Subscribe:

Ads 468x60px

Kamis, 17 April 2014

Artikel Olahraga Pencat Silat

Artikel Olahraga Pencat Silat
Pencak silat adalah salah satu cabang olahraga beladiri yang terdapat di Indonesia. Olahraga beladiri pencak silat adalah warisan nenek moyang bangsa Indonesia. Karena pencak silat lahir dari kebudayaan bangsa Indonesia, maka perkembangannya dipengaruhi oleh watak, selera, dan bakat masyarakat yang ada di daerahnya masing-masing. Selain keadaan masyarakat dan sifatnya, faktor alam juga dapat memengaruhi perkembangan pencak silat itu sendiri, misalnya keadaan tempat, iklim, keadaan sosial, dan lain sebagainya. Pencak silat adalah suatu cara beladiri yang menggunakan akal sepenuhnya. Akal yang dimiliki manusia lebih sempurna bila dibandingkan dengan makhluk-makhluk yang lainnya. Oleh karena itu, tidak mustahil jika manusia dapat menguasai segala macam ilmu di dunia ini.
Gerak dasar pencak silat adalah suatu gerak terencana, terarah, terkoordinasi, dan terkendali yang mempunyai empa aspek satu kesatuan, yaitu aspek mental spritual, aspek beladiri, aspek olahraga, dan aspek seni budaya. Dengan demikian, pencak silat merupakan cabang olahraga yang cukup lengkap untuk dipelajari karena memiliki empat aspek yang merupakan satu kesatuan utuh dan tidak dapat dipisah-pisahkan.

Sejarah pencak silat di Indonesia sudah sangat lama, namun baru kelihatan dengan sangat jelas ketika berdirinya organisasi pencak silat (IPSI). Sejak saat itu pula nama pencak silat resmi digunakan. Sebelumnya, di daerah Sumatera lebih dikenal dengan istilah Silat, sedangkan di tanah Jawa kebanyakan dikenal dengan istilah Pencak Silat. Pada periode kepemimpinan Eddie M. Nalapraya, Indonesia memiliki hasrat untuk mengembangkan pencak silat ke mancanegara dengan mengambil prakarsa pembantukan dan pendirian Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa (PERSILAT) pada tanggal 11 Maret 1980 bersama Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam, Keempat negara tersebut akhirnya dinyatakan sebagai negara-negara pendiri organisasi pencak silat internasional.

Upaya pengembangan pencak silat yang dipelopori Indonesia dan anggota PERSILAT lainnya sampai saat ini berhasil manambah anggota PERSILAT. Penambahan anggota ini memberikan dampak pada usaha IPSI dan anggota PERSILAT lainnya untuk memasukkan pencak silat ke multi event di tingkat Asia, yaitu Asian Games, dengan membentuk organisasi Pencak Silat Asia Pasifik pada bulan Oktober 1999. Organisasi pencak silat di Indonesia yang disebut dengan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) didirikan pada tanggal 18 Mei 1948 di Surakarta, diprakarsai oleh Mr. Wongsonegoro, yang saat itu menjabat sebagai Ketua Pusat Kebudayaan.
 

Teknik Dasar Pencak Silat

Sikap Pasang
Sikap pasang adalah teknik berposisi siap tempur optimal dalam menghadapi lawan yg dilaksanakan secara teknis dan efektif.Sikap pasang dapat berpola serangan atau belaan.Dalam pelaksanaanya sikap pasang merupakan kombinasi dan koordinasi kreatif dari kuda-kuda,sikap tubuh,dan sikap tangan.ditinjau dari taktik penggunaanya terdiri dari
1. Sikap pasang Terbuka
Yakni sikap pasang dengan posisi tangan dan lengan yg tidak melindungi tubuh
sikap pasang terbuka
Sikap Pasang Terbuka

2. Sikap pasang tertutup
Yakni Sikap Pasang dengan posisi tangan dan lengan yg melindungi tubuh. Sikap pasang dalam kombinasi dan koordinasi dengan kuda-kuda meliputi.
a. Sikap pasang dengan kuda-kuda depan sejajar
sikap pasang kuda21
Sikap pasang dengan kuda-kuda depan sejajar

b. Sikap Pasang dengan kuda-kuda badan berputar
sikap pasang kuda22
Sikap Pasang dengan kuda-kuda badan berputar
c. Sikap pasang dengan kuda-kuda serong  depan
sikap pasang kuda23
Sikap pasang dengan kuda-kuda serong  depan
  
  
d. Sikap Pasang dengan kuda-kuda tengah menghadap
sikap pasang kuda24Sikap Pasang dengan kuda-kuda tengah menghadap
e. Sikap Pasang dengan kuda-kuda tengah menghadap
sikap pasang kuda25
Sikap Pasang dengan kuda-kuda tengah menghadap
f. Sikap pasang dengan kuda-kuda tengah menyamping
sikap pasang kuda26
Sikap pasang dengan kuda-kuda tengah menyamping    

  
g. Sikap Pasang dengan kuda-kuda  silang depan
sikap pasang kuda27Sikap Pasang dengan kuda-kuda  silang depan

h. Sikap pasang  dengan satu kaki diangkat
sikap pasang kuda28Sikap Pasang dengan satu kaki di angkat.

Gerak Langka
Gerak langkah adalah teknik berpindah atau mengubah posisi di sertai dengan kewaspadaan mental dan indera secara optimal untuk mendapatkan posisi yang menguntungkan (Favourable/condusive) dalam rangka mendekati atau menjauhi lawan bagi kepentingan serangan dan belaan yang dilaksanakan secara taktis dan dalam pelaksanaannya selalu di kombinasikan dan di koordinasikan dengan sikap tangan
Gerak Langkah dilihat dari beberapa segi yaitu :
1. Gerak langkah dari arahnya meliputi :
    a. Gerak Langkah ke belakang
    b. Gerak langkah serong kebelakang
    c. Gerak langkah ke kiri
    d. Gerak langkah serong kiri depan
    e. Gerak langkah kedepan
    f. Gerak Langkah serong kanan depan
    g. Gerak langkah ke kanan
    h. Gerak langkah seronh kanan belakang
2. Gerak Langkah ditinjau dari cara melaksanakannya, meliputi :
    a. Gerak langkah angkatan
    b. Gerak langkah geseran
    c. Gerak langkah ingsutan (seseran)
    d. Gerak Langkah putaran
3. Gerak Langkah ditinjau dari pola taktiknya, meliputi
    a. Gerak langkah lurus
    b. Gerak langkahzig-zag(gergaji)
    c. Gerak langkah Segitiga
    d. Gerak langkah ladam (tapal Kuda)
    e. Gerak langkah Liuk (meander)
    f. Gerak Langkah ganda
Tangkisan
Adalah suatu teknik untuk menggagalkan serangan lawan dengan melakukan tindakan menahan serangan lawan dengan tangan,kaki dan tubuh. Contoh tangkisan antara lain Tepis,Gedik,Kelit,Siku dan Potong.
1. Tangkisan Tepis
Yakni tangkisan dengan menggunakan satu atau ke dua telapak tangan terbuka dengan kenaannya telapak dalam,arah gerakannya dari dalam keluar dan atas kebawah.
tangkisan tepisan1Tangkisan Tepis    

2. Tangkisan Gedik
Yakni tangkisan yang kenaanya lengan bawah dalam dengan lintasan dari atas    kebawah
tangkisan gerdik1
Tangkisan Gedik    
tangkisan gerdik2
Tangkisan Gedik    

3. Tangkisan kelit
Yakni tangkisan yg menggunakan satu lengan dengan telapak tangan terbuka  yang   kenaanya telapak tangan luar dan arah dari dalam keluar
4. Tangkisan siku
Yakni tangkisan yang menggunakan siku dengan lintasan dari luar ke dalam.
tangkisan siku1Tangkisan Siku
tangkisan siku2Tangkisan Siku
  
5. Tangkisan potong
Yakni tangkisan yang menggunakan satu tangan dan lengan di gerakkan ke samping seperti gerakan memotong dengan kenaannya lengan bawah luar dengan posisi tangan terbuka.
tangkisan potong1
Tangkisan Potong
tangkisan potong2Tangkisan Potong


Pukulan
Dalam Pencak Silat Olah Raga sesuai dengan peraturan yang ada,disebutkan bahwa yang dimaksud dengan pukulan adalah berbagai macam teknik serangan yg di lakukan dengan mempergunakan tangan sebagai komponennya.
Jadi secara singkat dapat di jelaskan bahwa dalam Pencak Silat segala teknik pukulan yang terdapat dalam Pencak Silat (dalam bentuk apaun) boleh dipergunakan untuk menyerang yang disahkan dalam upaya memperoleh angka
Dari Sekian banyak teknik yang terdapat dalam pencak silat,dalam pelaksanannya Pencak Silat Olah Raga ternyata tidak dapat dipergunakan,denagn pertimbangan efesiensi dan efektivitas serta keselamatan pesilat.Dalam pertandingan Pencak Silat Olah Raga,teknik pukulan yang sering dipergunakan adalah : pukulan depan,pukulan sangkol/bandul , pukulan samping dan pukulan lingkar.
1.  Pukulan Depan.
Pukulan depan adalah pukulan yang dilakukan dengan lintasan lurus kedepan,yang mencapai hasil optimal dapat dilakukan dengan dibantu oleh pergerakan bahu putaran pinggang yang mendukung untuk pemindahan beraat badan kedepan (tangan yang menyerang).Pukulan ini dapat dilakukan dalam dua sikap tubuh yang berbeda,yaitu
Pukulan depan dengan posisi tangan yang dipergunakan untuk menyerang,sejajar dengan posisi   kaki yang berada didepan (jab)
Pukulan depan dengan posisi tangan yang dipergunakan untuk menyerang,tidak sejajar dengan posisi kaki yang berada di depan (Straight)

2.  Pukulan Sangkol
Yaitu Pukulan yang dilakukan dengan posisi tangan ditekuk (90 %).Lintasan pukulan adalah diayun dari bawah ke atas.Pukulan ini dapat dilaksanakan dengan posisi kaki yg bervariasi,baik dengan posisi kaki depan sejajar dengan tangan yang dipergunakan yuntuk menyerang maupun tidak.


3. Pukulan Lingkar
Yaitu pukulan yang dilakukan denagn lintasan pukulan dari arah samping luat tubuh pesilat menuju ke arah dalam tubuh pesilat.Untuk mendukung tercapainya hasil optimal dari pukulan lingkar ini,harus di dukung dengan pergerakan bahu dan pinggang yang searah dengan arah pukulan.hal ini akan menambah bobot dengan adanya dorongan berat badan pesilat ke tangannya.


4. Pukulan Samping
Perkiraan dari teknik pukulan samping ini adalah punggung tangan.Adapun lintasan dari samping dalam tubuh pesilat ke arah luar tubuh pesilat.

5.  Tendangan
Tendangan merupakan teknik dan taktik serangan yang mempergunakan untuk jarak jangkau jauh dan sedang mempergunakan tungkai sebagai komponen penyerang. Dalam Pencak Silat Olah raga ,teknik tendangan yang masuk sasaran mendapat nilai 2
Teknik-teknik tendangan yang terdapat dalam Pencak Silat pada prinsipnya dpat dipergunakan untuk menyerang dalam pertandingan pencak silat olah raga. namun sebagaimana halnya dengan pukulan,tidak semua teknik tendangan dapat dipergunakan dan pertandingan,berdasarkan efesiensi pelaksanaan teknik tendangan dan efektifitas untuk memperoleh angka serta keselamatan yang melakukan tendangan tersebut. Teknik tendangan pada pertandingan Olah Raga adalah tendangan  :lurus,Sabit "T",belakang,jejag dan gajul.
1. Tendangan Lurus
Tendangan depan/lurus adalah tendangan yang dilakukan dengan lintas lurus ke depan,dengan perkenaan pada pangkal jari-jari kaki.Variasi dalam pelaksanaa teknik in i antaralain dengan lompatan


2. Tendangan Sabit
Tendangan Sabit adalah tendangan yang di lakukan dengan lintasan dari samping (melengkung seperti sabit/arit),perkenaannya pada punggung kaki. Tendangan ini dapat di laksanakan dalam posisi kaki berada di depan maupun di belakang dan dapat pula di variasikan dengan lompatan

3. Tendangan " T "
Tendangan T adalah tendangan yang dilakukan dengan posisi tubuh menyamping dan lintasan tendangan lurus ke samping.Perkenaannya adalah bagian tajam telapak kaki dan tumit. Banyak Variasi dalam pelaksanaanya antara lain : T jepret,T gantung,T lompat
Tendangan " T "

4. Tendangan Jejag
Tendangan Jejag adalah tendangan yang dilaksanakan dengan posisi tubuh tegak dan lintasan lurus kedepn,perkenaannya adalah tumit.Selintas tendangan ini mirip dengan tendangan lurus,namun terdapat perbedaan prinsipil dalam pelaksanannya,Jika tendangan lurus dengan melecutkan  tungkai kedepan (seperti gerakan menusuk)sedangkan tendangan gejos dilakukan  denagn terlebih dahulu mengangkat  lutut setinggi mungkin dan kemudian mendorong tungkai kedepan sasaran

5.  Tendangan belakang
Tendangan belakang  yaitu tendangan yang dilakukan dengan terlebih dahulu memutar tubuh dan sikap tubuh membelakangi lawan,dengan perkenaan pada telapak kaki atau tumit
  
6.   Tendangan Gajul
Tendangan gajul perkenaannya pada tumit se4dang lintasannya adalah dari arah bawah ke atas

7.   Tangkapan
Tangkapan merupakan teknik dan taktik serangan pada jarak jangkau dekat dan sedang yang dilaksanakan dengan menangkap salah satu komponen tubuh lawan untuk dilanjutkan dengan bantingan,jatuhan atau kuncian
Dari segi teknik,tangkapan dapat dilaksanakan dari luar dan dari dalam yang masing-masing disebut tangkapan luar dan dalam
Tangkapan luar adalah teknik tangkapan yang dilaksanakan dari arah luar tubuh pesilat yang melakukan teknik tangkapan,sedangkan tangkapan dalam adalah teknik tangkapan yang dilaksanakan dari arah dalam tubuh pesilat yang melakukan teknik tangkapan
Tangkapan kaki dari arah luar  
Tangkapan kaki dari arah dalam 
 
8.   Bantingan
Pengertian bantingan adalah teknik dan taktik serangan jarak jangkau dekat yang dilakukan dengan terlebih dahulu menangkap salah satu komponen tubuh lawan untuk selanjutnya,melalui proses mendorong atau menarik,di hempaskan dilihat dari titik tumpu penyangganya bantingan dapat dilaksanakan dengan sekurang-kurangnya 4 macam teknik yaitu  : bantingan tungkai,bantingan pinggul,bantingan punggung dan bantingan kaki.
Bantingan tungkai
Bantingan Pinggul

9.     Jatuhan
Pengertian jatuhan adalah teknik dan taktik serangan pada jarak jangkau jauh dan sedang yang dilaksanakan dengan menggunakan tungkai atau kaki untuk  menjatuhkan lawan
Teknik jatuhan ini dalam pencak silat lazim disebut teknik sapuan yang dapat di bedakan menjadi 1 macam yaitu :
a.  Sapuan Tegak, Yaiyu menjatuhkan lawan yang dilaksanakan dengan menggunakan tungkai yang disapukan dalam posisi tegak kekaki lawan
Sapuan Tegak  

b. Sapuan rebah yaitu teknk menjatuhkan lawan yang dilaksanakan dengan menggunakan tungkai yang disapukan dalam posisi rebah ke kaki lawan.
Sapuan rebah depan  
Sapuan rebah belakang
c. Besetan yaitu teknik menjatuhkan lawan yang dilaksanakan dengan menggunakan kaki dan tungkai yang dikaitkan ke kaki lawan
Besetan  

d. Guntingan yaitu teknik menjatuhkan lawan yang dilaksanakan dengan menjepitkan kedua tungkai pada bagian tubuh untuk diserang
Guntingan  
e. Sabetan yaitu serangan menjatuhkan lawan dengan kenaan tulang kering kesasaran betis dengan lintasan dari luar kedalam
Sabetan  
Sumber :  Bahan Penataran Pelatih Pencak Silat DKI Jakarta,2001
               Dinas Pemuda dan Olah Raga DKI Jakarta & IPSI DKI Jakarta.
Saat Menerima Piala Pesilat Terbaik Putra Kabupaten Tangerang 1996


Pada tanggal 18 Mei 1948, terbentuklah Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kini IPSI tercatat sebagai organisasi silat nasional tertua di dunia. Pada 11 Maret 1980, Persatuan Pencak Silat Antarbangsa (Persilat) didirikan atas prakarsa Eddie M. Nalapraya (Indonesia), yang saat itu menjabat ketuaIPSI. Acara tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Keempat negara itu termasuk Indonesia, ditetapkan sebagai pendiri Persilat. Beberapa organisasi silat nasional antara lain adalah Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) di Indonesia, Persekutuan Silat Kebangsaan Malaysia (PESAKA) di Malaysia, Persekutuan Silat Singapore (PERSIS) di Singapura, dan Persekutuan Silat Brunei Darussalam (PERSIB) di Brunei. Telah tumbuh pula puluhan perguruan-perguruan silat di Amerika Serikat dan Eropa. Silat kini telah secara resmi masuk sebagai cabang olah raga dalam pertandingan internasional, khususnya dipertandingkan dalam SEA Games.

 Ketika seorang pesilat bergerak ketika bertarung, sikap dan gerakannya berubah mengikuti perubahan posisi lawan secara berkelanjutan. Segera setelah menemukan kelemahan pertahanan lawan, maka pesilat akan mencoba mengalahkan lawan dengan suatu serangan yang cepat.
• Langkah: Ciri khas dari Silat adalah penggunaan langkah. Langkah ini penting di dalam permainan silat yang baik dan benar. Ada beberapa pola langkah yang dikenali, contohnya langkah tiga dan langkah empat.
• Kembangan: adalah gerakan tangan dan sikap tubuh yang dilakukan sambil memperhatikan, mewaspadai gerak-gerik musuh, sekaligus mengintai celah pertahanan musuh. Kembangan utama biasanya dilakukan pada awal laga dan dapat bersifat mengantisipasi serangan atau mengelabui musuh. Seringkali gerakan kembangan silat menyerupai tarian atau dalam maenpo Sunda menyerupai ngibing (berjoget). Kembangan adalah salah satu bagian penilaian utama dalam seni pencak silat yang mengutamakan keindahan gerakan.
• Buah: Pencak Silat memiliki macam yang banyak dari teknik bertahan dan menyerang. Secara tradisional istilah teknik ini dapat disamakan dengan buah. Pesilat biasa menggunakan tangan, siku, lengan, kaki, lutut dan telapak kaki dalam serangan. Teknik umum termasuk tendangan, pukulan, sandungan, sapuan, mengunci, melempar, menahan, mematahkan tulang sendi, dan lain-lain.
• Jurus: pesilat berlatih dengan jurus-jurus. Jurus ialah rangkaian gerakan dasar untuk tubuh bagian atas dan bawah, yang digunakan sebagai panduan untuk menguasai penggunaan teknik-teknik lanjutan pencak silat (buah), saat dilakukan untuk berlatih secara tunggal atau berpasangan. Penggunaan langkah, atau gerakan kecil tubuh, mengajarkan penggunaan pengaturan kaki. Saat digabungkan, itulah Dasar Pasan, atau aliran seluruh tubuh.
• Sapuan dan Guntingan: adalah salah satu jenis buah (teknik) menjatuhkan musuh dengan menyerang kuda-kuda musuh, yakni menendang dengan menyapu atau menjepit (menggunting) kaki musuh, sehingga musuh kehilangan keseimbangan dan jatuh.
• Kuncian: adalah teknik untuk melumpuhkan lawan agar tidak berdaya, tidak dapat bergerak, atau untuk melucuti senjata musuh. Kuncian melibatkan gerakan menghindar, tipuan, dan gerakan cepat yang biasanya mengincar pergelangan tangan, lengan, leher, dagu, atau bahu musuh.

Terdapat 4 aspek utama dalam pencak silat, yaitu:
1. Aspek Mental Spiritual: Pencak silat membangun dan mengembangkan kepribadian dan karakter mulia seseorang. Para pendekar dan maha guru pencak silat zaman dahulu seringkali harus melewati tahapan semadi, tapa, atau aspek kebatinan lain untuk mencapai tingkat tertinggi keilmuannya.
2. Aspek Seni Budaya: Budaya dan permainan "seni" pencak silat ialah salah satu aspek yang sangat penting. Istilah Pencak pada umumnya menggambarkan bentuk seni tarian pencak silat, dengan musik dan busana tradisional.
3. Aspek Bela Diri: Kepercayaan dan ketekunan diri ialah sangat penting dalam menguasai ilmu bela diri dalam pencak silat. Istilah silat, cenderung menekankan pada aspek kemampuan teknis bela diri pencak silat. 4. Aspek Olah Raga: Ini berarti bahwa aspek fisik dalam pencak silat ialah penting. Pesilat mencoba menyesuaikan pikiran dengan olah tubuh. Kompetisi ialah bagian aspek ini. Aspek olah raga meliputi pertandingan dan demonstrasi bentuk-bentuk jurus, baik untuk tunggal, ganda atau regu. Bentuk pencak silat dan padepokannya (tempat berlatihnya) berbeda satu sama lain, sesuai dengan aspek-aspek yang ditekankan. Banyak aliran yang menemukan asalnya dari pengamatan atas perkelahian binatang liar. Silat-silat harimau dan monyet ialah contoh dari aliran-aliran tersebut. Adapula yang berpendapat bahwa aspek bela diri dan olah raga, baik fisik maupun pernapasan, adalah awal dari pengembangan silat. Aspek olah raga dan aspek bela diri inilah yang telah membuat pencak silat menjadi terkenal di Eropa.

Tingkat kemahiran Secara ringkas, murid silat atau pesilat dibagi menjadi beberapa tahap atau tingkat kemahiran, yaitu:
1. Pemula, diajari semua yang tahap dasar seperti kuda-kuda,teknik tendangan, pukulan, tangkisan, elakan,tangkapan, bantingan, olah tubuh, maupun rangkaian jurus dasar perguruan dan jurus standar IPSI
2. Menengah, ditahap ini, pesilat lebih difokuskan pada aplikasi semua gerakan dasar, pemahaman, variasi, dan disini akan mulai terlihat minat dan bakat pesilat, dan akan disalurkan kepada masing-masing cabang, misalnya Olahraga & Seni Budaya.
3. Pelatih, hasil dari kemampuan yang matang berdasarkan pengalaman di tahap pemula, dan menengah akan membuat pesilat melangkah ke tahap selanjutnya, dimana mereka akan diberikan teknik - teknik beladiri perguruan, dimana teknik ini hanya diberikan kepada orang yang memang dipercaya, dan mampu secara teknik maupun moral, karena biasanya teknik beladiri merupakan teknik tempur yang sangat efektif dalam melumpuhkan lawan / sangat mematikan .
4. Pendekar, merupakan pesilat yang telah diakui oleh para sesepuh perguruan, mereka akan mewarisi ilmu-ilmu rahasia tingkat tinggi.

Tata tertib pencak silat Sejalan dengan norma dan nilai budaya khususnya di Indonesia, terdapat beberapa peraturan yang harus diperhatikan dan dilakukan dengan seksama ketika berlatih pencak silat, di antaranya sebagai berikut.

• Upacara pembukaan latihan yang terdiri atas:
o Menyiapkan barisan;
o Berdoa dipimpin oleh pelatih;
o Pembacaan "prasetya pesilat Indonesia"
o Penghormatan kepada pelatih, dipimpin oleh pemimpin barisan.
• Pemanasan
•Latihan inti
• Pendinginan
• Upacara penutupan latihan diakhiri dengan penghormatan dan berjabat tangan.

Nilai positif pencak silat Beberapa nilai positif yang diperoleh dalam olahraga beladiri pencak silat adalah:
1. Kesehatan dan kebugaran;
2. Membangkitkan rasa percaya diri;
3. Melatih ketahanan mental;
4. Mengembangkan kewaspadaan diri yang tinggi;
5. Membina sportifitas dan jiwa ksatria;
6. Disiplin dan keuletan yang lebih tinggi.

75 komentar:

Unknown mengatakan...

salam kenal sis
klo btw manfaat olahraga pencak silat itu sendiri apa sih?
dan apakah sis tau dimana toko yg menjual khusus baju senam body image ??
trims :)

Unknown mengatakan...

informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
Jelly Gamat Gold G Obat Maag Kronis Obat Gagal Ginjal Tanpa Cuci Darah cara pemesanan jelly gamat gold g obat sakit maag yang bagus Obat Varikokel Tanpa Operasi

Unknown mengatakan...

informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih
useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
jelly gamat gold g

Unknown mengatakan...

mengenai sejarah pencak silat tentunya kita perlu lebih mengenalnya untuk bisa meningkatkan pembelajaran pencak silat tolong dong posting lebih lengkap mengenai
wah artikelnya sangat bagus sekali gan, sesekali tolong posting dong mengenai RPP KURIKULUM 2013, terutama RPP PENJASORKES SMP KOMPLIT KURIKULUM 2013, MAUPUN RPP PENJAS KURIKULUM 2013 UNTUK SMK/MA SERTA PERANGKAT RPP KURILUM 2013 YANG LAIN,sesekali tolong posting dong mengenai permainan bola voli, agar kita juga bisa meningkatkan teknik dasar bola voli, terutama dalam meningkatkan teknik smash, dan bisa menjadi pemain bola voli yang handal.titip juga donk rpp penjas kurikulum 2013 untuk smp nya terimakasih salam kenal gan...

Unknown mengatakan...

informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih
useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
Obat Penurun Asam Lambung

Unknown mengatakan...

informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih
useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
Obat maag kronis

Unknown mengatakan...

informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih
useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
Obat Penyakit Maag
http://obatpenyakitmaag.net/

Blog-nya-newbie.blogspot.com mengatakan...

gan, untuk gerak dasar a diambil dari aliran pencak silat mana ?
Blog Olahraga

food recipes mengatakan...

wah mantap artikelnya lengkap banget,,.
siap siap praktekin nih
santai saja

Unknown mengatakan...

wah materinya lengkap saya jadi tau apa itu silat

Unknown mengatakan...

salam pencak silat dari
http://kpsumut.blogspot.com

m.reza aditya mengatakan...

tapi ko gak bisa di blok

Unknown mengatakan...

Budaya sendiri aja ga tau gimana bangsa Indonesia may maju. Pencak silat itu Bela diri supranatural bagkan dibandingkan karate Dan taekwondo Pencak silat itu kuat Dan mematikan karena mengabungkan kuncian pukulan tendangan fisik bahkan ilmu batin. Jaman duly Yang membuat Indo menang lawan penjajah adalah Bela diri in I karena Bela diri ini mampu memanggil mahluk gaib untuk membantu kita( ilmu batin).jangan tertipu kata orang atau televisi yang melupakan kita pada bangsa.

Unknown mengatakan...

Budaya sendiri aja ga tau gimana bangsa Indonesia may maju. Pencak silat itu Bela diri supranatural bagkan dibandingkan karate Dan taekwondo Pencak silat itu kuat Dan mematikan karena mengabungkan kuncian pukulan tendangan fisik bahkan ilmu batin. Jaman duly Yang membuat Indo menang lawan penjajah adalah Bela diri in I karena Bela diri ini mampu memanggil mahluk gaib untuk membantu kita( ilmu batin).jangan tertipu kata orang atau televisi yang melupakan kita pada bangsa.

Unknown mengatakan...

Saya ucapkan Terimakasih kepada pembuat artikel ini, artikel ini sangat bermanfaat dan tentu saja
berisi informasi yang sangat bermanfaat untuk semua pembaca di blog ini. Update terus dan tetap semangat gan.
Sukses selalu untuk Anda kunjungi web kami untuk menambah ilmu Bandar Judi Bola Togel dan Casino Online Terpercaya
Di Indonesia WWW.SALAMPOKER.COM Terima kasih

Unknown mengatakan...

Segera daftarkan diri anda dan bermainlah di Agen Poker, Domino, Ceme dan Capsa Susun Nomor Satu di Indonesia AGENPOKER(COM)
Jadilah jutawan hanya dengan modal 10.000 rupiah sekarang juga !

Madina's blog mengatakan...

informasi yang sangat berguna tentang tutorial pencak silat. sangat bermanfaat.
kunjungi juga blog ukm kami di http://merpatiputih-gunadarma.blogspot.co.id/

InTips mengatakan...

Menarik untuk dibaca artikel olah raga ini.
what does a psychologist do

Liga Eropa mengatakan...

Prediksi Bola Liga Inggris 2017
Prediksi Bola Liga Spanyol 2017
Prediksi Bola Liga Italia 2017
Prediksi Bola Liga Germany 2017
Prediksi Bola League 1 Perancis 2017
Daftar Casino Online
Agen Judi SBOBET
Agen Judi Bola
Agen 1s Casino
Agen IBCBET Online
Agen BOLATANGKAS88
Pertandingan Liga Eropa
Prediksi Pertandingan 21 April 2017 Pukul 02:05 WIB

Schalke 04 1 vs 0 Ajax (Odds = 00 – ½)
Racing Genk 1 vs 1 Celta Vigo (Odds = 0 – 0)
Manchester Unite 2 vs 0 Anderlecht (Odds = 0 – 1 ¾)
Besiktas 1 vs 0 Olympique Lyonnais (Odds = 0 – 0)

Hanya Depo 70k dapat 100k tersedia jga banyak bonus untuk anda Dengan Menggunakan kode Referal "98J03" hanya di http://988betlink.com

Unknown mengatakan...

http://beritapolitikterkini1945.blogspot.com/2017/06/as-israel-korutdaftar-10-negara-yang.html
http://beritapolitikterkini1945.blogspot.com/2017/06/akan-tes-icbm-korut-as-takkan-berani.html
http://beritapolitikterkini1945.blogspot.com/2017/06/menunggu-gebrakan-polisi-ungkap.html

BERITA VIRAL NUSANTARA mengatakan...

permisi kakak2 numpang promo ya
yang suka main poker dan domino online, mari gabung di sini

kini hadir dengan 7 permainan yang dapat dimainkan dalam 1 website.

dapatkan jackpot hingga ratusan juta setiap harinya. gak mau kalah teruskan main poker dan domino online

REAL GAMES AND REAL MONEY !

Minimal deposit hanya Rp. 25.000,- dan minimal withdraw Rp. 25.000,-
Kami juga menghadirkan permainan dalam versi Android / Iphone / Ipad.
Promo yang kami hadirkan untuk saat ini :

- Bonus referral 20%

- Bonus Turn Over up to 0,5% ( dibagikan setiap hari SABTU pukul 12 siang )

Untuk bermain hokibandarq di mobile anda , silahkan anda download dulu aplikasi PKV Games nya ya bos .

Jika anda belum download , silahkan klik link dibawah ini.

hokibandar

BERITA VIRAL NUSANTARA mengatakan...

permisi kakak2 numpang promo ya
yang suka main poker dan domino online, mari gabung di sini

kini hadir dengan 7 permainan yang dapat dimainkan dalam 1 website.

dapatkan jackpot hingga ratusan juta setiap harinya. gak mau kalah teruskan main poker dan domino online

REAL GAMES AND REAL MONEY !

Minimal deposit hanya Rp. 25.000,- dan minimal withdraw Rp. 25.000,-
Kami juga menghadirkan permainan dalam versi Android / Iphone / Ipad.
Promo yang kami hadirkan untuk saat ini :

- Bonus referral 20%

- Bonus Turn Over up to 0,5% ( dibagikan setiap hari SABTU pukul 12 siang )

Untuk bermain hokibandarq di mobile anda , silahkan anda download dulu aplikasi PKV Games nya ya bos .

Jika anda belum download , silahkan klik link dibawah ini.

hokibandar

bandarsakong

domino

poker

capsa susun

Unknown mengatakan...

artikel bagus
Agen Bola - Agen Bola Terpercaya - Taruhan Bola - Judi Bola - Agen Sbobet - Bandar Bola - Piala Dunia - Casino Online
http://langitsport.com/

Unknown mengatakan...

http://www.langitbet.online/

Unknown mengatakan...

bingung mau punya dana tambahan ?
tunggu apa lagi daftar kan segera untuk
mendapatkan hadiah nya tidak sulit
anda hanya perlu daftar , deposit , mainkan ,
dan menangkannnn, www.otwpoker.com
Poker
Agen Poker
Agen Poker Online
Agen Poker Terpercaya
Poker Online
Poker Online Terpercaya

Inti Cheft mengatakan...

Situs game online terbaik di indonesia.
Rasakan sensasi permainan 100% Player Vs Player dengan minimal Deposit / Withdraw sebesar Rp.25.000.

Bonus luar biasa yang kami hadirkan berupa :

* Bonus Referral 20%.

Ajak teman-teman anda bermain bersama anda di AcePoker99.com, potongan meja kemenangan teman
anda akan kami kali sebanyak 20% dan akan di bagikan secara otomatis tanpa di claim.

* Bonus Double Cashback

Kumpulkan Turnover mu sebanyak - banyak nya dalam 1 minggu, kami akan membagikan bonus turnover kepada
anda yang berhasil mengumpulkan minimal 1 juta Turnover, semakin banyak turnover yang kalian raih,semakin banyak juga bonus yang kalian dapatkan.

AcePoker99.com juga menyediakan 7 Games dalam 1 User ID:
- Poker Online
- Domino QQ
- Bandar Q
- Bandar Poker
- Capsa Susun
- Adu Q
- Sakong Online

Dibantu dengan 5 bank local aktif untuk mempermudah transaksi :

BCA, BNI (24JAM), BRI(24JAM),MANDIRI(24JAM), DANAMON (24JAM)

Ayo !! Buruan gabung bersama kami di Pokerace99 Agen Judi Poker Online Terpercaya di Indonesia
Dan rasakan sensasi bermain bersama kami !

Link untuk daftar >> http://www.acepoker99.net/Register.aspx?lang=id

BBM : D8986EBB
WECHAT : AcePkr
WHATSAPP : +85587698009

Inti Cheft mengatakan...

Situs game online terbaik di indonesia.
Rasakan sensasi permainan 100% Player Vs Player dengan minimal Deposit / Withdraw sebesar Rp.25.000.

Bonus luar biasa yang kami hadirkan berupa :

* Bonus Referral 20%.

Ajak teman-teman anda bermain bersama anda di AcePoker99.com, potongan meja kemenangan teman
anda akan kami kali sebanyak 20% dan akan di bagikan secara otomatis tanpa di claim.

* Bonus Double Cashback

Kumpulkan Turnover mu sebanyak - banyak nya dalam 1 minggu, kami akan membagikan bonus turnover kepada
anda yang berhasil mengumpulkan minimal 1 juta Turnover, semakin banyak turnover yang kalian raih,semakin banyak juga bonus yang kalian dapatkan.

AcePoker99.com juga menyediakan 7 Games dalam 1 User ID:
- Poker Online
- Domino QQ
- Bandar Q
- Bandar Poker
- Capsa Susun
- Adu Q
- Sakong Online

Dibantu dengan 5 bank local aktif untuk mempermudah transaksi :

BCA, BNI (24JAM), BRI(24JAM),MANDIRI(24JAM), DANAMON (24JAM)

Ayo !! Buruan gabung bersama kami di Pokerace99 Agen Judi Poker Online Terpercaya di Indonesia
Dan rasakan sensasi bermain bersama kami !

Link untuk daftar >> http://www.acepoker99.net/Register.aspx?lang=id

BBM : D8986EBB
WECHAT : AcePkr
WHATSAPP : +85587698009

Inti Cheft mengatakan...

Situs game online terbaik di indonesia.
Rasakan sensasi permainan 100% Player Vs Player dengan minimal Deposit / Withdraw sebesar Rp.25.000.

Bonus luar biasa yang kami hadirkan berupa :

* Bonus Referral 20%.

Ajak teman-teman anda bermain bersama anda di AcePoker99.com, potongan meja kemenangan teman
anda akan kami kali sebanyak 20% dan akan di bagikan secara otomatis tanpa di claim.

* Bonus Double Cashback

Kumpulkan Turnover mu sebanyak - banyak nya dalam 1 minggu, kami akan membagikan bonus turnover kepada
anda yang berhasil mengumpulkan minimal 1 juta Turnover, semakin banyak turnover yang kalian raih,semakin banyak juga bonus yang kalian dapatkan.

AcePoker99.com juga menyediakan 7 Games dalam 1 User ID:
- Poker Online
- Domino QQ
- Bandar Q
- Bandar Poker
- Capsa Susun
- Adu Q
- Sakong Online

Dibantu dengan 5 bank local aktif untuk mempermudah transaksi :

BCA, BNI (24JAM), BRI(24JAM),MANDIRI(24JAM), DANAMON (24JAM)

Ayo !! Buruan gabung bersama kami di Pokerace99 Agen Judi Poker Online Terpercaya di Indonesia
Dan rasakan sensasi bermain bersama kami !

Link untuk daftar >> http://www.acepoker99.net/Register.aspx?lang=id

BBM : D8986EBB
WECHAT : AcePkr
WHATSAPP : +85587698009

Unknown mengatakan...

https://wsdofficial.blogspot.com/2017/11/masuk-skuat-liverpool-lallana-bisa_21.html

Unknown mengatakan...

Mana Nich Yang Suka Main POKER ONLINE??? Kami OTWPOKER AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA, Mari Bergabung Bersama kami, http://www.OTWPOKER.com
Poker
Agen Poker
Agen Poker Online
Agen Poker Terpercaya
Poker Online
Poker Online Terpercaya

winnie mengatakan...

LIVECASINO338 Situs Live Casino Terpercaya Seindonesia.. Menyediakan 5 Permainan Dalam 1 User ID
BACCARAT ☆ ROULETTE ☆ SIC BO ☆ DRAGON TIGER ☆ SLOT GAME !!!

- Minimal Deposit Rp. 25.000, Withdraw Rp. 50.000
- Dilayani CS Ramah & Sopan 24 Jam Nonstop
- Live Dealer Cantik & Seksi.

HOT PROMO TERBESAR :
- Bonus Rollingan 0,8%
- Bonus Referal 3% [SEUMUR HIDUP!!!]

SILAHKAN DAFTARKAN DIRI ANDA DI : https://goo.gl/CTZbGJ

untuk informasi lebih lengkap silahkan hubungi Customer service kami:
Phone Number : +855 965922558
PIN BBM : 2AD88032
Yahoo Mail : cs_livecasino338
Wechat : +855965922558

#livecasino #casinoonline #bettingonline #rubyqq #casinoonlineterpercaya #situsonlinecasino #deposit #cashback #medan #indonesia #gamesonline #2AD88032

Unknown mengatakan...

Livecasino338
Mengucapkan Selamat Natal dan Tahun Baru 2017-2018
Dihari Natal dan Tahun Baru kali ini
LIVECASINO338
Memberikan Bonus Special

Promo Terbesar yang disediakan :
~Bonus Deposit Sebesar 10%
~ Bonus Rollingan Casino 1% (all product)
~ Bonus Referral 3% Seumur Hidup

1 User id Untuk Semua permainan
Berikut Untuk permainannya :
Terdapat 6 Produk Casino :
~ Baccarat
~ Roulette
~ Sicbo
~ Dragon Tiger
~ Slot Game
~ Sabung Ayam

Contact US
WA : +855965922558
BBM : 2AD88032
NO HP : +855965922558
LIVECHAT : www.livechat338.com
Register : http://livecasino3381.pkr69.com

Anonim mengatakan...

coba di olimpiade ada cabang pencak silat, bisa jadi lumbung emas buat Indonesia.
cara mengatasi maag, cara menghilangkan bekas jerawat, teknik dasar bola basket

Unknown mengatakan...

Terimakasih infonya sangat menarik salam mobil baru suzuki makasar

Unknown mengatakan...

?? SENIQQ AGEN JUDI POKER ONLINE TERPERCAYA ??
Ayo segera bergabung bersama kami di SENIDOMINOQQ.com
?????????????????????????????
Rasakan sensasinya bermain 7 permainan hanya mengunakan 1 akun/ID
Hanya dengan modal Rp20.000 kamu sudah bisa bermain permainan populer yang tersedia di seniqq
?POKER
?DOMINO
?CAPSA
?ADUQ
?BANDARQ
?B.POKER
?SAKONG
Dapatkan berbagai bonus dari seniqq
?? Bonus cashback 0.3 % (Setiap hari senin)
?? Bonus Referensi 20% (Seumur hidup)
Pelayanan yang kami sediakan di SeniQQ
24 jam customer service yang siap melayani anda
Transaksi Depo/WD super cepat
100% player VS player (No Robot)
Support Bank Lokal Indonesia (BCA, MANDIRI, BNI, BRI & DANAMON)
Join Now :
- Whatsapp : +85599495433
- PIN BB : 561A1388
- LINE : seniqqcs1
- WECHAT : seniqqcs1
- Skype : Seniqq.cs1

Unknown mengatakan...

BANDAR JUDI BOLA, CASINO, SABUNG AYAM, BOLA TANGKAS, TEMBAK IKAN, POKER ONLINE, TOGEL ONLINE. MINIMAL DEPOSIT 50RB BONUS NEW MEMBER 10% BONUS HARIAN 5% MENANG BERAPAPUN DIBAYAR LANGSUNG TANPA DI TUNDA-TUNDA Kunjungin Segera Website kami : www(.)bo-la-vi-ta(.)pro Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di WhatsApp : 6281377055002 BBM: D8C363CA (NEW), D1A1E6DF (NEW)

AGEN JUDI ONLINE

AGEN PIALA DUNIA 2018 RUSSIA

AGEN JUDI SPORTBOOK

AGEN JUDI CASINO

AGEN TEMBAK IKAN

AGEN POKER ONLINE

911 Play mengatakan...

liga365
Anda bisa berkecil hati. Dengan kegagalan atau Anda bisa belajar darinya, maka teruskanlah dan buatlah kesalahan. Buatlah semua yang Anda bisa. Karena ingat, di situlah Anda akan menemukan kesuksesan.”m

Dave Thames mengatakan...

Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

Unknown mengatakan...

mantap jiwa pencak silat

POKERWAW
BANDAR POKER
CARA DAFTAR POKER ONLINE
CARA DAFTAR POKER ONLINE INDONESIA
MENERIMA DEPOSIT PULSA
BONUS MEMBER BARU 30%
WOW KEREN

Hubungi kami melalui cara di bawah ini
BBM : POKERWAW
WhatsApp : (+855)715381888
LINE : POKERWAW
LIVECHAT POKERWAW

Elica mengatakan...

keren nih artikelnya

promo belanja weekend

Unknown mengatakan...

Info Terbaru Buat Kalian Yang Lagi Cari Hoki
Bolavita Bandar Taruhan Online Terbesar Di Indonesia
Dapatkan Bonus Deposit Setiap Hari Dan Bonus Cashback Setiap Minggu
Buruan Uji Keberuntunganmu dan Menangkan Jutaan Rupiah

Mari Kunjungin Segera Website kami :
www(titik)bolavita(titik)fun
www(titik)sateayam(titik)club
www(titik)pokervita(titik)live

Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
Live Chat Online 24 JAM NONSTOP !!!
WA : +628122222995
Pin BBM : BOLAVITA / D8C363CA (NEW)

Unknow mengatakan...

boyapoker99.com
http://www.agensgp45.com/
pasarsgp.com
nobarsbobet.com
http://www.agenligachampion.com/

MyDrakor mengatakan...

JANGAN SAMPAI KETINGGALAN, MYDRAKOR TERBARU DAN TERBAIK, NONTON FILM DRAMA KOREA MENJADI LEBIH MUDAH DAN CEPAT. MYDRAKOR menonton film drama korea di smartphone menjadi lebih mudah, banyak film drama korea terbaru, cukup Download aplikasi MYDRAKOR di GooglePlay gratis

https://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main

https://www.inflixer.com/

Unknown mengatakan...

hokicash
haloo kawan hokicash
selamat datang di hokicash88.net
Situs master betting bola/casino yang selalu hadir untuk anda

hokicash88.net menghadirkan berbagai macam permainan seperti :
*SPORT BOOK
*CASINO ONLINE
*IDNPOKER
*IDNLIVE
*SLOTS
Dan Hanya dengan 1 ID saja,sobat hokicash bisa langsung bermain berbagai macam game online.

Kita juga mempunya promo untuk sobat hokicash seperti :
* LOYALTY BONUS
*BONUS NEW MEMBER 100%
*BONUS NEXT DEPOSIT 10%
*BONUS CASHBACK SPORTBOOK UP TO 10 %
*BONUS TURN OVER CASINO UP TO 0.8 %
*BONUS REFERAL 5% SEUMUR HIDUP

Hanya dengan deposit minimal 100.000 sobat hokicash sudah bisa mendapatkan promo tersebut dan memainkan berbagai permainan game online tersebut.

Untuk info lebih lanjut,silahkan menghubungi CS online kami :
BBM : D8C34774
Whatsapp : +6287820795779
SMS : +6287820795779
Line : HOKICASH

sobat Hokicash bisa bergabung sekarang ,dengan Klik link di bawah ini
WWW.Hokicash88.net

Great Awan mengatakan...

Wow, what a blog! I mean, you just have so much guts to go ahead and tell it like it is. Youre what blogging scr888 download apk 2019 needs, an open minded superhero who isnt afraid to tell it like it is. This is definitely something people need to be up on. Good luck in the future, man

Scr888 Malaysia mengatakan...

Nicely presented information tm.scr888 casino download ios in this post, I prefer to read this kind of stuff. The quality of content is fine and the conclusion is good. Thanks for the post.

flag mengatakan...

Spot on with this article, I really 918kiss malaysia pc think this website needs more attention. I'll probably be back to read more, thanks for the info.

Great Awan mengatakan...

You got a really useful blog I have been Ultra Test XR here reading for about half an hour. I am a newbie and your post is valuable for me.

liani mengatakan...

[size=small]SELAMAT DATANG DI AGEN
[url=http://www.sarana365.com]SARANA365[/url] -
SARANA365 adalah Agen Piala Eropa dan agen bola
terpercaya untuk judi dan taruhan bola online dengan harga
pasaran terbaik.
[/size]

[URL=http://www.sarana365.com][IMG]http://i63.tinypic.com/33m07sl.jpg[/IMG][/url]

[size=small]KAMI MEMANG BUKAN YANG TERBESAR TAPI KAMI BISA DIPERCAYA !!!

Cukup dengan 1 id kamu bisa bermain untuk 6 jenis
permainan yaitu : sport, casino, poker, togel, tangkas dan
keno.
Dapatkan juga bonus dan promo menarik dari kami yang
antara lain :
[/size]

[URL=http://www.sarana365.com][IMG]http://i65.tinypic.com/2mhygrm.jpg[/IMG][/url]

Freechip Rp 5.000.- setiap hari
Cashback s/d 15 % (sport dan tangkas)
Cashback 3% (Casino)
Komisi Rollingan Casino 0.8%
Discount Full Togel (2d = 29.5% , 3d = 59.5% , 4d = 66%)

Support Bank Lokal BCA, BNI, BRI, Danamon & Mandiri.
Kami prioritaskan kenyamanan & membantu memberikan
yang terbaik bagi member kami.
Info lebih jelas, hubungi kami melalui :

Livechat [url=http://www.sarana365.com]WWW.SARANA365.COM[/url]
Pin BB : 2BE38B68
Whatsapp : +6281269419478
Line : cs.sarana365

So tunggu apa lagi ? Segera bergabung bersama kami di
[url=http://www.saranaplay.com]SARANA365[/url] dan
jangan lupa ajak juga teman-temanmu karena kami juga
memberikan bonus referral spesial...
KAMI ONLINE 24 JAM

[URL=http://www.sarana365.com][IMG]http://i67.tinypic.com/vh9ez8.jpg[/IMG][/url]

[URL=http://www.sarana365.com]Agen Bola Online[/URL]
[URL=http://www.sarana365.com]Casino Online[/URL]
[URL=http://www.sarana365.com]Judi Online[/URL]
[URL=http://www.sarana365.com]Agen Togel[/URL]
[URL=http://www.sarana365.com]Bandar Bola[/URL]

Scr888 Malaysia mengatakan...

live22 `This live22 Malaysia is one live22 login of the most live22 agent incredible live22 slot games blogs Ive read live22 download apk in a very long live22 online time. The amount of information live22 apk in here is stunning, like you practically wrote the book on the live22 download link subject. Your blog is great for anyone who wants to understand this subject more. Great live22 slot apk download stuff; please keep it up!

flag mengatakan...

Hello, U write 918kiss malaysia some extraordinarily 918kiss malaysia apk attractive 918kiss company malaysia blogs. I always 918kiss hack malaysia check back here frequently to see if you have updated 918kiss malaysia Great blog, keeping me from working. All the Best

reva mengatakan...

Thank you for sharing in this article I can a lot and could also be a reference I hope to read the next your article update
obatpembesarpenispermanen.com
Kunjungi Website
Pembesar Penis
Pembesar Alat Vital

Muhammad Usman mengatakan...

Dude.. I am not much into reading, but somehow I got to read lots of articles on your blog. Its mega888 test id amazing how interesting it is for me to visit you very often.

clara wijaya mengatakan...

Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
Kesempatan Menang Lebih Besar,
|| WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

rakibhr mengatakan...

Thanks dear For your Nice Post . It's Was Amazing! Friend I have Blog About Microsoft office setup .
If anyone interested to setup office please Visit My Blog. I will be apprised.

shor discription About my blog here :


office.com/setup : At the point when we are working or
serve the client just one in our mind that is "Consumer loyalty". We think each agents believing resembles as we have and
we are continually hoping to improve our capacity to address the issue of our customers.
We have huge number of trucks and other development gear to take the necessary steps in a great way and our trustworthiness, workplace and advancement to take the organization on high.
At the point when each client really fulfilled , then individuals says that is the privilege choice.For More : office.com/setup
\ Microsoft office setup
Best Regards

Microsoft office setup | www.office.com/setup |

norton.com/setup | Buy Google Voice Account | office.com/setup

Unknown mengatakan...

webroot com safe is the right page to download your webroot product. A user may directly download webroot program from this page without creating a webroot account. Although creating an account is still a better alternative as you can login to your webroot account and get your product anywhere and can install on any device. Also if you somehow lose your antivirus somehow , you just need to login to your account and you can recover your software from that place. Details for creating an account in given above just after the top section. www.webroot.com/safe |

webroot.com/safe |
Install Webroot With Key Code

Unknown mengatakan...

This antivirus program is so light and easy to install, you and your family will be protected in just moments. It’ll then keep protecting you day and night, automatically updating itself against the latest threats to help keep you and your family safe. www.avg.com/retail | www.avg.com/activation
avg activation
avg.com/activation

Bo Slot Gacor Indonesia mengatakan...

Bonus Cashback 10% | Bonus Rollingan 0.8% | Bonus Deposite 10% | Bonus Member Baru 50%

ARTIKEL SLOT
ARTIKEL POKER
DAFTAR SLOT
DAFTAR POKER
SLOT VAVA
AGEN PLAYTECH
AGEN SLOT GAME
AGEN JOKER123
MABAR99
AGEN POKER ONLINE
BANDAR CEME
AGEN OMAHA
SLOTACE333

Celine Natasya mengatakan...

Kumpulan Bokep Terbaru 2020


NONTON BOKEP TERBARU

BOKEP BARAT

BOKEP JEPANG TERBARU

BOKEP INDO


Nonton Film Online Subtitle Indonesia

CINEPLEX21

XX1

NONTON FILM ONLINE


Admin mengatakan...

Nice Post
Beautiful Places To Explore In California
Amazing Things That Can Do In South Africa
Best Things That Can Do In Italy

Cadis Etrama Di Raizel mengatakan...

MEJAQQ: AGEN JUDI POKER DOMINOQQ BANDARQ ONLINE TERBESAR DI ASIA

Yang Merupakan Agen Judi Poker DominoQQ BandarQ Online Terbesar di Asia Hadir Untuk Anda Semua

Dengan Games dan Bonus Yang Menarik!

Bonus yang Kami Berikan di MEJAQQ :
* Bonus Rollingan 0.5% Setiap Senin
* Bonus Referral 10% + 10% Seumur Hidup (X-tra Untuk Para Pencari Bonus Referral di Indonesia)
* Dan Masih Banyak Bonus Menarik Lainnya yang Bisa Anda Dapatkan di MEJAQQ!

Buruan Kunjungi Sekarang Juga ^^

9 Games Yang di Hadirkan MEJAQQ:
*- POKER
*- DOMINO QQ
*- CAPSA SUSUN
*- BANDAR POKER
*- BANDAR Q
*- BANDAR 66
*- SAKONG
*- ADU Q
*- PERANG BACCARAT

Info Lebih lanjut Kunjungi :
Website : Mejayes(.)org
Line : Mejaqq_official
WA 1 : +855975482150
TELEGRAM : +85515620767

Kunjungi Juga situs kami di :
MEJAQQ
MEJAYES
BANDARQ ONLINE
QQ ONLINE
Informasi Terbaru

tinaangelina mengatakan...

BOSHEPOKER agen judi online terbaik yang memberikan pelayanan terbaik dan SERVER yang berkualitas tanpa adanya ADMIN/ROBOT yang ikut bermain.

Proses Deposit maupun Tarikdana super cepat dan semua BANK kami ONLINE 24 jam.



Di Boshepoker Anda bisa bermain 9 Jenis Games kartu cukup hanya dengan 1 akun saja.

1. POKER

2. BANDAR POKER

3. BANDARQ

4. ADUQ

5. SAKONG

6. CAPSA SUSUN

7. BANDAR 66

8. DOMINO 99

9. PERANG BACCARAT



Di Boshepoker juga tersedia berbagai promo seperti:

1. Bonus cashback sebesar 0.5% yang dibagikan setiap hari

2. Bonus Referral sebesar 20% dari mengajak Teman bermain

3. Bonus Jackpot dengan total hadiah mencapai ratusan juta rupiah di game POKER, BANDAR POKER, DOMINO 99, CAPSA SUSUN, BANDAR SAKONG

YUK GAN, SEGERA DAFTAR KAN DIRI ANDA SEKARANG JUGA DISITUS KAMI

duetqiu mengatakan...

DuetQQ adalah Situs Poker Indonesia Terbaik DominoQQ Yang Mudah Menang.
Info situs : https://x5.re/link.php?link=http://94.46.58.31

duetqq.site mengatakan...

Situs Poker Terpercaya
BandarQQ

duetqiunet mengatakan...

DuetQQ merupakan agen judi online menjanjikan permainan paling fair play 100% player vs player. Dapatkan Bonus Cashback 0.4% & Bonus Refferal 20% Di Situs Poker Online Terpercaya DuetQQ.
https://x5.re/link.php?link=http://185.196.36.39

PartaiQQlink mengatakan...

PartaiQQ adalah situs Judi Poker Online Indonesia Terbaik
Promo situs PartaiQQ : Bonus Cashback 0.3% Setiap Senin -Bonus Referal 20% Seumur Hidup Minimal Deposit dan Withdraw Rp. 15.000,-

https://x5.re/link.php?link=http://partaiqq.link

SUKACROT.ONLINE mengatakan...

Nonton Bokep Indonesia Terbaru SUKACROT.SITE

BOKEP INDO

BOKEP JEPANG

BOKEP BARAT

BOKEP ASIA

BOKEP KOREA

BOKEP HENTAI

BOKEP SEMI

nortoncom-norton-nortoncom mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
wcomwebroot mengatakan...

This may be a best place to introduce yourself and your website or include some credits.
www.webroot.com/safe
webroot.com/safe
webroot safe

office.com/setup mengatakan...

martial art game is not easy. its a process of slow learning. you start learning basics moves and leads to pro level.
office.com/setup

angelvalery8899 mengatakan...

ketika bermain dalam link https://partaiqq.mobi dipastikan anda harus bermain dalam poker online dimana ini akan menjadi awal yang luar biasa bagi anda ketika bermain.

asdkoasjdoskaf mengatakan...

Ayo kunjungi permainan seru di padangtoto untuk memenangkan banyak hadiah yang menarik

www.buymodapills.com mengatakan...

I'm so glad and enjoyed your BLOG, It is very informative on the subject or topic, and Thanks For Sharing this post. I have something to share here
Get up To 90% Off buy modalert online

Get up To 90% Off buy artvigil online
Get up To 90% Off buy waklert online
Get up To 90% Off buy vilafinil online

Cahyo mengatakan...

Nice Info

Anonymous mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar