Hubungi Kami di :
WA: +6287785425244

SLOTVAVA.NET (Breaking News) mengatakan...

SITUS AGEN BETTING ONLINE TERPOPULER DAN TERPERCAYA
YUK SEGERA BERGABUNG BERSAMA KAMI DAN DAPATKAN BONUS WELCOME DEPOSITE 50% HANYA DENGAN MINIMAL DEPOSITE TERENDAH
TUNGGU APALAGI ?
DAFTAR SEKARANG JUGA

AGEN SLOT
AGEN POKER
DAFTAR SLOT
ARTIKEL SLOT
INFO ARTIKEL SLOT
BONUS SLOT
AGEN GETKINGKONG
AGEN TEMBAK IKAN JOKER123
AGEN SLOT SUPREME CAISHEN
KINGKONG VIP123
SLOT KINGKONG VIP123
SLOT VAVA
SLOT SEXY ACE333
DAFTAR POKER
BANDAR SUPERTEN
AGEN SUPERTEN
AGEN PAIQIU
AGEN CEME KELILING
AGEN SUPER10
AGEN POKER ONLINE TERPOPULER
AGEN TEXASPOKER IDNPLAY
MABAR99
MABARQQ
AGEN SUPER10
BANDAR PAIQIU
BANDAR DOMINOQQ IDNPLAY
AGEN SUPER10
IDNPLAY

Bokep 2020 mengatakan...


SBOPOKER8 Agen Judi Online Terpercaya dan Terbaik di Indonesia
Menyediakan berbagai macam permainan Judi Kartu Online Terlengkap

1 ID untuk 7 Game Permainan yang disediakan oleh Situs SBOPOKER8.net

Agen Judi Online Terpercaya dan Terbaik di Indonesia
Menyediakan berbagai macam permainan Judi Kartu Online Terlengkap

1 ID untuk 7 Game Permainan yang disediakan oleh SBOPOKER

Poker Texas

DominoQQ

Omaha

Capsa

Ceme

Ceme Keliling

Super 10

» Bonus Cashback 0.5% (dibagikan Setiap Hari "KAMIS")
» Bonus Refferal 10% - 15%
» Customer Service 24 Jam Nonstop
» Support 4 Bank Lokal Indonesia (BCA, BNI, BRI, Mandiri )
»Whatsapp : +85598875988

SLOTVAVA.NET (Breaking News) mengatakan...

SLOT VAVA
MABAR99
SITUS SLOT GAME TERPERCAYA
PRAGMATIC PLAY
AGEN PLAYTECH
AGEN BIG GAMING
AGEN TOPTREND GAMING
AGEN SPADE GAMING
AGEN OPUS GAMING
AGEN SBOBET
AGEN JOKER123
KINGKONG VIP123
AGEN EBET
AGEN SLOT PG
GURU ARTIKEL
ARTIKEL SLOT GAME
ARTIKEL POKER ONLINE
ARTIKEL MABARQQ
ARTIKEL SLOT INFO

Celine Natasya mengatakan...

Kumpulan Bokep Terbaru 2020


NONTON BOKEP TERBARU

BOKEP BARAT

BOKEP JEPANG TERBARU

BOKEP INDO


Nonton Film Online Subtitle Indonesia

CINEPLEX21

XX1

NONTON FILM ONLINE


DaddyLil'Monster mengatakan...

FILM BOKEP TERBARU 2020 !!

FILM BOKEP

BOKEP KOREA

BOKEP BARAT

BOKEP JEPANG TERBARU

BOKEP LOKAL

xenadiana mengatakan...

Anapoker Berbagi bonus mingguan Hingga mencapai Chips 2,000,000,00, Tiap minggunya lho

Anapoker Di jamin terpercaya, Tidak memberlakukan Pemotongan apapun, ALIAS Gratis, tanpa Biaya, daftar, deposit, tanpa Pemotongan apapun. 100%

Contact Anapoker Sekarang juga Untuk info..
Whatsapp : 0852 2255 5128
Line ID : agenS1288
Telegram : agenS128

Kunjungi Situs Games Online Uang Asli Terpercaya Lainnya :
link alternatif sbobet

sbobet alternatif

login sbobet

link sbobet

sabung ayam online

adu ayam

casino online

sabung ayam bangkok

ayam laga birma

poker deposit pulsa

deposit pulsa poker

deposit pulsa

deposit pulsa

deposit pulsa

Celine Natasya mengatakan...

FILM BOKEP TERBARU DAN TERLENGKAP 2020 !!


BOKEP INDO

BOKEP BARAT

BOKEP JEPANG

BOKEP KOREA

tinaangelina mengatakan...

BOSHEPOKER agen judi online terbaik yang memberikan pelayanan terbaik dan SERVER yang berkualitas tanpa adanya ADMIN/ROBOT yang ikut bermain.

Proses Deposit maupun Tarikdana super cepat dan semua BANK kami ONLINE 24 jam.



Di Boshepoker Anda bisa bermain 9 Jenis Games kartu cukup hanya dengan 1 akun saja.

1. POKER

2. BANDAR POKER

3. BANDARQ

4. ADUQ

5. SAKONG

6. CAPSA SUSUN

7. BANDAR 66

8. DOMINO 99

9. PERANG BACCARAT



Di Boshepoker juga tersedia berbagai promo seperti:

1. Bonus cashback sebesar 0.5% yang dibagikan setiap hari

2. Bonus Referral sebesar 20% dari mengajak Teman bermain

3. Bonus Jackpot dengan total hadiah mencapai ratusan juta rupiah di game POKER, BANDAR POKER, DOMINO 99, CAPSA SUSUN, BANDAR SAKONG

YUK GAN, SEGERA DAFTAR KAN DIRI ANDA SEKARANG JUGA DISITUS KAMI

tinaangelina mengatakan...

LOLIPOKER agen judi online terbaik yang memberikan pelayanan terbaik dan SERVER yang berkualitas tanpa adanya ADMIN/ROBOT yang ikut bermain.

Proses Deposit maupun Tarikdana super cepat dan semua BANK kami ONLINE 24 jam.



Di LOLIpoker Anda bisa bermain 8 Jenis Games kartu cukup hanya dengan 1 akun saja.

1. POKER

2. BANDAR CEME

3. CEME KELILING

4. SUPERTEN

5. OMAHA

6. CAPSA SUSUN

7. BLACKJACK

8. DOMINO 99



Di Lolipoker juga tersedia berbagai promo seperti:

1. Bonus Newmember sebesar 10% UPTO 200.000
2. Bonus Harian sebesar 5% UPTO 500.000
3. Bonus cashback sebesar 0.5% yang dibagikan setiap hari kamis
4. Bonus Referral sebesar 20% dari mengajak Teman bermain
5. Bonus Jackpot dengan total hadiah mencapai ratusan juta rupiah di game POKER, CEME, DOMINO 99, CAPSA SUSUN, CEME KELILING


YUK GAN, SEGERA DAFTAR KAN DIRI ANDA SEKARANG JUGA DISITUS KAMI

Unknown mengatakan...

Join yuk di chanelku yang seger...
banyak film terbaru yang memanjakan mata loh...

STREAMING NONTON BOKEP GRATIS ..!!
Kumpulan BOKEP Terlengkap Terbaru Terpopuler & Ter-Update By SUKABOKEP

SUKABOKEP

BOKEP INDO NGENTOT ASIK

BOKEP BARAT NGENTOT MANTAP

BOKEP JEPANG NGENTOT NIKMAT

BOKEP KOREA NGENTOT PUAS

FILM SEMI NGENTOT SERU

SKANDAL ARTIS, MODEL, SELEBGRAM TERBARU 2020

BLITZCINEMA21

Unknown mengatakan...

Buat Kalian Pecinta Film Panas
Join Yuk Di chanelku
Banyak Film Terbaru yang memanjakan mata loh...

STREAMING NONTON BOKEP GRATIS ..!!
Kumpulan BOKEP Terlengkap Terbaru Terpopuler & Ter-Update By SUKABOKEP

SUKABOKEP

BOKEP INDO NGENTOT ASIK

BOKEP BARAT NGENTOT MANTAP

BOKEP JEPANG NGENTOT NIKMAT

BOKEP KOREA NGENTOT PUAS

FILM SEMI NGENTOT SERU

SKANDAL ARTIS, MODEL, SELEBGRAM TERBARU 2020

BLITZCINEMA21

Buruan Cek di SUKABOKEP
Dan Rasakan Sendiri Sensasi Panasnya

Tante HOT mengatakan...

Please me join my site :)

SIKONTIL - APK Bokep & Website Bokep Indo, Jepang, Barat, Korea


----------------------- Download APK Bokep SIKONTIL -----------------------


FORUM TANTE GIRANG


BOKEP INDO


BOKEP JEPANG


BOKEP KOREA


FILM SEMI TERBARU


FORUM TANTE GIRANG

mario bola mengatakan...

Ayo Bermain Dan Bergabung Bersama KAMI MARIO BOLA !!

Bandar Betting Online Terbesar Dan Terpercaya No.1 !
Proses Transaksi Deposit Dan Withdraw Tercepat !!
Menang Berapapun Di bayarkan !!

Tersedia Berbagai Promo Menarik Yang Berlaku Saat ini !!
Promo Yang berlaku Di www,Mariobola,Info :
HOT PROMO :

- Bonus Deposit Setiap Hari 10% (Max Bonus 200ribu) Minimal TO 3x
- Bonus Cashback Mingguan Di Sportbook 5% - 15% (Minimal Kekalahan 500ribu)
- Bonus Refrensi Mingguan Di Permainan Sportbook 2,5%
- Bonus Rollingan Mingguan Sportbook Refferal 0,1%
- Bonus Cashback Slot Mingguan 5% (Minimal Kekalahan 500Ribu)
- Bonus Rollingan Poker 0.2%

Diskon Togel :
Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.5.00% , 2D : 29.5.00%
Kombinasi = 5%
Shio = 12%
Colok Angka (1A) = 5%
Colok Macau (2A) = 15%
Colok Naga (3A) = 15%
Colok Jitu = 8%

kami menyediakan berbagai jenis Games , seperti :

- Sport
- Tangkas
- Togel
- Live Casino
- Poker
- Slot
- Sabung Ayam
- Tembak Ikan

Kami tunggu kedatangannya dan Join bersama kami .



Bisa Deposit Via Pulsa Telkomsel !!
Dari Dompet Digital Seperti Ovo , Dana , Gopay , Link aja DLL
Dan Support Deposit Semua Bank Dalam Negri

Info Untuk Pendaftaran Dan Info Lebih Lanjut
WA 1 : +62821 3257 2756
WA 2 : +62822 4569 1339

Salam hoki Bosku www.mariobola,info

asdkoasjdoskaf mengatakan...

Yuk teman-teman kunjungi permainan yang sangat seru di padangtoto untuk memenangkan banyak hadiah yang menarik

Anonim mengatakan...

After PINGU has helped his neighbour he is rewarded for his kindness. When his friend repeats the task expectant of the same reward the neighbour sees through the ruse. In revenge the two young penguins decide that they will play a trick on the neighbour but it all ends with an innocent passer-by becoming the victim of their prank.

Situs Judi Mpo

Daily Technology Updates mengatakan...

Nice info. Some days before i watched TOOFAN Movie it is also on Boxing sport.

comment installer office com sur notre PC. Installation facile de www office com setup et installation de la suite Microsoft Office. Vérifiez également la configuration de office com en français et procédez à l'installation de https setup office com 2010

slot dana mengatakan...

Pastikan anda bergabung dan bermain di situs slot dana terpercaya dengan rating kemenangan tertinggi. Kunjungi kami di http://207.148.121.64/

Posting Komentar