Subscribe:

Ads 468x60px

Kamis, 06 Maret 2014

Artikel Olahraga Bulu Tangkis

  artikel olahraga-bulu tangkis
Artikel Olahraga Bulu Tangkis. Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan. Mirip dengan tenis, bulu angkis bertujuan memukul bola permainan ("kok" atau "shuttlecock") melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama
Olahraga ini dalam sejarah bulu tangkis merupakan sebuah olahraga yang memainkan banyak nomor partai dalam setiap kejuaraan atau turnamennya. Untuk nomor-nomor yang dipertandingkan meliputi Tunggal Putra, Tunggal Putri, Ganda Putra, Ganda Putri dan Ganda Campuran. Dalam perkembangannya olahraga ini banyak merubah aturan yang bertujuan untuk mendapatkan minat lebih dari penonton ataupun pemirsa di TV.
Alat yang dipergunakan adalah raket sebagai alat pemukul serta “shuttlecock” sebagai bola yang dipukul. Permainan dimulai dengan cara menyajikan bola atau service, yaitu memukul bola dari petak service kanan ke petak servis kanan lawan, sehingga jalan bola menyilang.

Permainan ini biasanya dimainkan oleh :

a. Seorang pria melawan seorang pria (tunggal pria atau men’s single),

b. Seorang wanita melawan seorang wanita (tunggal wanita atau women’s single),

c. Sepasang pria melawan sepasang pria (ganda pria atau men’s double),

d. Sepasang wanita melawan sepasang wanita (ganda wanita atau women’s double),

e. Sepasang pria/ wanita melawan sepasang pria/ wanita (ganda campuran atau mixed                      doubles).


Sejarah Bulu Tangkis Dunia

Dalam perkembangannya sejarah bulu tangkis berkembang di Mesir kuno sekitar 2000 tahun lalu tetapi juga disebut-sebut di India dan Republik Rakyat Cina. Nenek moyang terdininya diperkirakan ialah sebuah permainan Tionghoa, Jianzi yang melibatkan penggunaan kok tetapi tanpa raket. Alih-alih, objeknya dimanipulasi dengan kaki. Objek/misi permainan ini adalah untuk menjaga kok agar tidak menyentuh tanah selama mungkin tanpa menggunakan tangan.

Di Inggris sejak zaman pertengahan permainan anak-anak yang disebut Battledores dan Shuttlecocks sangat populer. Anak-anak pada waktu itu biasanya akan memakai dayung/tongkat (Battledores) dan bersiasat bersama untuk menjaga kok tetap di udara dan mencegahnya dari menyentuh tanah. Ini cukup populer untuk menjadi nuansa harian di jalan-jalan London pada tahun 1854 ketika majalah Punch mempublikasikan kartun untuk ini.

Dalam sejarah bulu tangkis Inggris membawa permainan ini ke Jepang, Republik Rakyat Cina, dan Siam (sekarang Thailand) selagi mereka mengolonisasi Asia. Ini kemudian dengan segera menjadi permainan anak-anak di wilayah setempat mereka.

Olah raga kompetitif bulu tangkis diciptakan oleh petugas Tentara Britania di Pune, India pada abad ke-19 saat mereka menambahkan jaring dan memainkannya secara bersaingan. Oleh sebab kota Pune dikenal sebelumnya sebagai Poona, permainan tersebut juga dikenali sebagai Poona pada masa itu.

Para tentara membawa permainan itu kembali ke Inggris pada 1850-an. Olah raga ini mendapatkan namanya yang sekarang pada 1860 dalam sebuah pamflet oleh Isaac Spratt, seorang penyalur mainan Inggris, berjudul "Badminton Battledore - a new game" ("Battledore bulu tangkis - sebuah permainan baru"). Ini melukiskan permainan tersebut dimainkan di Gedung Badminton (Badminton House), estat Duke of Beaufort's di Gloucestershire, Inggris.

Dasar peraturan dalam sejarah bulu tangkis yang pertama ditulis oleh Klub Badminton Bath pada 1877. Asosiasi bulu tangkis Inggris dibentuk pada 1893 dan kejuaraan internasional pertamanya berunjuk-gigi pertama kali pada 1899 dengan Kejuaraan All England. Bulu tangkis sekarang menjadi sebuah olah raga yang cukup populer di dunia, terutama di wilayah Asia Timur dan Tenggara, yang saat ini mendominasi olah raga ini, dan di negara-negara Skandinavia.

Sejarah Bulu Tangkis Indonesia

Baik pada subjudul ketiga ini, seperti janji saya akan berikan info lengkap tentang sejarah bulu tangkis, setelah diatas tadi sejarah yang berkembang didunia, maka kali ini saya akan share bagaiman sejarahnya di indonesia yang saya sarikan dari wikipedia.

Pada jaman penjajahan dahulu, ada perkumpulan-perkumpulan bulu tangkis di Indonesia yang bergerak sendiri-sendiri tanpa satu tujuan dan satu cita-cita perjuangan di alam negara merdeka, memang tidak bisa dibiarkan berlangsung terus.Harus diusahakan satu organisasi secara nasional, sebagai organisasi pemersatu.

Untuk menempuh jalan menuju satu wadah organisasi maka cara yang paling tepat adalah mempertemukan tokoh perbulu tangkisan dalam satu kongres. Pada saat itu memang agak sulit untuk berkomunikasi antara satu daerah dengan daerah lainnya. Satu-satunya yang bisa ditempuh adalah lingkungan pulau jawa saja. Itupun bisa ditempuh setelah terbentuknya PORI ( Persatuan Olah Raga Replubik Indonesia ).

Usaha yang dilakukan oleh Sudirman Cs dengan melalui perantara surat yang intinya mengajak mereka untuk mendirikan PBSI membawakan hasil. Maka dalam suatu pertemuan tanggal 5 Mei 1951 yang merupakan awal sejarah bulu tangkis di kota Bandung lahirlah PBSI ( Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia ) dan pertemuan tersebut dicatat sebagai kongres pertama PBSI. Dengan ketua umumnya A. Rochdi Partaatmadja, ketua I : Soedirman, Ketua II : Tri Tjondrokoesoemo, Sekretaris I : Amir, Sekretaris II : E. Soemantri, Bendahara I : Rachim, Bendahara II : Liem Soei Liong.

Dengan adanya kepengurusan tingkat pusat itu maka kepengurusan di tingkat daerah / propinsi otomatis menjadi cabang yang berubah menjadi Pengda ( Pengurus Dareah ) sedangkan Pengcab ( Pengurus Cabang ) adalah nama yang diberikan kepada kepengurusan ditingkat kotamadya / kabupaten. Hingga akhir bulan Agustus 1977 ada 26 Pengda di seluruh Indonesia ( kecuali Propinsi TImor-Timur ) dan sebanyak 224 Pengcab, sedangkan jumlah perkumpulan yang menjadi anggota PBSI diperkirakan 2000 perkumpulan.



Arti dari lambang PBSI, adalah sebagai berikut :

1. Terdiri dari 5 warna yang mempunyai arti, antara lain :
- Kuning : Simbol kejayaan
- Hijau : Kesejahteraan dan kemakmuran
- Hitam : Kesetiaan dan kekal
- Merah : Keberanian
- Putih : Kejujuran
2. Gambar Kapas : Berjumlah 17 biji yaitu melambangkan angka keramat ( hari proklamasi ).
3. Gambar Shuttlecock : Dengan delapan bulu, melambangkan 8 ( agustus )
4. Huruf PBSI : terdiri dari 4 dihubungkan dengan gambar ½ lingkaran sebanyak 5 biji berwarna merah dibawah shuttlecock, melambangkan tahun 1945.
5. Gambar Padi : sebanyak 51 butir yang melambangkan hari lahirnya PBSI yaitu tahun tanggal 5 Mei 1951.
6. Gambar Perisai : Adalah simbul ketahanan, keuletan, rendah diri tapi ulet, kuat dan tekun

Sejarah Bulu Tangkis Dalam Peraturannya

1. Jumlah pemain ganda yang terdaftar sebanyak 32 pasangan. Pemain ganda dibagi dalam 8 grup. Setiap grup diurut berdasarkan peringkat terdiri dari 4 pasang, dari yang tertinggi sampai terbawah.

2. Jumlah pemain tunggal yang terdaftar sebanyak 20 orang. Pemain tunggal dibagi dalam 5 grup. Setiap grup diurut berdasarkan peringkat terdiri dari 4 pemain, dari yang tertinggi sampai terbawah.

3. Perhitungan dengan system really point sampai angka 21

4. Babak penyisihan tunggal dan ganda dilakukan dengan two winning set.

5. Setiap pasangan dalam masing-masing grup bermain 6 kali pada babak penyisihan. Penentuan siapa yang maju ke babak berikutnya ditentukan berdasarkan point yang didapat pada setiap game.

6. Khusus untuk tunggal: 3 pemain urutan kedua dengan point tertinggi dalam babak penyisihan, akan dimasukkan dalam babak 1/4 final karena diperlukan 8 pemain.

7. Perhitungan point akan direkam dan dihitung dengan menggunakan software khusus.

8. Setelah babak penyisihan ganda selesai, dilanjutkan dengan penyisihan tunggal dengan metode yang sama.

9. Tahap berikutnya adalah permainan sistem gugur.

10. Babak 1/8 final untuk tunggal ditiadakan dan langsung ke ¼ final.

11. Skema dalam babak seperdelapan final diatur sebagai berikut:

12. Perkiraan waktu :

  • 2 jam untuk penyisihan
  • 30 menit untuk sistim gugur pertama (1/8),
  • 30 menit untuk sistim gugur kedua (1/4),
  • 30 menit untuk sistim gugur ketiga (1/2) dan
  • 40 menit untuk final.

13. Total waktu untuk badminton 6,5 jam

14. Pemanasan harus sudah dilakukan sebelum masuk lapangan supaya pertandingan sesuai dengan alokasi waktu yang tersedia.


Teknik dan Taktik Olahraga Bulu tangkis

Pengertian Taktik dan Teknik

Teknik adalah suatu proses gerakan yang dianggap efektif dan efisien serta rasional untuk melaksanakan tugas atau aturan dengan baik dalam permainan/ pertandingan/ perlombaan.

Taktik adalah gaya seseorang atau sekelompok orang untuk melaksanakan suatu teknik yang sifatnya individual maupun kelompok dalam suatu permainan/ pertandingan/ perlombaan. Biasanya berupa siasat untuk menjalankan teknik berdasarkan kemampuan yang dimiliki.

Teknik Dasar Permainan Bulu tangkis

1.   Cara Memegang Raket

Ada 2 cara pegangan raket yaitu : Forehand dan Backhand.

Pegangan raket cara forehand :

Pegang raket dengan tangan kiri, kepala raket menyamping, pegang raket seperti menjabat tangan ( bentuk V ) pada gagang raket. Jari tengah, jari manis, dan  kelingking menggenggam raket sedangkan jari telunjuk agak terpisah. Letakan ibu jari    diantara tiga jari dan jari telunjuk.

Pegangan raket cara backhand :

Geser V tangah kearah dalam. Letaknya disamping dalam, bantalan jempol berada pada pegangan raket yang lebar.

2.  Gerakan kaki ( footwork )

Kecepatan gerak kaki untuk bisa menghasilkan pukulan yang berkualitas.  Gerak langkah ke depan, belakang, samping saat memukul kok dengan memperhatikan keseimbangan. Gerak langkah meluncur cepat sangat efektif dalam memukul da hindari berdiri dengan telapak kaki saat menunggu datangnya kok

3.  Sikap dan Posisi

Berat badan tetap bertumpu pada kedua kaki agar seimbang. Tekuk kedua lutut dan berdiri dengan ujung kaki sehingga posisi pinggang tetap tegak. Kedua kaki terbuka selebar bahu dengan posisi sejajar atau salah satu didepannya. Lengan dengan siku bengkok di samping badan sehingga lengan bagian atas  yang memegang raket bebas bergerak. Kepala raket lebih tinggi dari kepala kita.

4.   Hitting Position ( posisi memukul )

Overhead ( atas ) untuk right handed  adalah posisi badan menyamping dengan arah net. Posisi kaki kanan di belakang kaki kiri. Saat memukul harus terjadi eprpindahan berat badan dari kaki kanan ke kaki kiri. Posisi badan harus dibelakang bola yang akan dipukul. Untuk underhead posisi kaki kanan selalu di depan dan kaki kiri dibelakang. Lutut kanan dibengkokkan, kerendahannya sesuai dengan ketinggian bola yang akan dipukul. Footwork maju mundur.

5.   Service

Service forehand pendek : kok dipukul dengan ayunan raket yang relative pendek dan tidak menggunakan tenaga pergelangan tangan.

Service forehand tinggi : kok dipukul dengan tenaga penuh, kedua kaki terbuka selebar pinggul. Dilakukan dengan sempurna serta diikuti gerak peralihan titik berat badan dari kaki belakang ke kaki depan secara continue. Biasanya digunakan pemain tunggal.

Service backhand : kai kanan di depan kaki kiri, ujung kaki kanan mengarah ke sasaran yang diinginkan. Titik berat badan di kedua kaki. Ayunan raket relatif pendek hanya didorong peralihan berat badan dari kai belakang ke depan.

6.    Pengembalian service

Teknik pengembalian servis, sangat penting dikuasai dengan benar oleh setiap pemain bulutangkis. Arahkan kok ke daerah sisi kanan dan kiri lapangan lawan atau   ke sudut depan atau belakang lapangan lawan.

7.   Underhand

Saat memukul kok, gunakan tenaga kekuatan siku dan pergelangan tangan, hingga gerakan lanjut dari pukulan ini berakhir di atas bahu kiri. Perhatikan, agar telapak kaki kanan tetap kontak dengan lantai sambil menjangkau kok ada dua jenis yaitu clear underhand dan flick underhand.

8.   Overhead clear/ lob

Pegangan forehand, pegang raket pada posisinya disamping bahu. Posisi kaki kanan di belakang kaki kiri, saat memukul terjadi perpindahan beban badan. Posisi badan dibelakang bola. Bola dipukul seperti gerakan melempar. Saat perkenaan tangan harus lurus. Lecutkan pergelangan saat terkena bola.
 
9.   Smash

Yaitu pukulan overhead (atas) yang diarahkan ke bawah dan dilakukan dengan tenaga penuh. Pukulan ini identik sebagai pukulan menyerang. Karena itu tujuan   utamanya untuk mematikan lawan.

10.   Dropshot ( pukulan potong )

Adalah pukulan yang dilakukan seperti smes. Perbedaannya pada posisi raket saat perkenaan dengan kok. Bola dipukul dengan dorongan dan sentuhan yang halus. Dropshot (pukulan potong) yang baik adalah apabila jatuhnya bola dekat dengan net dan tidak melewati garis ganda.

11.   Netting

 Adalah pukulan yang dilakukan dekat net, diarahkan sedekat mungkin ke net, dipukul dengan sentuhan tenaga halus sekali. Pukulan netting yang baik yaitu apabila bolanya dipukul halus dan melintir tipis dekat sekali dengan net.


Cara Melatih Teknik Dasar Permainan Bulu tangkis

Pegangan raket : siswa dilatih membiasakan diri memegang raket dengan benar dan luwes tetapi bertenaga. Melakukan gerakan kearah kanan dan kiri menggunakan tenaga pergelangan tangan. Gerakan pergelangan tangan ke atas dan bawah, memukul kok ke tembok.

Footwork : latih dengan gerakan kaki cepat ke kanan dan kiri, depan belakang.

Sikap dan posisi tubuh : posisikan tubuh dengan sempurna dan bergerak leluasa.

Hitting Position : dari tengah ke depan sebagai langkah dasar hanya dua langkah dimulai dengan kaki kiri kemudian kaki kanan. Dari tengah ke belakang dan dari depan ke belakang.

Service : menggunakan kok yang dilakukan dengan sejumlah kok  secara berulang – ulang. Berlatih dengan tekun agar dapat melakukan gerakan ini sampai dapat menguasai gerakan dan ketrampilan service dengan utuh baik dan sempurna.

Pengembalian service : biasakan latihan dengan mengarahkan kok ke sisi kanan dan kiri lapangan lawan ke sudut depan atau belakang lapangan lawan. Psinsipnya penempatan kok yang tepat, lawan akan bergerak untk memukul kkok sehingga ia terpaksa meninggalkan posisi strategisnya.

Underhand : cara yang efektif untuk menguasai teknik dasar ini adalah mencitakan suasana berlatih bersama tim dengan memukul kok yang diarahkan relative jauh dari jangkauan, berlatihlah dengan tekun dan selalu mengevaluasi sendiri kesalahan yang dilakukan agar tidak dulangi lagi. Untuk pemula dengan lemparan banyak bola dan untuk koordinasi dengan langkahkan kaki kanan.

Overhead clear/ lob : untuk pemula pertama – tama latihan dengan cara mengumpan dengan lemparan bbola agar timing memukul bisa diperoleh. Untuk alat bantu guna membiasakan gerakan dan memperoleh timing memukul yang pas, gunakan gantungan kok yang bisa diatur ketinggiannya.

Smash : latihan fleksibilitas yang diikuti kekuatan. Denggan service atas kemudian dismash.

Dropshot : berlatih gerak tipu.

Netting : berlatih melakukan netting dengan pukulan paling renddah mendekati limit net.


Lapangan Bulu tangkis

Ukuran lapangan Bulutangkis standar Internasional

Ukuran Lapangan Bulutangkis untuk Partai Ganda


Lapangan Bulutangkis untuk Partai Ganda

 Panjang ukuran lapangan bulu tangkis standar internasional: 13,40 meter
  • Lebar ukuran lapangan bulu tangkis standar internasional: 6,10 meter
  • Luas ukuran lapangan bulu tangkis: 81,74 m2
  • Ukuran tinggi tiang net: 1,55 meter
  • Ukuran tinggi atas net: 1,52 meter
  • Ukuran dari jarak net hingga garis service: 1,98 meter
  • Ukuran jarak dari garis service hingga ke bagian sisi lapangan luar: 4,72 meter 

Ukuran Lapangan Bulutangkis untuk Partai Tunggal

  • Panjang ukuran lapangan bulu tangkis standar internasional: 11,88 meter
  • Lebar ukuran lapangan bulu tangkis standar internasional: 5,18 meter
  • Luas ukuran lapangan bulu tangkis standar internasional: 61,5384 m2
  • Ukuran tinggi tiang net: 1,55 meter
  • Ukuran tinggi atas net: 1,52 meter
  • Ukuran dari jarak net hingga garis service: 1,98 meter
  • Ukuran jarak dari garis service hingga ke bagian sisi lapangan luar: 3,96 meter
                                
Area Permainan
Sarana Prasarana Olahraga Bulu tangkis

Lapangan

Lapangan bulu tangkis berbentuk persegi panjang dan mempunyai ukuran seperti terlihat pada gambar halaman 10. Garis-garis yang ada mempunyai ketebalan 40 mm dan harus berwarna kontras terhadap warna lapangan. Warna yang disarankan untuk garis adalah putih atau kuning. Permukaan lapangan disarankan terbuat dari kayu atau bahan sintetis yg lunak. Permukaan lapangan yang terbuat dari beton atau bahan sintetik yang keras sangat tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan cedera pada pemain.

Net dan Tiang

Net terbuat dari tali halus dan berwarna gelap, lubang-lubangnya berjarak antara 15 mm. Panjang net sebaiknya sesuai dengan lebar lapangan yaitu 6,10 meter dan lebarnya 76 cm, dengan bagian atasnya mempunyai pinggiran pita putih selebar 7,5 cm. Tiang net ditancapkan tepat pada titik tengah ujung garis samping  lapangan. Untuk ganda tinggi tiang 155 cm. Bagian paling atas net di bagian tengah berjarak 1,524 meter dari permukaan lantai dan pinggiran lapangan berjarak 1,55 meter di atas garis tepi permainan ganda.

Kok

Kok adalah bola yang digunakan dalam olahraga bulu tangkis, terbuat dari rangkaian bulu angsa yang disusun membentuk kerucut terbuka, dengan pangkal berbentuk setengah bola yang terbuat dari gabus. Dalam latihan atau pertandingan tidak resmi digunakan juga kok dari plastik. Berat kok kira-kira 5,67 gram.

Raket

Secara tradisional raket dibuat dari kayu. Kemudian aluminium atau logam ringan lainnya menjadi bahan yang dipilih. Kini, hampir semua raket bulu tangkis profesional berkomposisikan komposit serat karbon (plastik bertulang grafit). Serat karbon memiliki kekuatan hebat terhadap perbandingan berat, kaku, dan memberi perpindahan energi kinetik yang hebat. Namun, sejumlah model rendahan masih menggunakan baja atau aluminium untuk sebagian atau keseluruhan raket. Panjang raket 67,95 cm, kepala raket mempunyai panjang 29,21 cm, lebar 22,86 cm.

Senar

Mungkin salah satu dari bagian yang paling diperhatikan dalam bulu tangkis adalah senar nya. Jenis senar berbeda memiliki ciri-ciri tanggap berlainan. Keawetan secara umum bervariasi dengan kinerja. Kebanyakan senar berketebalan 21 ukuran dan diuntai dengan ketegangan 18 sampai 30+ lb. Kesukaan pribadi sang pemain memainkan peran yang kuat dalam seleksi senar.


Sepatu

Karena percepatan sepanjang lapangan sangatlah penting, para pemain membutuhkan pegangan dengan lantai yang maksimal pada setiap saat. Sepatu bulu tangkis membutuhkan sol karet untuk cengkraman yang baik, dinding sisi yang bertulang agar tahan lama selama tarik-menarik, dan teknologi penyebaran goncangan untuk melompat, bulu tangkis mengakibatkan agak banyak stres (ketegangan) pada lutut dan pergelangan kaki.




72 komentar:

Unknown mengatakan...

informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih
useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
jelly gamat gold g |
obat maag kronis

Unknown mengatakan...

informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih
useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
jelly gamat gold g

Unknown mengatakan...

informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih
useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
Obat maag kronis

Unknown mengatakan...

wow

Unknown mengatakan...

informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih
useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
Obat Penyakit Maag
http://obatpenyakitmaag.net/

Unknown mengatakan...

Terima kasih :)

purnama mengatakan...

terimakasih banyak informasinya gan
www.volimaniak.com

Afnner6 mengatakan...

izin copy paste ya :) untuk tugas sekolah okay ?

Unknown mengatakan...

izin copas buat tugas

Unknown mengatakan...

info yg menarik ada di http://indraraga.blogspot.com/

Unknown mengatakan...

info yg menarik ada di http://indraraga.blogspot.com/

Unknown mengatakan...

.

Unknown mengatakan...

infonya sangat bermanfaat :D
kunjungi juga website juga guys www.smartkiosku.com

Ndah mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ndah mengatakan...

wah mantab nih, lengkap banget. Makasih ya

http://al-taqwa.sch.id/

Unknown mengatakan...

kok gbsa di copas sh

Unknown mengatakan...

Lengkap banget buat makalah makasih membantu banget artikelnya. Badminton

Unknown mengatakan...

mantap gan

Unknown mengatakan...

KOK GK BISA DI COPAS YA? DI BLOK AJA GK BISA

Unknown mengatakan...

KOK GK BISA DI COPAS YA? DI BLOK AJA GK BISA

Unknown mengatakan...

Artikel Olahraga

Unknown mengatakan...

Cara Hack Sakong
Cara Hack Sakong Online
Trik Hack Sakong
Tips Cara Hack Sakong
Cara Hack Samgong

Cara Menang BandarQ
Cara Cara Curang BandarQ

Unknown mengatakan...

Mari kunjungi segera artikel yang berisi info judi di Agen Pusat Samgong iniDomino

InTips mengatakan...

olah raga bulu tangkis indonesia cukup berprestasi di tingkat internasional, namun sepertinya regenerasinya kurang berhasil, terutama di sektor puteri.
dribbling dalam bola basket

ANGGAQQ mengatakan...

Selamat Malam Admin :)
Saya numpang lapak untuk promosikan website ini ya :)

SmsQQ situs ini sudah di akuin di Indonesia
CS yang bekerja sudah Berpengalaman dan Sopan .
Pelayanan (Cepat,Tepat,Akurat) yang akan di berikan kepada Anda selama 24 Jam NonStop
SmsQQ juga menawarkan sejumlah bonus yang berupa:
Bonus TO sebesar 0.3 % , yang akan di bagikan setiap harinya ya :)
Bonus Refferal sebesar 20 %, yang berlaku untuk Seumur HidupMu :)
Proses Wd & Depo Tidak ada kata lama & Tidak ada Pemotongan 0.01 % Pun.
Minimal Wd Rp.20000
Minimal Depo Rp.10000
1 ID untuk 4 Game: DominoQQ,BandarQ,Poker,Bandar Poker

Dalam Permainan Anda Tidak Ada Campur Tangan Admin & Robot
Pendaftaran Gratis dan Mudah
Segera Daftarkan ID anda Sekarang juga dan Coba Keberuntunganmu Disini !!!

Unknown mengatakan...

Selamat datang di www.QQBendera.com

Nikmati berbagai keuntungan bermain di BenderaQQ.
? Bonus Referral 20% Seumur Hidup!!
? Minimal Deposit hanya Rp.15.000,-
? Minimal Withdraw Rp.15000,-
? Menyediakan 7 Game ( Bandar Q, Bandar Poker, Adu Q, Domino QQ, Poker, Capsa Susun, Samgong(NEW) )
? BONUS TurnOver/Cashback 0.5% Setiap Minggu dibagikan pada Hari Rabu dan Sabtu
? Support Bank Lokal Indonesia Terpercaya ( BCA, BNI, BRI, Mandiri)
? Pelayanan dari CS (Customer Service) Ramah, dan Profesional 24jam/7hari
contact us:
PIN BBM D1CD3A22
line: BenderaQQ
Whatapp :+85515590751.

Inti Cheft mengatakan...

Situs game online terbaik di indonesia.
Rasakan sensasi permainan 100% Player Vs Player dengan minimal Deposit / Withdraw sebesar Rp.25.000.

Bonus luar biasa yang kami hadirkan berupa :

* Bonus Referral 20%.

Ajak teman-teman anda bermain bersama anda di AcePoker99.com, potongan meja kemenangan teman
anda akan kami kali sebanyak 20% dan akan di bagikan secara otomatis tanpa di claim.

* Bonus Double Cashback

Kumpulkan Turnover mu sebanyak - banyak nya dalam 1 minggu, kami akan membagikan bonus turnover kepada
anda yang berhasil mengumpulkan minimal 1 juta Turnover, semakin banyak turnover yang kalian raih,semakin banyak juga bonus yang kalian dapatkan.

AcePoker99.com juga menyediakan 7 Games dalam 1 User ID:
- Poker Online
- Domino QQ
- Bandar Q
- Bandar Poker
- Capsa Susun
- Adu Q
- Sakong Online

Dibantu dengan 5 bank local aktif untuk mempermudah transaksi :

BCA, BNI (24JAM), BRI(24JAM),MANDIRI(24JAM), DANAMON (24JAM)

Ayo !! Buruan gabung bersama kami di Pokerace99 Agen Judi Poker Online Terpercaya di Indonesia
Dan rasakan sensasi bermain bersama kami !

Link untuk daftar >> http://www.acepoker99.net/Register.aspx?lang=id

BBM : D8986EBB
WECHAT : AcePkr
WHATSAPP : +85587698009

Unknown mengatakan...

https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=541211399561629&id=536221276727308

Unknown mengatakan...

Selamat datang di www.QQBendera.com

Nikmati berbagai keuntungan bermain di BenderaQQ.
? Bonus Referral 20% Seumur Hidup!!!
? Menang Berapapun Pasti DIBAYAR !!!
? Minimal Deposit hanya Rp.15.000,-
? Minimal Withdraw Rp.15000,-
? Menyediakan 7 Game ( Bandar Q, Bandar Poker, Adu Q, Domino QQ, Poker, Capsa Susun, Samgong(NEW) )
? BONUS TurnOver/Cashback 0.5% Setiap Minggu dibagikan pada Hari Rabu dan Sabtu
? Support Bank Lokal Indonesia Terpercaya ( BCA, BNI, BRI, Mandiri)
? Pelayanan dari CS (Customer Service) Ramah, dan Profesional 24jam/7hari
? Deposit dan withdraw prosesnya secepat kilat.
contact us:
PIN BBM D1CD3A22
line: BenderaQQ
Whatapp :+85515590751

winnie mengatakan...

LIVECASINO338 Situs Live Casino Terpercaya Seindonesia.. Menyediakan 5 Permainan Dalam 1 User ID
BACCARAT ☆ ROULETTE ☆ SIC BO ☆ DRAGON TIGER ☆ SLOT GAME !!!

- Minimal Deposit Rp. 25.000, Withdraw Rp. 50.000
- Dilayani CS Ramah & Sopan 24 Jam Nonstop
- Live Dealer Cantik & Seksi.

HOT PROMO TERBESAR :
- Bonus Rollingan 0,8%
- Bonus Referal 3% [SEUMUR HIDUP!!!]

SILAHKAN DAFTARKAN DIRI ANDA DI : https://goo.gl/CTZbGJ

untuk informasi lebih lengkap silahkan hubungi Customer service kami:
Phone Number : +855 965922558
PIN BBM : 2AD88032
Yahoo Mail : cs_livecasino338
Wechat : +855965922558

#livecasino #casinoonline #bettingonline #rubyqq #casinoonlineterpercaya #situsonlinecasino #deposit #cashback #medan #indonesia #gamesonline #2AD88032

Unknown mengatakan...

Livecasino338
Mengucapkan Selamat Natal dan Tahun Baru 2017-2018
Dihari Natal dan Tahun Baru kali ini
LIVECASINO338
Memberikan Bonus Special

Promo Terbesar yang disediakan :
~Bonus Deposit Sebesar 10%
~ Bonus Rollingan Casino 1% (all product)
~ Bonus Referral 3% Seumur Hidup

1 User id Untuk Semua permainan
Berikut Untuk permainannya :
Terdapat 6 Produk Casino :
~ Baccarat
~ Roulette
~ Sicbo
~ Dragon Tiger
~ Slot Game
~ Sabung Ayam

Contact US
WA : +855965922558
BBM : 2AD88032
NO HP : +855965922558
LIVECHAT : www.livechat338.com
Register : http://livecasino3381.pkr69.com

Unknown mengatakan...

Ayo Bergabung dengan kami WBOPOKER Situs poker online terpercaya dan teraman
se Indonesia
Link Akses : WWW.WBOPOKER.COM ( Hapus koma dan Ganti Titik )

- Minimal Deposit Hanya Rp. 10.000
- Minimal Withdraw Hanya Rp . 20.000
- BANK SUPPORT ( BNI - BCA - BRI - MANDIRI )
- BONUS NEW MEMBBER DEPOSIT Rp.25.000 DAPAT BONUS Rp.10.000
- BONUS NEXT DEPOSIT 5 %
- BONUS CASHBACK / ROLLINGAN 0,5 % ( SETIAP HARI SENIN )

- WBOPOKER Juga Menyediakan 6 Game Seperti
1.POKER
2.DOMINO
3.CEME
4.CAPSA
5.LIVE POKER
6.CEME KELILING

TUNGGU APA LAGI MARI BERGABUNG DI WBOPOKER
KUNJUNGI SEGERA DI :
WWW.WBOPOKER.COM

Segera daftar diri anda dan rasakan JACKPOT NYA Bersama kami WBOPOKER
(Agen Judi Poker & Domino Terpercaya )
Kenyamanan Bossku Adalah kebanggaan prioritas utama WBOPOKER

Unknown mengatakan...


Bingung nyari situs [Judi Bola, Live Casino] yang pasti Bayar ?
Agenball kini hadir bersama anda semua..
Dengan minimal (Depo/Wd) 50rb & Proses(Depo/Wd)TERCEPAT
Langsung saja kunjungi segera website resmi kami di www.agenball.com


Tersedia bermacam games yang bisa di mainkan !!
Berikut games yang telah di sediakan AgenBall :
* Sportbook ( AFB88, SBO, IBC )
* Casino (Calibet,CBO855 & GD88)
* Togel isin4d
* Tangkas
* Sabung Ayam
* Pokerku
Yuk segera gabung bersama kami di Agenball,
Pendaftaran Gratis, proses depo & wd tercepat
Langsung saja gabung, dan dapatkan bonus menarik dari kami :
* Bonus New Member 20% (sportbook)
* Bonus Next Deposit 5% - 10% (sportbook)
* Bonus Cashback 10% (sportbook)
* Bonus Cashback 10% (tangkas)
* Bonus Referensi 2% Seumur Hidup (sportbook)
* Bonus Rollingan Casino 1%
* Bonus Turnover Poker 0,5%


Tertarik untuk mencoba? Info Lebih lanjut?
Silahkan hubungi kami di :
.PIN BBM : AgenBall
.LINE : AgenBall
.WHATSAPP : +6285-888-188-189


Agen Judi Online
Casino online
Togel online
Bandar bola
Poker online indonesia
Poker online
Poker online terpercaya
bandar ceme terbaik
gampang cari duit
link alternatif agenball
link alternatif boskiukiu
Info Bola Terbaru
rumahsitusonline

CeritaBola mengatakan...

Telkombet228 adalah Situs Agen Betting Bola dan Togel Online yang sudah terpercaya di Indonesia .

Keunggulan bermain di Telkombet228 adalah :
1. Proses kurang dari 1 menit
2. Cs yang sangat prefesional dan ramah yang siap melayani anda kapan pun yang selalu 24 jam melayani anda .
3. Bonus Cashback sebesar 0,5%
4. Bonus Referal sebesar 0,1% Seumur Hidup loh :)
5. Minimal Deposi dan Withdraw hanya 25Ribu
6. Semua Bank Online 24 Jam
7. Masih banyak Bonus-Bonus yang tersedia dan menarik lain nya seperti jackpot hingga Jutaan Rupiah lain nya menanti anda

Hubungi Kami Melalui :
LINE : Bandar.asia
WHATSAPP : +855 96 843 1912

Link Untuk Daftar : Mentari228.com

" Kami Memberi Bukti Bukan Hanya Sekedar Janji Ya Silahkan Daftar Sekarang Tunggu Apa Lagi "

Dave Thames mengatakan...

Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

Unknown mengatakan...

memang bulu tangkis itu olah raga kebanggaan indonesia

POKERWAW
BANDAR POKER
CARA DAFTAR POKER ONLINE
CARA DAFTAR POKER ONLINE INDONESIA
MENERIMA DEPOSIT PULSA
BONUS MEMBER BARU 30%
WOW KEREN

Hubungi kami melalui cara di bawah ini
BBM : POKERWAW
WhatsApp : (+855)715381888
LINE : POKERWAW
LIVECHAT POKERWAW

hahaha mengatakan...

Bisa Main Dari HP !!
Support IOS & ANDROID
7 Games Dalam 1 User_ID
Menangkan Jackpot Harian S/d Puluhan Juta
Jackpot Global Ratusan Juta
Minimal Deposit Sangat Terjangkau !!
Rp 10,000
hanya di s1288poker
(WA : 08122221680)

pricillia mengatakan...


Hallo sayang,
lagi ada yang viral nih, yuk di lihat dulu, siapa tau pengen
mycutegirlfriend.com
https://temanhot.club/

Unknown mengatakan...

Mau tau skor update terkini pertandingan sepakbola silahkan kunjungi website kami di lihatbola.asia

PendekarJudi mengatakan...

Hi boss boss,perkenalkan, Kami adalah betting house untuk sportsbook dan Livecasino.
#pendekarjudi.com# Kenapa memilih kami :
-Terpercaya se-indonesia.
-Bandar bola dengan predikat superior master sejak tahun 2008
-Melakukan proses Depo/Withdraw tercepat.
-disuport langsung dengan beberapa bank lokal terpercaya.
-cashback yang jelas dan pasti di bagikan
-bonus rolingan yang sangat jelas no tipu tipu
-Customer loyalty program dengan banyak sekali hadiah menanti anda para customer setia kami.

So.....segera hub customer service 24 jam kami,
kami siap melayani anda tamu2 Vip kami...... =)

pendekarjudi.com

dengan CS terbaik 24 jam
BBM: PEJU88
Line:PEJU88
WA: +62858-3055-8888
Livechat : pendekarjudi.com

Unknow mengatakan...

boyapoker99.com
http://www.agensgp45.com/
pasarsgp.com
nobarsbobet.com
http://www.agenligachampion.com/

MyDrakor mengatakan...

JANGAN SAMPAI KETINGGALAN, MYDRAKOR TERBARU DAN TERBAIK, NONTON FILM DRAMA KOREA MENJADI LEBIH MUDAH DAN CEPAT. MYDRAKOR menonton film drama korea di smartphone menjadi lebih mudah, banyak film drama korea terbaru, cukup Download aplikasi MYDRAKOR di GooglePlay gratis

https://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main

https://www.inflixer.com/

Angel Tan mengatakan...

Untuk jadwal lengkap dan Informasi lainnya seputar ajang sepak bola Eropa ini, anda bisa langsung cek disitus kami Agen Bola Online Euro 2020

Klaim bonus terbaru Agen BOlavita sekarang juga !
- Bonus Deposit Pertama Member Baru IDR 500.000,-
- Bonus Cashback s.d 10% Setiap Minggu (Bonus tanpa batas)
- Bonus Referral 7% + 2% (Seumur Hidup)

Hubungi Customer Service kami yang gertugas 24 Jam Online Setiap Hari:
WA : +62812-2222-995
Telegram : @bolavitacc
Wechat : Bolavita
Line : cs_bolavita

Informasi Lainnya Klik Salah Satu dibawah :
https://medium.com/@bvmaniak/taruhan-sabung-ayam-online-menggunakan-linkaja-8c7fdaa0b3f7
Taruhan Sabung Ayam Online Menggunakan LinkAja

Joker Gaming mengatakan...

artikelnya bagus dan bermanfaat untuk menambah pengetahuan. Baca juga artikel ini Berita Bola Terbaru

clara wijaya mengatakan...

Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
Kesempatan Menang Lebih Besar,
|| WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

Hakim Garis mengatakan...

Olahraga kebanggaan Indonesia

Hakim Garis

Joker Gaming mengatakan...

artikelnya bagus dan bermanfaat untuk menambah pengetahuan. Baca juga artikel ini Berita Bola Terbaru

Cermin Dunia mengatakan...

SITUS JUDI CASINO ONLINE

Slot Vava mengatakan...

Situs Betting Online Terpopuler Dan Terpercaya
SLOTVAVA mewakili situs agen judi online terbaik di indonesia
yang menyediakan berbagai jenis permainan seperti :
Sabung Ayam - SLOT - Tembak Ikan - Taruhan Bola - Live Casino - Classic Casino - Sexy Slot - Poker Online
Hanya dengan 1 user ID sudah dapat bermain semua permainan di dalamnya
minimal deposite Rp, 25.000
minimal withdraw Rp, 50,000
Kalian akan mendapatkan berbagai jenis promo kami seperti :
- Bonus new member 50%
- Bonus deposite 10%
- Bonus cashback mingguan 10%
- Rollingan casino mingguan 0.8% up to 1%
- Bonus Refferensi 5%

Ayo segera bergabung bersama kami :)
Dapatkan hadiah menarik di dalamnya
Hubungi :
* whatsapp : +85511430001
* Line : Slot707
* Livechat : https://shor.by/RlKH

ARTIKEL SLOT
ARTIKEL POKER
DAFTAR SLOT
DAFTAR POKER
DAFTAR CASINO

#agenplaytech #gameplay #joker123 #opusgaming #agencasinoterbaik #Toptrendgaming #sagaming #slotmachine

SLOTVAVA.NET (Breaking News) mengatakan...

SITUS AGEN BETTING ONLINE TERPOPULER DAN TERPERCAYA
YUK SEGERA BERGABUNG BERSAMA KAMI DAN DAPATKAN BONUS WELCOME DEPOSITE 50% HANYA DENGAN MINIMAL DEPOSITE TERENDAH
TUNGGU APALAGI ?
DAFTAR SEKARANG JUGA

AGEN SLOT
AGEN POKER
DAFTAR SLOT
ARTIKEL SLOT
INFO ARTIKEL SLOT
BONUS SLOT
AGEN GETKINGKONG
AGEN TEMBAK IKAN JOKER123
AGEN SLOT SUPREME CAISHEN
KINGKONG VIP123
SLOT KINGKONG VIP123
SLOT VAVA
SLOT SEXY ACE333
DAFTAR POKER
BANDAR SUPERTEN
AGEN SUPERTEN
AGEN PAIQIU
AGEN CEME KELILING
AGEN SUPER10
AGEN POKER ONLINE TERPOPULER
AGEN TEXASPOKER IDNPLAY
MABAR99
MABARQQ
AGEN SUPER10
BANDAR PAIQIU
BANDAR DOMINOQQ IDNPLAY
AGEN SUPER10
IDNPLAY

brey mengatakan...

Terima kasih sudah mengizinkan saya untuk berkomentar disini, artikel anda sangat bagus sekali. izinkan kami untuk menshare nya ke web kami di Pembesaran penis
atas izinnya kami haturkan terima kasi, semoga situs anda dan kami semakin maju dan berada di peringkat pertama google.
joss

Obat mengatakan...

Terima kasih sudah mengizinkan saya untuk berkomentar disini, artikel anda sangat bagus sekali. izinkan kami untuk menshare nya ke web kami di Misoprostol
atas izinnya kami haturkan terima kasi, semoga situs anda dan kami semakin maju dan berada di peringkat pertama google.

Andrea mengatakan...

NONTON BOKEP

BOKEP INDO

BOKEP JEPANG

BOKEP ASIA

BOKEP KOREA

BOKEP BARAT

CERITA SEX

tabrakbemo mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

Situs Bokep Terlengkap dan Terbaru 2020

-Bokep Indonesia
-Bokep Barat
-Bokep Jepang
-Photo Model Bugil

Jangan lupa share kalau kalian suka :D

NontonBokep mengatakan...

Layarcinemaxx1 Adalah Website Nonton Film Online terbaik dari berbagai genre dan negara, diantaranya ada Film: Drakor, Action, Mystery, Horor, Hollywood, Bollywood dan masih banyak lagi.. Klik Linknya disini ya ^_^ >> NONTON FILM

DRAKOR

BOLLYWOOD

DRAMA BARAT

ANIME

ACTION

Anonim mengatakan...

Situs Nonton Film Terlengkap LayarCinemaXX1
-Film Action
-Drakor 2020
-Film Horror

Doyan Main mengatakan...

Cari Agen Sbobet Terpercaya atau Cari Agen Sabung Ayam Terpercaya??
Ngak perlu jauh jauh mari gabung bersama kami di Winning303

Dapatkan beragam bonus menarik untuk permainan diantaranya :
Bonus New Member Slot 15%
Bonus New Member Poker 10%
Bonus New Member Sabung Ayam 10%
Bonus New Member Sportsbook & Live Casino 20%
Bonus Deposit 10% Setiap Hari
Bonus Deposit 10% Slot Setiap Hari
Bonus Deposit Sabung Ayam 5%
Bonus Cashback 5-10%
Bonus 100% 7x Kemenangan Beruntun Sabung Ayam
Diskon Togel Hingga 65%
Bonus Rollingan Slot 1%
Bonus Rollingan Poker dan Live Casino 0.5%

Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
- Live Casino
- Poker
- Slot Online
- Lottery/Togel

Hubungi kami Sekarang Juga :
WA: +6287785425244

Karolinax mengatakan...

garen ct
urgot ct
fiora ct
irelia ct
sett ct

tinaangelina mengatakan...

LOLIPOKER agen judi online terbaik yang memberikan pelayanan terbaik dan SERVER yang berkualitas tanpa adanya ADMIN/ROBOT yang ikut bermain.

Proses Deposit maupun Tarikdana super cepat dan semua BANK kami ONLINE 24 jam.



Di LOLIpoker Anda bisa bermain 8 Jenis Games kartu cukup hanya dengan 1 akun saja.

1. POKER

2. BANDAR CEME

3. CEME KELILING

4. SUPERTEN

5. OMAHA

6. CAPSA SUSUN

7. BLACKJACK

8. DOMINO 99



Di Lolipoker juga tersedia berbagai promo seperti:

1. Bonus Newmember sebesar 10% UPTO 200.000
2. Bonus Harian sebesar 5% UPTO 500.000
3. Bonus cashback sebesar 0.5% yang dibagikan setiap hari kamis
4. Bonus Referral sebesar 20% dari mengajak Teman bermain
5. Bonus Jackpot dengan total hadiah mencapai ratusan juta rupiah di game POKER, CEME, DOMINO 99, CAPSA SUSUN, CEME KELILING


YUK GAN, SEGERA DAFTAR KAN DIRI ANDA SEKARANG JUGA DISITUS KAMI

Anonim mengatakan...

link Nonton Terbaru 2020 http://layarcinemaxx1.com/

Bokep 2020 mengatakan...

Kumpulan Bokep Terupdate Terbaru 2020 BOKEPJAV.ONLINE
NONTON VIDIO BOKEP TERBARU

BOKEP HARDCORE



BOKEP INDO JILBAB



BOKEP BARAT 18+



BOKEP INDO



BOKEP JEPANG

Unknown mengatakan...

Join yuk di chanelku yang seger...
banyak film terbaru yang memanjakan mata loh...

STREAMING NONTON BOKEP GRATIS ..!!
Kumpulan BOKEP Terlengkap Terbaru Terpopuler & Ter-Update By SUKABOKEP

SUKABOKEP

BOKEP INDO NGENTOT ASIK

BOKEP BARAT NGENTOT MANTAP

BOKEP JEPANG NGENTOT NIKMAT

BOKEP KOREA NGENTOT PUAS

FILM SEMI NGENTOT SERU

SKANDAL ARTIS, MODEL, SELEBGRAM TERBARU 2020

BLITZCINEMA21

Unknown mengatakan...

Buat Kalian Pecinta Film Panas
Join Yuk Di chanelku
Banyak Film Terbaru yang memanjakan mata loh...

STREAMING NONTON BOKEP GRATIS ..!!
Kumpulan BOKEP Terlengkap Terbaru Terpopuler & Ter-Update By SUKABOKEP

SUKABOKEP

BOKEP INDO NGENTOT ASIK

BOKEP BARAT NGENTOT MANTAP

BOKEP JEPANG NGENTOT NIKMAT

BOKEP KOREA NGENTOT PUAS

FILM SEMI NGENTOT SERU

SKANDAL ARTIS, MODEL, SELEBGRAM TERBARU 2020

BLITZCINEMA21

Buruan Cek di SUKABOKEP
Dan Rasakan Sendiri Sensasi Panasnya

sukacrot.club mengatakan...

Nonton BOKEP Gratis 2021 Tanpa Pulsa, Tanpa Kuota & Tanpa Iklan !!
Film Yang Kami Sajikan dilengkapi Dengan Fitur GRATIS DOWNLOAD

Silahkan Menikmati Sajian Terbaik Dari Kami Untuk Kalian Para Penikmat Film Terbaik;

1. INDO

2. JEPANG

3. BARAT

4. ASIA

5. KOREA

6. HENTAI

7. SEMI

Saniya mengatakan...

Rh typing uses a method similar to Comment connaître son groupe sanguin typography.

NontonBokep mengatakan...

BOKEP INDO

 

BOKEP BARAT

 

BOKEP ASIA

 

BOKEP JEPANG

 

NONTON BOKEP

kezia168 mengatakan...

BOKEP JEPANG TERLENGKAP MUKASANGE.XYZ




BOKEP JEPANG 2021 TERLENGKAP >>KLIK DISINI<<


BOKEP BARAT 2021 TERLENGKAP >>KLIK DISINI<<

BOKEP INDONESIA 2021 TERLENGKAP >>KLIK DISINI<<


BOKEP KOREA 2021 TERLENGKAP >>KLIK DISINI<<


SITUS NONTON FILM

BSM Kontainer Jakarta mengatakan...

CV Bahagia Sukses Makmur bergerak dibidang jasa konstruksi pembangunan waterpark,kolam renang,kolam ombak,olympic pool,semi oliympic,pembuatan fiberglass dll

Dapatkan penawaran menarik untuk pembuatan konsep kolam renang kontainer ini

Chat admin di No Hp/wa:
085100463227/081316140397/081807000899

https://containerpooljakarta.blogspot.com/

Janek mengatakan...

Zapraszam E-TREL.PL <<< klik!
Zapraszam Sklep <<< wejdź!
Sklep internetowy <<< wejdź już teraz!
Mediator <<< więcej!

Michał Jarosz mengatakan...


Bardzo fajny sklep z lutownicami. Polskie lutownice sprzedawane i produkowane od ponad 30 lat. Dobra oferta to podstawa w naszym sklepie aby każdy Klient był ustatysfakcjonowany.
Gwarantujemy szybką wysyłkę oraz bezpieczne płatności
Lutownica transformatorowa
Lutownica transformatorowa
Lutownica transformatorowa

Slot Deposit Pulsa Tanpa Potongan mengatakan...

Daftar Situs Slot Deposit Pulsa Tanpa Potongan Terbaik di tahun 2022

Slot Online

Slot Pulsa

Slot Deposit Pulsa

Slot Pulsa Tanpa Potongan

Slot Online Pulsa

Posting Komentar