Subscribe:

Ads 468x60px

Kamis, 17 April 2014

Artikel Olahraga Senam Lantai

Artikel Olahraga Senam Lantai
Sejarah Singkat
Menurut asal kata, senam (gymnastics) berasal dari bahasa Yunani, yang artinya: "untuk menerangkan bermacam-macam gerak yang dilakukan oleh atlet-atlet yang telanjang". Dalam abad Yunani kuno, senam dilakukan untuk menjaga kesehatan dan membuat pertumbuhan badan yang harmonis, dan tidak dipertandingkan. Baru pada akhir abad 19, peraturan-peraturan dalam senam mulai ditentukan dan dibuat untuk dipertandingkan. Pada awal modern Olympic Games, senam dianggap sebagai suatu demonstrasi seni daripada sebagai salah satu cabang olahraga yang teratur.
Menurut Menke G. Frank dalam Encyclopedia of Sport, as Bannes and Company, New York, 1960, senam terdiri dari gerakan-gerakan yang luas/banyak atau menyeluruh dari latihan-latihan yang dapat membangun atau membentuk otot-otot tubuh seperti : pergelangan tangan, punggung, lengan dan lain sebagainya. Senam atau latihan tersebut termasuk juga : unsur-unsur jungkir balik, lompatan, memanjat dan keseimbangan. 
Sedang Drs. Imam Hidayat dalam bukunya Penuntun Pelajaran Praktek Senam, STO Bandung, Maret 1970 menyatakan, "Senam ialah latihan tubuh yang diciptakan dengan sengaja, disusun secara sistematik dan dilakukan secara sadar dengan tujuan membentuk dan mengembangkan pribadi secara harmonis". 
Olahraga senam sendiri ada bermacam-macam, seperti : senam kuno, senam sekolah, senam alat, senam korektif, senam irama, turnen, senam artistik. Secara umum senam memang demikian adanya, dari tahun ke tahun mengalami penyempurnaan dan semakin berkembang. Yang dulunya tidak untuk dipertandingkan, namun sejak akhir abad 19 mulai dipertandingkan. Dibentuklah wadah senam internasional, dengan nama Federation International de Gymnastique (FIG), yang mengelola antara lain : 
1. Senam Artistik (Artistic Gymnastics).
2. Senam Ritmik (Modern Rhytmic).
Senam Artistik serta perkembangannya di Indonesia
Lahirnya senam artistik di Indonesia yaitu pada saat menjelang pesta olahraga Ganefo I di Jakarta pada tahun 1963, yang mana setiap artistik merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan, untuk ini perlu dibentuk suatu organisasi yang berfungsi menyiapkan para pesenamnya. Organisasi ini dibentuk pada tanggal 14 Juli 1963 dengan nama PERSANI (Persatuan Senam Indonesia), atas prakarsa dari tokoh-tokoh olahraga se-Indonesia yang menangani dan mempunyai keahlian pada cabang olahraga senam. Promotornya dapat diketengahkan tokoh-tokoh dari daerah seperti : Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara. Wadah inilah kemudian telah membina dan menghasilkan atlet-atlet senam yang dapat ditampilkan dalam Ganefo I dan untuk pertama kalinya pula pesenam-pesenam Indonesia menghadapi pertandingan Internasional. Kegiatan selanjutnya adalah mengikut sertakan tim senam dalam rangka Konferensi Asia Afrika I dan dalam Ganefo Asia, dimana untuk mempersiapkan atlet-atlet Indonesia ini dipanggil pelatih-pelatih senam dari RRC, maka dengan demikian Indonesia mengalami kemajuan dalam prestasi olahraga senam. Tetapi sangat disayangkan bahwa harapan yang mulai tumbuh harus berhenti sementara oleh karena suasana politik yaitu saat meletusnya G 30 S/PKI, sehingga pelatih-pelatih dari RRC harus dikembalikan ke negaranya. 
Usaha untuk mengejar ketinggalan ini maka pada tahun 1967 dikirim seorang pelatih Indonesia yaitu : Sdr. T. J. Purba ke Jerman Timur untuk sekolah khusus pelatih senam artistik selama 26 bulan. Kemudian sebagai titik tolak yang kedua adalah dimasukkannya cabang olahraga senam artistik yang pertama kalinya dalam Pekan Olahraga Nasional (PON VII/1969) di Surabaya, dan kemudian untuk seterusnya dimasukkan dalam setiap penyelenggaraan PON.
Pengertian Senam
Senam adalah aktivitas fisik yang dilakukan baik sebagai cabang olahraga tersendiri maupun sebagai latihan untuk cabang olahraga lainnya.Berlainan dengan cabang olahraga lain umumnya yang mengukur hasil aktivitasnya pada obyek tertentu, senam mengacu pada bentuk gerak yang dikerjakan dengan kombinasi terpadu dan menjelma dari setiap bagian anggota tubuh dari komponen-komponen kemampuan motorik seperti : kekuatan, kecepatan, keseimbangan, kelentukan, agilitas dan ketepatan. Dengan koordinasi yang sesuai dan tata urutan gerak yang selaras akan terbentuk rangkaian gerak artistik yang menarik. 
Pada tingkat sekolah atau yunior pertandingan dapat dibatasi pada nomor-nomor tertentu, biasanya senam lantai dan kuda-kuda lompat. Pertandingan tingkat Nasional dan Internasional bagi pria terdiri dari 6 (enam) nomor yakni : senam lantai, kuda-kuda lompat, kuda-kuda pelana, palang sejajar, palang tunggal, dan gelang-gelang. Sedang bagi wanita ada 4 (empat) nomor : senam lantai, kuda-kuda lompat, balok keseimbangan, dan palang bertingkat. 
Penilaian diberikan oleh 4 (empat) orang wasit yang dipimpin oelh seorang wasit kepala. Setiap peserta pertandingan harus melakukan 2 (dua) macam rangkaian pada setiap nomor atau alat, satu rangkaian wajib (yang telah ditentukan terlebih dahulu) dan satu rangkaian pilihan atau bebas masing-masing. Nilai seseorang adalah rata-rata dari dua nilai tengah dengan membuang nilai tertinggi dan nilai terendah dari 4 (empat) orang wasit. Pesenam dengan nilai akumulasi tertinggi menjadi juara ke I dalam kategori serba bisa, tertinggi kedua menjadi juara ke II dan seterusnya. 
Juara regu ditentukan dengan penjumlahan 5 (lima) nilai terbaik dari 6 (enam) anggota regu dan setiap alat. 6 (enam) peserta terbaik dari semua atlet turut dalam pertandingan final pada tiap-tiap atlet dan nilai akhir yaitu rata-rata dari rangkaian bebas/pilihan dan wajib terdahulu disatukan dengan nilai rangkaian bebas/pilihan dalam final. Nilai ini menentukan urutan pemenang tiap alat. 
Para wasit memberikan nilai pada waktu bersamaan. Nilai maksimum adalah : 10,000. Hukuman-hukuman diberikan dengan pengurangan nilai pada pelaksanaan yang salah, penguasaan yang kurang baik, dibantu orang lain, jatuh dari alat atau melampaui batas waktu. Selain itu dinilai pula faktor kesulitan gerak dan penampilan estetikanya. Besar pengurangan nilai adalah persepuluhan. Peraturan penilaian direvisi setiap 2 (dua) tahun. Semua gerakan mempunyai faktor kesulitan yaitu : A, B dan yang tersukar adalah C. Rangkaian latihan biasaya terdiri atas sikap-sikap statis yang memerlukan tenaga yang besar disambung dengan gerakan-gerakan berirama y agn sesuai. Sementara sejumlah berntuk gerak memerlukan kekuatan yang lain memerlukan mobilitas atau keterampilan. 
Senam lantai
Senam lantai pada umumnya disebut floor exercise, tetapi ada juga yang menamakan tumbling. Senam lantai adalah latihan senam yang dilakukan pada matras, unsur-unsur gerakannya terdiri dari mengguling, melompat, meloncat, berputar di udara, menumpu dengan tangan, atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang atau pada saat meloncat ke depan atau belakang. 

Jenis senam ini juga disebut latihan bebas karena pada waktu melakukan gerakan pesenam tidak mempergunakan suatu peralatan khusus. Bila pesenam membawa alat berupa bola, pita, atau alat lain, itu hanyalah alat untuk meningkatkan fungsi gerakan kelentukan, pelemasan, kekuatan, ketrampilan, dan keseimbangan.Senam lantai dilakukan di atas area seluas 12×12 m dan dikelilingi matras selebar 1 m untuk keamanan pesenam.

Rangkaian gerakan senam harus dimulai dari komposisi gerakan ringan, sedang, berat, dan akrobatik, serta mengandung gerakan ketangkasan, keseimbangan, keluwesan, dll. Pesenam pria tanpil dalam waktu 70 detik dan wanita tampil diiringi music dalam waktu 90 detik. Gerkan-gerakan yang menekankan tenaga harus dilakukan secara lambat dan sikap statis sekurang-kurangnya 2 detik. Gerakan-gerakan salto harus dikerjakan setinggi bahu.Pesenam tidak boleh menggunakan alat atau suatu benda.Senam lantai menggunakan area yang berukuran 12 x 12 meter, dan area 1 meter untuk menjaga keamanan.

Biasanya merupakan nomor pertama dalam pertandingan atas pertimbangan kesempatan bagi para pesenam untuk juga berlaku sebagai pemanasan karena gerakan-gerakannya tidak memerlukan tenaga otot yang luar biasa. Nomor ini mungkin merupakan tontonan yang paling mengasyikkan dibanding dengan alat-alat lain meskipun sebenarnya relatif berkembang paling baru. Untuk pertama kali nomor ini sebagai nomor perseorangan dalam Olympiade 1932 dan bagi wanita baru 20 tahun kemudian. 
Senam lantai sangat populer terutama bagi penyelenggaraan secara massal yang dapat diikuti oleh ribuan peserta bersama-sama. Gerakan-gerakannya dapat dikerjakan secara seragam dan membentuk formasi-formasi yagn menarik dan mengesankan. Di negeri kita sekarang sedang digalakkan apa yang disebut senam pagi Indonesia. 
Lantai pertandingan berukuran 12 m2 dalam ruang yang berukurang 14 m2 dilapisi karpet kenyal setebal 0,045 m. Pria tampil dalam waktu 70 detik dan wanita dengan diiringi musik 90 detik. Keduanya bertujuan untuk memberikan kesan kepada para wasit dengan rangkaian urutan dari berbagai lompatan, putaran, keseimbnagan dicampur dengan unsur-unsur lonjakan dan akrobatik. Gerakan-gerakan yang menekankan tenaga harus dilakukan secara lambat dan sikap statis sekurang-kurangnya 2 detik. Gerakan-gerakan salto harus dikerjakan setinggi bahu.

Peralatan Senam Artistik
Ukuran alat
1. Bentuk putera ada 6 (enam) alat :
- Floor exercise (lantai)
Ukuran 12x12 m
- Pommel horse (kuda-kuda pelana)
Panjang 1.60 m
Tinggi 1.10 m
- Rings (gelang-gelang)
Tinggi 2.55 m
Jarak 0.50 m
- Horse vault (kuda-kuda lompat)
Panjang 1.60 m
Tinggi 1.35 m
- Parallelbar (palang sejajar)
Panjang 3.50 m
Jarak 0.48 s/d 0.52 m
Tinggi 1.75 m
- Horizontal bar (palang tunggal)
Panjang 2.40 m
Tinggi 2.55 m
2. Untuk puteri ada 4 (empat) alat :
- Horse vault (kuda-kuda lompat)
Panjang 1.60 m
Tinggi 1.20 m
- Uneven bars (palang bertingkat)
Panjang 2.40 m
Tinggi palang bawah 1.50 m
Tinggi palang atas 2.30 m
- Balance beam (balok keseimbangan)
Panjang 5.00 m
Tinggi 1.20 m
- Floor exercise (lantai)
Ukuran 12 x 12 m 
Peraturan Umum Senam Artistik
1. Kejuaraan beregu (Kompetisi I)
- Setiap regu terdiri dari 6 (enam) pesenam putera/puteri.
- Terdiri dari rangkaian wajib dan rangkaian pilihan, pada putera 6 (enam) alat, puteri 4 (empat) alat.
- Juara beregu (Kompetisi I) adalah regu dengan jumlah nilai terbanyak, dari jumlah 5 (lima) pesenam
terbaik pada masing-masing alat untuk rangkaian wajib dan rangkaian pilihan.
Nilai maksimum untuk putera adalah : 12 nomor pertandingan x 50 = 600 (wajib dan pilihan) 6 nomor
pertandingan x 50 = 300 (pilihan)
Nilai maksimum untuk puteri adalah : 8 nomor pertandingan x 50 = 400 (wajib dan pilihan) 4 nomor
pertandingan x 50 = 200 (pilihan) 
2. Kejuaraan perorangan serba bisa (Kompetisi II)
- Peserta finalis diambil dari 36 pesenam terbaik dari hasil kompetisi I, atau 1/3 dari jumlah peserta.
- Dibatasi 3 (tiga) pesenam dari tiap negara/daerah
- Hanya melakukan rangkaian pilihan :
* untuk putera 6 (enam) alat
* untuk puteri 4 (empat) alat
- Juara perorangan serba bisa (Kompetisi II) adalah pesenam dengan jumlah nilai terbanyak dari nilai
rata-rata pada Kompetisi I (wajib & pilihan), ditambah dengan nilai kompetisi II pada seluruh alat.
Nilai maksimum untuk putera = 120
Nilai maksimum untuk puteri = 80 
3. Kejuaraan perorangan per alat (Kompetisi III)
- Peserta finalis diambil dari 8 (delapan) pesenam terbaik dari hasil kompetisi I pada alat tersebut.
- Dibatasi 2 (dua) pesenam dari tiap negara/daerah, dan hanya 3 (tiga) alat yang boleh diikuti oleh
seorang pesenam
- Hanya melakukan rangkaian pilihan :
* untuk putera 6 (enam) alat
* untuk puteri 4 (empat) alat
- Juara perorangan per alat (kompetisi III) adalah pesenam dengan jumlah nilai terbanyak dari nilai
rata-rata pada kompetisi I (wajib dan pilihan) ditambah dengan nilai kompetisi III pada
masing-masing alat.
Nilai maksimum untuk putera maupun puteri = 20.

   
Macam-Macam Bentuk Gerakan Senam Lantai

1.    Guling ke depan (Forward Roll)

Guling depan adalah guling yang dilakukan ke depan. Adapun langkah-langkah untuk melakukan guling ke depan :
a.    Berdiri tegak, kedua tangan lurus di samping badan.
b.    Angkat kedua tangan ke depan, bungkukkan badan, letakkan kedua telapak tangan di atas  matras.
c.    Siku ke samping, masukkan kepala di antara dua tangan.
d.    Sentuhkan bahu ke matras.
e.    Bergulinglah ke depan.
f.    Lipat kedua lutut, tarik dagu dan lutut ke dada dengan posisi tangan merangkul lutut.
g.    Sikap akhir guling depan adalah jongkok kemudian berdiri tegak.


2.    Guling ke belakang (Backward Roll)

Posisi awal guling ke belakang :
a.    Posisi jongkok, kedua kaki rapat, dan tumit diangkat.
b.    Kepala menunduk dan dagu rapat ke dada.
c.    Kedua tangan berada disamping telinga dan telapak tangan menghadap ke atas.
d.    Jatuhkan pantat ke belakang, badan tetap bulat.
e.    Pada saat punggung menyentuh matras, kedua lutut cepat ditarik ke belakang kepala.
f.    Pada saat kedua ujung kaki menyentuh matras di belakang kepala, kedua telapak tangan menekan matras hingga tangan lurus dan kepala terangkat.
g.    Ambil sikap jongkok, dengan lurus ke depan sejajar bahu, lalu berdiri.

Kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat guling kebelakang :
a.    Penempatan tangan terlalu jauh kebelakang, tidak bisa menolak
b.    Keseimbangan tubuh kurang baik saat mengguling kebelakang, hal ini disebabkan karena sikap tubuh kurang bulat
c.    Salah satu tangan yang menumpu kurang bulat, atau bukan telapak tangan yang digunakan untuk menumpu diatas matras.
d.    Posisi mengguling kurang sempurna. Hal ini disebabkan karena kepala menoleh ke samping.
e.    Keseimbangan tidak terjaga karena mendarat dengan lutut (seharusnya telapak kaki)

Cara memberi bantuan guling kebelakang :
a.    Menopang dan mendorong pinggang pelaku kearah guling kebelakang dan membawanya ke arah guling
b.    Membantu mengangkat panggul dan membawa kearah guling

3.      Lompat harimau

Secara prinsip teknik gerakan loncat harimau tidak jauh berbeda dengan teknik gerakan roll ke depan.Loncat harimau adalah sikap loncatan membusur dengan kedua tangan lurus ke depan pada saat melayang dan diteruskan dengan gerakan mengguling ke depan dan sikap akhir jongkok.

Cara melakukannya sebagai berikut:
a.    Berdiri tegak, kedua lengan lurus di samping, pandangan lurus ke depan.
b.    Kedua kaki menolak pada papan tolak disertai ayunan lengan keatas, badan melayang, tangan menumpu pada pangkat kuda-kuda, dan pandangan dipusatkan di depan dekat tangan.
c.    Kedua tangan menolak dengan sekuat tenaga dan lutut di lipat ke dada. Luruskan tungkai saat berada diatas ujung kuda-kuda.
d.     Sikap akhir jongkok terus berdiri.   

4.      Hands Stand

a.    Sikap permulaan berdiri tegak, salah satu kaki sedikit ke depan.
b.     Bungkukkan badan, tangan menumpu pada matras selebar bahu lengan keras, pandangan sedikit ke depan, pantat didorong setinggi-tingginya, tungkai depan bengkok sedang tungkai belakang lurus.
c.     Ayunkan tungkai belakang ke atas, kencangkan otot perut.
d.     Kedua tungkai rapat dan lurus merupakan satu garis dengan badan dan lengan, pandangan diantara tumpuan tangan, badan dijulurkan ke atas.
e.    keseimbangan.


5.      Meroda

Gerak memutar tubuh dari sikap menyamping dengan tumpuan gerakan pada kedua kaki dan tangan.Latihan meroda dapat dilakukan secara bertahap yaitu dari melakukan satu kali gerakan meroda,apabila sudah merasakan baik dapat di tingkatkan menjadi beberapa kali gerakan :
a.    Mula-mula berdiri tegak menyamping, kedua kaki dibuka sedikit lebar, kedua tangan lurus ke atas serong ke samping (menyerupai huruf V) dan pandangan ke depan
b.    Kemudian jatuhkan badan ke samping kiri, letakkan telapak tangan ke samping kiri, kemudian kaki kanan terangkat lurus ke atas. Disusul dengan meletakkan telapak tangan di samping tangan kiri.
c.    Saat kaki kanan diayunkan, maka kaki kiri ditolak pada lantai, sehingga kedua kaki terbuka dan serong ke samping.
d.    Kemuidan letakkan kaki kanan ke samping tangan kanan, tangan kiri terangkat disusul dengan meletakkan kaki kiri di samping kaki kanan.
e.    Badan terangkat, kedua lengan lurus ke atas ke posisi semula.

Cara memberikan bantuan meroda adalah sebagai berikut :

a.    Pembantu memberikan bantuan dengan cara berdiri di belakang orang yang melakukan gerakan meroda .
b.    pada saat badan dan kedua kaki yang melakukan meroda terangkat ke atas, pembantu segera memegang kedua sisi pinggulnya .
c.     Pada waktu gerakan meroda ke samping, pembantu tetap memegang kedua sisi pinggulnya sampai kedua kaki menumpu di lantai .

6.      Lompat Jongkok

Cara melakukan lompat jongkok :

a.    Awalan lari cepat badan condong kedepan
b.    Kedua kaki menolak pada papan sekuat-kuatnya disertai ayunan lengan dari belakang bawah kedepan, badan lurus, dan tungkai di pisahkan.
c.     Saat tangan menyentuh pada bagian pangkal kuda-kuda segera menolak sekuat-kuatnya.badan melasyang diatas kuda-kuda dalam sikap lurus, lengan direntangkan, tungkai lurus dipisahkan, dan pandangan kedepan.
d.    Mendarat dengan ujung kaki mengeper dan lengan di rentangkan keatas.

7.      Round Off
Round off adalah : Suatu satuan gerakan yang terdiri dari :

a.    Melakukan hand stand dengan berputar pada sumbu tegak.
b.     Menolak dengan ke 2 tangan tumpuan pada saat ke 2 kaki akan mendarat di lantai.

Cara melakukan :   
a.    Melakukan hand stand (bagi anak yang belum bisa melakukan hand stand dilakukan dengan bantuan). Mengangkat 1 tangan dari lantai, tangan kanan dan kiri bergantian.
b.     Sama dengan atas, tetapi tangan yang diangkat ditempatkan di depan, kemudian memindahkan tangan yang lain disisi tangan yang pertama tadi, badan berputar pada sumbu tegak. Pada latihan 1 dan 2 saat kembali berdiri dengan cara bebas.
c.     Melakukan hand stand dengan meletakkan ke 2 tangan menghadap arah datang, jadi pada saat ke 2 tangan mendekat ke lantai, ke 2 tangan diputar sedemikian hingga ujung jari menghadap arah datang. Pada latihan ini tetap dibantu hingga sikap hand
d.    Melakukan latihan 3. Pada saat ke 2 kaki rapat akan turun dengan tolakan ke 2 tangan meninggalkan lantai.
e.     Melakukan latihan 3 dan 4 dengan irama yang cepat. Bila perlu tetap dibantu, terutama sikap hand stand yang berlangsung sangat singkat.Agar bisa melatih kekuatan tangannya dengan baik.
f.     Melakukan latihan 5, yang dilakukan cepat dengan awalan 2/3 langkah. Dengan tangan langsung menyentuh matras dan kemudian kaki langsung lurus ke atas.

8.       Lompat Kangkang

Lompatan dengan panggul ditekuk atau menyudut yaitu lompatan dengan membuat  sikap kangkang tanpa meluruskan badan terlebih dahulu.
Teknik pelaksanaannya adalah sebagai berikut:
a.    Setelah awalan dan take off. angkat panggul tinggi-tinggi
b.    Pada saat tangan menyentuh peti atau kuda lompat, panggul ditekuk, tangan dibuka (gerakan ke samping).
c.     Tolakan tangan kuat dengan mengangkat dada dan kepala ke arah atas.
d.     Setelah kaki melewati peti lompat, luruskan badan dan rapatkan tungkai sebelum mendarat.
e.     Mendaratkan kedua kaki dengan rapat, lutut agak ditekuk.

9.      Head Stand

a.    Berdiri dengan kepala adalah sikap tegak dengan bertumpu pada kepala dan ditopang oleh kedua tangan.
b.    Sikap permulaan membungkuk bertumpu pada dahi dan tangan. Dahi dan tangan membentuk segitiga sama sisi.
c.    Angkat tungkai ke atas satu per satu bersamaan. Untuk menjaga agar badan tidak mengguling ke depan, panggul ke depan, dan punggung membusur.
d.    Berakhir pada sikap badan tegak, dan tungkai rapat lurus ke atas.

Kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan head stand yaitu:

a.    Penempatan kedua tangan dan kepala tidak membentuk titik-titik segitiga sama sisi.
b.    Kekakuan pada leher, sendi bahu, perut, pinggang, dan paha.
c.    Otot-otot leher, sendi bahu, perut, pinggang, dan paha kurang kuat.
d.   Akibat dari poin b dan c diatas menyebabkan kurangnya koordinasi dan keseimbangan.
e.    Alas dasar/lantai tempat kepala bertumpu terlalu keras sehingga menimbulkan rasa   sakit.
f.     Terlalu cepat/kuat pada saat menolak.
g.    Sikap tangan yang salah, yaitu jari tangan tidak menghadap kedepan.


10.  Kayang

Kayang adalah posisi kaki bertumpu dengan empat titik dalam keadaan terbalik dengan meregang dan mengangkat perut dan panggul. Nilai dari pada gerakan kayang yaitu dengan menempatkan kaki lebih tinggi memberikan tekanan pada bahu dan sedikit pada pinggang.Manfaat dari gerakan kayang adalah untuk meningkatkan kelentukan bahu, bukan kelentukan pinggang.

Cara melakukan gerakan kayang sebagai berikut :

a.    Sikap permulaan berdiri, keduan tangan menumpu pada pinggul.
b.    Kedua kaki ditekuk, siku tangan ditekuk, kepala di lipat ke belakang.
c.    Kedua tangan diputar ke belakang sampai menyentuh matras sebagai tumpuan.
d.    Posisi badan melengkung bagai busur.


11.  Sikap lilin

Sikap lilin merupakan sikap tidur terlentang kemudian kedua kaki diangkat keras di atas (rapat) bersama-sama, pinggang ditopang kedua tangan dan pundak tetap menempel pada lantai. Dalam melakukan sikap lilin, kekuatan otot perut berfungsi untuk kedua tangan menopang pinggang.

Cara melakukan gerakan sikap lilin sebagai berikut :
a.    Tidur terlentang, kedua tangan di samping badan, pandangan ke atas.
b.     Angkat kedua kaki lurus ke atas dan rapat.
c.     Yang menjadi landasan adalah seluruh pundak dibantu kedua tangan menopang pada pinggang.
d.     Pertahankan sikap ini beberapa saat.


12.  Salto

Gerakan jungkir balik di udara tanpa menyentuh tanah: pesenam itu dengan gesitnya  melakukan beberapa kali.


13.  Guling Lenting

 Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melakukan lenting tengkuk :

a.    Sikap Awal

Berdiri tegak dengan kedua kaki rapat dan kedua lengan diangkat lurus ke atas. Sambil membungkukkan badan, tetakkan kediua tangan di matras kira-kira satu langkah dari kaki. Setelah itu letakkan tengkuk di antara kedua tangan sambil mengambil sikap guling depan. Kedua kaki dijaga agar tetap lurus.

b.    Pelaksanaan   

Ketika posisi untuk guling depan tercapai, segeralah mengguling ke depan. Saat tubuh sudah berada di atas kepala, kedua kaki segera dilecutkan lurus ke depan sambil dibantu oleh kedua tangan yang mendorong badan dengan menekan matras. Lecutan ini menyebabkan badan melenting ke depan.

c.    Sikap Akhir

Ketika layangan selesai, kedua kaki segera mendatar. Badan tetap melenting dan kedua lengan tetap terangkat lurus. Akhirnya , berdiri tegak.

69 komentar:

Unknown mengatakan...

infonya keren nih,
manfaat olahraga senam lantai itu sendiri apa sih?
dan apakah sis tau dimana toko yg menjual khusus baju senam body image?

dodyhenny mengatakan...

Apakah ada yang bisa kasih info tempat yg jual balance beam ?

Txs

Unknown mengatakan...

wah menarik dan bermanfaat gan artikelnya... hmmm ngomong2 nich mau tanya tempat jual baju senam wanita di daerah Surabaya itu dimana ya gan...???

Unknown mengatakan...

senam lantai sndri mulai populer di indonesia kapan yah ? dan apakh sjak awalny senam lantai ini sudah memakai baju senam ??

Unknown mengatakan...

Salam kenal Gan
manfaat utamanya apa ya senam laintai itu?
baju senam wanita model seperti apa yang paling pas untuk senam lantai?

Unknown mengatakan...

Salam Sehat....Infonya Sangat Membantu ....
Cuma Klo dikasih ilustrasi berupa gambar atau video mungkin lebih menarik ^^. Oiya tau gak tempat toko baju senam murah Mrek crystal? Terima kasih ^^

Unknown mengatakan...

Bagaimana yah gan untuk mengurangi tingkat kecederaan yang dialami pesenam saat melakukan gerakan senam? Dan apakah baju senam terbaru untuk sekarang ini sudah memenuhi standart yang pas untuk digunakan pesenam? Terima kasih banyak ^^

Unknown mengatakan...

Senam lantai apakah olahraga senam ini hanya di khususkan pada olahraga senam pada kejuaraan aja? adakah sanggar senam yang membuka program kelas senam lantai? menurut Gan baju senam terbaru berkualitas dengan merk dan terbuat dari bahan apa yang nyaman dipakek senam maupun fitness? thanks :)

Unknown mengatakan...

Salam Kenal ya...

Info yang menarik nie..kalau boleh tau, mengenai rutinitas senam lantai apakah akan lebih maksimal manfaatnya jika dilakukan setiap hari? dan ada g baju senam wanita khusus yang digunakan?

Thnks ya... & sukses selalu.... :)

Unknown mengatakan...

salam kenal
disini menggunakan baju senam terbaru merk apa ya?
dan apakah baju senam berpengaruh untuk gerakan senam itu sendiri?

Unknown mengatakan...

thank kak for infonya, oh iya kak, apa memakai baju senam lantai itu harus dikhususkan kah, apa boleh memakai baju aerobik muslimah

Unknown mengatakan...

wah menarik tuh artikelnya.....
mau tanya nich jika dalam perlombaan apakah penampilan juga mempengaruhi penilaian juri...?? juga ada yg tau gk toko yang menjual koleksi baju senam terbaru di daerah Surabaya....???

Unknown mengatakan...

Salam kenal Gan
Trimss Artikelnya ..Keren sekali dan mmudah untuk dipahami...
dan klo info mengenai tempat toko grosir baju senam terbaru tren saat ini mhon infonya ya? trims :)

Unknown mengatakan...

waahh mantap gan.... hmmm ngomong2 mau tanya nich apakah untuk senam lantai memiliki baju senam tersendiri....????

Unknown mengatakan...

matur nuhun atuch, kalo boleh tau untuk pemula sebaiknya melakukan senam aerobic itu berapa hari sekali ya?
dan apakah sis kau tempat2 yg menjual baju senam aerobik terbaru di surabaya?
Trms infonya sis

Unknown mengatakan...

informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih
useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
jelly gamat gold g |
obat maag kronis

Unknown mengatakan...

informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih
useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
jelly gamat gold g

Unknown mengatakan...

informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih
useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
jelly gamat gold g

Unknown mengatakan...

informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih
useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
Obat Penurun Asam Lambung

Unknown mengatakan...

informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih
useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
Obat Penurun Asam Lambung

Unknown mengatakan...

informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih
useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
Obat maag kronis

Unknown mengatakan...

Artikelnya Mantap oy :D hehehe, thank banget ya kak, bisa bantu meringankan tugas ane nich, oh iya kak, tmpat jual baju senam wanita yang daerah surabaya . thank ya kak, ane tunggu informasi selanjutnya

Unknown mengatakan...

salam kak, thank for artikelnya kak, oh iya kak bisa di tunjukkan yg jual baju senam crystal daerah surabya itu dmna ya kak

Unknown mengatakan...

informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih
useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
Obat Penyakit Maag
http://obatpenyakitmaag.net/

Unknown mengatakan...

Salam manis dari ane, dan terima kasih atas bantuannya, artikel anda sangat membantu ane meringankan tugas, oh iya bisa minta penjelasan, maksudnya baju senam cantik itu seperti gimana kah ?

Unknown mengatakan...

Salam kenal Gan...
banyak sekali ya manfaat dari senam lantai ini dan gerak dari senam sangat banyak dan menarik untuk di ikuti. btw Gan, di mana ya yg jualan baju senam crystal di daerah Surabaya?

Unknown mengatakan...

Salam Olahraga
Siapa yg pertama kali mempelopori senam lantai di Indonesia?
di mana ya sist tempat jualan baju senam cantik disekitar Banyuwangi ya toko online gitu?
salam sukses dan thanks atas artikelnya ya ^_^

Unknown mengatakan...

Salam Kenal
Jika terjadi kesalahan dalam melakukan senam lantai sehingga mengakibatkan cidera pada anggota tubuh, sebaiknya langkah pertama yg harus dilakukan bagaimana? dan bisa ngasih info mengenai tempat penjualan baju senam crystal khususnya di daerah Surabaya?
Terimakasih atas artikelnya yg bermanfaat ini :-)

duniapng mengatakan...

terutama di pagi hari olahraga bermanfaat untuk meningkatkan kefokusan
lihat di toko karpet karakter

psbyenthusiast mengatakan...

salam kenal...
mau tanya nih,,, kadang org yg gak perna olahraga, olahraga sekali saja badan terasa sakit semua.. berbahaya gak tuh??
oh,, ya kalo nyari baju senam muslimgimana caranya ya??

Unknown mengatakan...

salam kenal
membantu sekali sista artikelnya, boleh di coba nihh? oh iy.. sista tau gk tempat jual baju senam yang murah?
makasih

Unknown mengatakan...

Salam sukses..
Artikelnya top banget ni gan.. Semoga bermamfaat bagi reader berikutnya..thanks ya..

psbyenthusiast mengatakan...

pagi...
makasih artikelnya...membantu banget,,
semoga makin sukses...
mau tanya nih,, kalo mau cari baju senam murah yg di daerah surabaya gmana ya???
soalnya pengen koleksi baju senam yg banyak lg,,,,

Unknown mengatakan...

Agen Judi bola Online Agen303Bet.com


Agen Judi Bola Online NowBet888.com


Bandar Judi Bola NowBet888.com


Bandar Judi Bola Agen303Bet.com.com


Bandar Judi Bola Terpercaya NowBet888.com


Bandar Judi Bola Terpercaya Agen303bet.com


Jika Anda ingin di Promosikan website ke jutaan link dan berada di halaman pertama Google, silahkan hubungi via Yahoo Messenger. ID : iklancepatku@yahoo.com

Unknown mengatakan...

jual tas wanita branded murah
jual minyak lintah murah
jual jam tangan couple

Unknown mengatakan...

kok ngga bisa di copy ya? padahal butuh banget

agaricpro mengatakan...

Berikut ini cara mengobati amandel tanpa operasi dengan herbal AgaricPro

demorina mengatakan...

Jika anda sedang mencari cara mengobati sariawan pada mulut rahim paling mujarab secara tradisional, maka DeMorina Probiotik Herbal adalah solusinya.

DeMorina bisa juga digunakan sebagai cara mudah mengobati asam lambung naik dan tinggi (GERD) dengan cepat dan cara mengobati infeksi saluran kencing pada pria dan wanita paling manjur BUKTIKAN....!!!

DeMorina mengatakan...

Begitu juga cara mengobati kanker serviks secara alami tanpa operasi bisa diatasi dengan DeMorina Probiotik Herbal dengan sangat mudah sampai ke akar-akarnya.

Unknown mengatakan...

Thank bos.....
by : Obat Buah Zakar Besar Sebelah pada anak bayi dan obat hernia mantab deh.....

BERITA VIRAL NUSANTARA mengatakan...

permisi kakak2 numpang promo ya
yang suka main poker dan domino online, mari gabung di sini

kini hadir dengan 7 permainan yang dapat dimainkan dalam 1 website.

dapatkan jackpot hingga ratusan juta setiap harinya. gak mau kalah teruskan main poker dan domino online

REAL GAMES AND REAL MONEY !

Minimal deposit hanya Rp. 25.000,- dan minimal withdraw Rp. 25.000,-
Kami juga menghadirkan permainan dalam versi Android / Iphone / Ipad.
Promo yang kami hadirkan untuk saat ini :

- Bonus referral 20%

- Bonus Turn Over up to 0,5% ( dibagikan setiap hari SABTU pukul 12 siang )

Untuk bermain hokibandarq di mobile anda , silahkan anda download dulu aplikasi PKV Games nya ya bos .

Jika anda belum download , silahkan klik link dibawah ini.

hokibandar

bandarsakong

domino

poker

capsa susun

Anonim mengatakan...

walaupun gerakan senam lantai sepertinya sederhana, namun butuh keahlian dan latihan khusus.
lama permainan bola basket

Inti Cheft mengatakan...

Situs game online terbaik di indonesia.
Rasakan sensasi permainan 100% Player Vs Player dengan minimal Deposit / Withdraw sebesar Rp.25.000.

Bonus luar biasa yang kami hadirkan berupa :

* Bonus Referral 20%.

Ajak teman-teman anda bermain bersama anda di AcePoker99.com, potongan meja kemenangan teman
anda akan kami kali sebanyak 20% dan akan di bagikan secara otomatis tanpa di claim.

* Bonus Double Cashback

Kumpulkan Turnover mu sebanyak - banyak nya dalam 1 minggu, kami akan membagikan bonus turnover kepada
anda yang berhasil mengumpulkan minimal 1 juta Turnover, semakin banyak turnover yang kalian raih,semakin banyak juga bonus yang kalian dapatkan.

AcePoker99.com juga menyediakan 7 Games dalam 1 User ID:
- Poker Online
- Domino QQ
- Bandar Q
- Bandar Poker
- Capsa Susun
- Adu Q
- Sakong Online

Dibantu dengan 5 bank local aktif untuk mempermudah transaksi :

BCA, BNI (24JAM), BRI(24JAM),MANDIRI(24JAM), DANAMON (24JAM)

Ayo !! Buruan gabung bersama kami di Pokerace99 Agen Judi Poker Online Terpercaya di Indonesia
Dan rasakan sensasi bermain bersama kami !

Link untuk daftar >> http://www.acepoker99.net/Register.aspx?lang=id

BBM : D8986EBB
WECHAT : AcePkr
WHATSAPP : +85587698009

Unknown mengatakan...

Selamat datang di www.QQBendera.com

Nikmati berbagai keuntungan bermain di BenderaQQ.
? Bonus Referral 20% Seumur Hidup!!!
? Menang Berapapun Pasti DIBAYAR !!!
? Minimal Deposit hanya Rp.15.000,-
? Minimal Withdraw Rp.15000,-
? Menyediakan 7 Game ( Bandar Q, Bandar Poker, Adu Q, Domino QQ, Poker, Capsa Susun, Samgong(NEW) )
? BONUS TurnOver/Cashback 0.5% Setiap Minggu dibagikan pada Hari Rabu dan Sabtu
? Support Bank Lokal Indonesia Terpercaya ( BCA, BNI, BRI, Mandiri)
? Pelayanan dari CS (Customer Service) Ramah, dan Profesional 24jam/7hari
? Deposit dan withdraw prosesnya secepat kilat.
contact us:
PIN BBM D1CD3A22
line: BenderaQQ
Whatapp :+85515590751

video dewasa 17+ mengatakan...

thanks for sharing
pembesar alat vital


perangsang wanita

winnie mengatakan...

LIVECASINO338 Situs Live Casino Terpercaya Seindonesia.. Menyediakan 5 Permainan Dalam 1 User ID
BACCARAT ☆ ROULETTE ☆ SIC BO ☆ DRAGON TIGER ☆ SLOT GAME !!!

- Minimal Deposit Rp. 25.000, Withdraw Rp. 50.000
- Dilayani CS Ramah & Sopan 24 Jam Nonstop
- Live Dealer Cantik & Seksi.

HOT PROMO TERBESAR :
- Bonus Rollingan 0,8%
- Bonus Referal 3% [SEUMUR HIDUP!!!]

SILAHKAN DAFTARKAN DIRI ANDA DI : https://goo.gl/CTZbGJ

untuk informasi lebih lengkap silahkan hubungi Customer service kami:
Phone Number : +855 965922558
PIN BBM : 2AD88032
Yahoo Mail : cs_livecasino338
Wechat : +855965922558

#livecasino #casinoonline #bettingonline #rubyqq #casinoonlineterpercaya #situsonlinecasino #deposit #cashback #medan #indonesia #gamesonline #2AD88032

Unknown mengatakan...

Livecasino338
Mengucapkan Selamat Natal dan Tahun Baru 2017-2018
Dihari Natal dan Tahun Baru kali ini
LIVECASINO338
Memberikan Bonus Special

Promo Terbesar yang disediakan :
~Bonus Deposit Sebesar 10%
~ Bonus Rollingan Casino 1% (all product)
~ Bonus Referral 3% Seumur Hidup

1 User id Untuk Semua permainan
Berikut Untuk permainannya :
Terdapat 6 Produk Casino :
~ Baccarat
~ Roulette
~ Sicbo
~ Dragon Tiger
~ Slot Game
~ Sabung Ayam

Contact US
WA : +855965922558
BBM : 2AD88032
NO HP : +855965922558
LIVECHAT : www.livechat338.com
Register : http://livecasino3381.pkr69.com

Rai Vinsmoke mengatakan...

ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
Promo Fans**poker saat ini :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

Unknown mengatakan...

Senam lantai itu susah loh untuk dipelajari

POKERWAW
BANDAR POKER
CARA DAFTAR POKER ONLINE
CARA DAFTAR POKER ONLINE INDONESIA
MENERIMA DEPOSIT PULSA
BONUS MEMBER BARU 30%
WOW KEREN

Hubungi kami melalui cara di bawah ini
BBM : POKERWAW
WhatsApp : (+855)715381888
LINE : POKERWAW
LIVECHAT POKERWAW

Situs Slot Gacor mengatakan...

Agen Slots
Agen Bola Deposit 20ribu
Agen Slot Terbaik
Agen Slot Terkini
Agen Joker 123
Daftar Slots Games Terbaik
Agen Judi Terbaik
Agen Live Casino


CARA MENANG MAIN TEMBAK IKAN

hahaha mengatakan...

Bisa Main Dari HP !!
Support IOS & ANDROID
7 Games Dalam 1 User_ID
Menangkan Jackpot Harian S/d Puluhan Juta
Jackpot Global Ratusan Juta
Minimal Deposit Sangat Terjangkau !!
Rp 10,000
hanya di s1288poker
(WA : 08122221680)

pricillia mengatakan...


Hallo sayang,
lagi ada yang viral nih, yuk di lihat dulu, siapa tau pengen
mycutegirlfriend.com
https://temanhot.club/

Elica mengatakan...

wahh good info banget nih
jsm alfa terbaru

Wilda Jones mengatakan...

Microsoft edge support
Mozilla Firefox Support Phone Number
Quickbooks Support Phone Number

Apple Support Phone Number

pogo games support phone number
yahoo mail customer service phone number

PendekarJudi mengatakan...

Hi boss boss,perkenalkan, Kami adalah betting house untuk sportsbook dan Livecasino.
#pendekarjudi.com# Kenapa memilih kami :
-Terpercaya se-indonesia.
-Bandar bola dengan predikat superior master sejak tahun 2008
-Melakukan proses Depo/Withdraw tercepat.
-disuport langsung dengan beberapa bank lokal terpercaya.
-cashback yang jelas dan pasti di bagikan
-bonus rolingan yang sangat jelas no tipu tipu
-Customer loyalty program dengan banyak sekali hadiah menanti anda para customer setia kami.

So.....segera hub customer service 24 jam kami,
kami siap melayani anda tamu2 Vip kami...... =)

pendekarjudi.com

dengan CS terbaik 24 jam
BBM: PEJU88
Line:PEJU88
WA: +62858-3055-8888
Livechat : pendekarjudi.com

Unknow mengatakan...

boyapoker99.com
http://www.agensgp45.com/
pasarsgp.com
nobarsbobet.com
http://www.agenligachampion.com/

pelangiQQ mengatakan...

♥♦♣♠ PELANGI KOIN ♠♣♦♥

BANK TERSEDIA : BCA,MANDIRI, BRI, BNI, DANAMON
NB : PENGGUNA BANK DAERAH ? ATAU PENGGUNA JASA TRANSFER ?
KAMI TERIMA SEMUA JENIS NYA DAN PROSES SECEPATNYA DEPO & WD ANDA BOSS

-DENGAN MINIMAL DEPOSIT SANGAT TERJANGKAU, 20 RIBU
-MENYEDIAKAN BONUS KOIN TERBESAR & JACKPOT BERLIMPAH SETIAP HARINYA
-TRANSAKSI SEMUA BANK 24 JAM,TANPA SYARAT
-TIPS & TRIK JITU MENANGKAN JUTAAN KOINNYA SETIAP HARI DARI CS PROFESIONAL

JANGAN RAGU LAGI, SEGERA DAFTAR, DAN MENANGKAN JUTAAN-RATUSAN JUTA KOIN NYA SETIAP HARI

BOSS MENANG, KAMI SENANG
WD TANPA BATAS

WA: +855963935880
LINE : PELANGIKOIN
FB : PELANGI KOIN
IG : PELANGI_KOIN

reva mengatakan...

Thank you for sharing in this article I can a lot and could also be a reference I hope to read the next your article update
Pembesar Penis
Pembesar Alat Vital
obatpembesarpenispermanen.com
Kunjungi Website

Joker Gaming mengatakan...

artikelnya bagus dan bermanfaat untuk menambah pengetahuan. Baca juga artikel ini Berita Bola Terbaru

clara wijaya mengatakan...

Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
Kesempatan Menang Lebih Besar,
|| WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

Cermin Dunia mengatakan...

SITUS JUDI CASINO ONLINE

Bokep 2020 mengatakan...


SBOPOKER8 Agen Judi Online Terpercaya dan Terbaik di Indonesia
Menyediakan berbagai macam permainan Judi Kartu Online Terlengkap

1 ID untuk 7 Game Permainan yang disediakan oleh Situs SBOPOKER8.net

Agen Judi Online Terpercaya dan Terbaik di Indonesia
Menyediakan berbagai macam permainan Judi Kartu Online Terlengkap

1 ID untuk 7 Game Permainan yang disediakan oleh SBOPOKER

Poker Texas

DominoQQ

Omaha

Capsa

Ceme

Ceme Keliling

Super 10

» Bonus Cashback 0.5% (dibagikan Setiap Hari "KAMIS")
» Bonus Refferal 10% - 15%
» Customer Service 24 Jam Nonstop
» Support 4 Bank Lokal Indonesia (BCA, BNI, BRI, Mandiri )
»Whatsapp : +85598875988

Obat mengatakan...

Terima kasih sudah mengizinkan saya untuk berkomentar disini, artikel anda sangat bagus sekali. izinkan kami untuk menshare nya ke web kami di obat aborsi asli
atas izinnya kami haturkan terima kasi, semoga situs anda dan kami semakin maju dan berada di peringkat pertama google.
asiiikk

tinaangelina mengatakan...

BOSHEPOKER agen judi online terbaik yang memberikan pelayanan terbaik dan SERVER yang berkualitas tanpa adanya ADMIN/ROBOT yang ikut bermain.

Proses Deposit maupun Tarikdana super cepat dan semua BANK kami ONLINE 24 jam.



Di Boshepoker Anda bisa bermain 9 Jenis Games kartu cukup hanya dengan 1 akun saja.

1. POKER

2. BANDAR POKER

3. BANDARQ

4. ADUQ

5. SAKONG

6. CAPSA SUSUN

7. BANDAR 66

8. DOMINO 99

9. PERANG BACCARAT



Di Boshepoker juga tersedia berbagai promo seperti:

1. Bonus cashback sebesar 0.5% yang dibagikan setiap hari

2. Bonus Referral sebesar 20% dari mengajak Teman bermain

3. Bonus Jackpot dengan total hadiah mencapai ratusan juta rupiah di game POKER, BANDAR POKER, DOMINO 99, CAPSA SUSUN, BANDAR SAKONG

YUK GAN, SEGERA DAFTAR KAN DIRI ANDA SEKARANG JUGA DISITUS KAMI

Unknown mengatakan...

Join yuk di chanelku yang seger...
banyak film terbaru yang memanjakan mata loh...

STREAMING NONTON BOKEP GRATIS ..!!
Kumpulan BOKEP Terlengkap Terbaru Terpopuler & Ter-Update By SUKABOKEP

SUKABOKEP

BOKEP INDO NGENTOT ASIK

BOKEP BARAT NGENTOT MANTAP

BOKEP JEPANG NGENTOT NIKMAT

BOKEP KOREA NGENTOT PUAS

FILM SEMI NGENTOT SERU

SKANDAL ARTIS, MODEL, SELEBGRAM TERBARU 2020

BLITZCINEMA21

Unknown mengatakan...

Buat Kalian Pecinta Film Panas
Join Yuk Di chanelku
Banyak Film Terbaru yang memanjakan mata loh...

STREAMING NONTON BOKEP GRATIS ..!!
Kumpulan BOKEP Terlengkap Terbaru Terpopuler & Ter-Update By SUKABOKEP

SUKABOKEP

BOKEP INDO NGENTOT ASIK

BOKEP BARAT NGENTOT MANTAP

BOKEP JEPANG NGENTOT NIKMAT

BOKEP KOREA NGENTOT PUAS

FILM SEMI NGENTOT SERU

SKANDAL ARTIS, MODEL, SELEBGRAM TERBARU 2020

BLITZCINEMA21

Buruan Cek di SUKABOKEP
Dan Rasakan Sendiri Sensasi Panasnya

asdkoasjdoskaf mengatakan...

Ayo segera ajak sebanyak mungkin teman-teman kamu untuk daftar permainan padangtoto dan dapatkan hadiah yang menarik

Michał Jarosz mengatakan...


Bardzo fajny sklep z lutownicami. Polskie lutownice sprzedawane i produkowane od ponad 30 lat. Dobra oferta to podstawa w naszym sklepie aby każdy Klient był ustatysfakcjonowany.
Gwarantujemy szybką wysyłkę oraz bezpieczne płatności
Lutownica transformatorowa
Lutownica transformatorowa
Lutownica transformatorowa

Unknown mengatakan...

부안출장샵
김해출장샵
밀양출장샵
구미출장샵
계룡출장샵
양산출장샵
거제출장샵
포항출장샵

Posting Komentar